Selama ini rektor dikenal sebagai sosok yang sangat disegani oleh para mahasiswanya. Tak lain karena mereka merupakan pemangku jabatan nomer satu di kampus. Namun, berbeda halnya dengan rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terkenal dengan tingkahnya yang unik dan gokil.

Namanya Prof. Sutrisna Wibawa, petinggi kampus yang juga menjabat sebagai Guru Besar Filsafat Bahasa Jawa. Menjabat sebagai rektor sejak tahun 2017 lalu, ia mengaku kalau dirinya aktif di media sosial, yang paling sering ia sambangi adalah instagram. Tingkah-tingkah lucu si rektor ini bisa dilihat dari postingan yang mewarnai feednya.

Viral pertama kali karena konser dengan tiket IPK

Foto sehabis acara Dies Natalis [sumber gambar]
Rektor UNY ini pertama kali viral karena postingan tiket konser yang diurutkan sesuai dengan IPK mahasiswa. Konser ini diadakan dalam rangka Dies Natalis kampus. Semakin bagus IPK, semakin eksklusif pula tiket yang akan didapat. Untuk mendapatkan tiket ini, mahasiswa harus login menggunakan akun akademiknya. Salah satu artis ibu kota yang memeriahkan konser ini adalah Maliq & D’Essentials. Di bagian luar GOR konser, disediakan layar tancep untuk mahasiswa dengan IPK 3,2. Sedangkan mereka dengan IPK di bawah 3, maka nonton hanya bisa dari kos-kosan.

Rektor rasa selebgram

Rektor rasa selebgram [sumber gambar]
Sebagai seorang rektor, Sutrisna sendiri mengaku kalau dirinya memang cukup aktif di media sosial, terutama instagram. Bapak rektor satu ini bahkan sudah mendapatkan centang biru alias verified di akun instagram pribadinya. Kalau kata mahasiswanya ia sudah selevel dengan selebgram. Postingan yang ia unggah pun selalu up to date dan relate dengan isu-isu sosial yang sedang terjadi.

Suka posting hal yang sedang menjadi trending

Postingan tentang The King [sumber gambar]
Enggak melulu soal kampus yang diposting di akun instagramnya, sesuatu yang sedang viral pun terkadang menjadi bahasan. Mulai dari QnA dengan mahasiswa, postingan meme, endorse hingga perihal drama korea doi tau loh. Belum lama ini, Sutrisna mengunggah potret dirinya saat berada di Taman Randu Alas. Sekilas taman ini memang mirip dengan gerbang menuju dunia parallel dalam drama terbaru Lee Min Ho, The King. Sang rektor juga sempat membuat caption yang menunjukkan dirinya sudah menonton drama tersebut.

Dekat dengan para mahasiswanya

Hal lain yang tak kalah membuat dirinya dikenal luas dan disayang oleh para mahasiswa adalah karena ramah dan dekat dengan para anak didiknya tersebut. Belum lama ini, ia memposting salah satu curhatan mahasiswa yang putus cinta karena corona yang tak kunjung reda. Sang mahasiswa mengatakan kalau ia patah hati karena kelamaan kuliah online. Gebetannya pun pulang kampung dan mendapatkan pacar baru di sana. Curhat tersebut dibalas tak kalah kocak oleh sang rektor. “Selama janur kuning belum melengkung, semua masih bisa ditikung!” candanya. Ia pun sering membalas komentar mahasiswanya yang ikut nimbrung dalam postingan.

BACA JUGA: Jadi Rektor di Umur yang Masih 27 Tahun, Ini Loh Sosok Hebat Risa Santoso

Kocak banget sih pastinya kalau rektornya seperti ini. Bisa curhat apapun juga, mulai dari uang kos, masalah kuliah, hingga masalah percintaan juga bisa diberi solusi, meski terkadang lawak. Kalau rektor di kampus kalian bagaimana guys, bisa diajak curhat juga enggak?