in

Jadi Rektor di Umur yang Masih 27 Tahun, Ini Loh Sosok Hebat Risa Santoso

Menjadi rektor tentu merupakan hal yang hebat, namun bagaimana kalau si rektor masih 27 tahun? Wah, tambah hebat lagi dong. Ya, itulah yang sekarang sedang menjadi trending topic dan pembicaraan banyak netizen. Adalah Risa Santoso, perempuan kelahiran Surabaya yang sekarang menjabat sebagai rektor di Institut Teknologi dan Bisnis Asia (ITB Asia) Malang, Jawa Timur.

Karena hal inilah banyak netizen yang kagum dengan sosok Risa. Ya, bayangkan saja, usia 27 tahun sudah menduduki posisi yang terhormat di kampus. Siapa coba yang enggak bilang ‘wah’? Usut punya usut, Risa ini memang salah satu orang yang hobi sekolah, kita lihat yuk latar belakangnya.

Pecahkan rekor sebagai rektor termuda di Indonesia

Risa dilantik menjadi rektor [sumber gambar]
Hingga saat ini, Risa tercatat sebagai rektor paling muda di Indonesia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Riki Saputra, rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang berusia 36 tahun. Riki sendiri mulai menjabat sebagai Rektor pada Februari 2019 lalu. Sedangkan Risa, dipercayakan untuk memimpin Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang per 2 November 2019 kemarin.

Lulusan kampus ternama di luar negeri

Risa Santoso [sumber gambar]
Berdasar pada datang yang dihimpun dari kumparan.com, perempuan kelahiran tahun 1992 ini memang terkenal sangat mencintai pendidikan. Ia merupakan alumni dari University of California, Amerika Serikat. Di kampus ini, dia menamatkan strata 1 (S1) dengan mengambil jurusan ekonomi. Sedangkan magisternya, Risa habiskan di Harverd University dengan fokus pendidikan. Hebatnya lagi, Risa masuk ke Harvard University melalui jalur beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pernah bertugas sebagai salah satu staff kepresidenan

Pernah menjadi staff kepresidenan [sumber gambar]
Dilantik sebagai rektor, ternyata Risa punya jejak karier yang cukup matang. Dirinya pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Kampus Asia tersebut, dan juga banyak prestasinya, seperti yang dituturkan oleh Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono, dikutip dari Malang Post. Selain itu, Risa juga pernah bekerja di kantor staf presiden. Dia menjabat sebagai tenaga ahli muda.

Program kerja yang dipersiapkan untuk memajukan kampus

https://www.youtube.com/watch?v=L0laUBAdvXc

Setelah dilantik pada 2 November lalu, melalui kanal YouTube Institut Asia Malang, Risa menyebutkan beberapa hal yang ingin sekali ia kembangkan selama menjadi rektor. Ia mengatakan ada banyak sekali hal yang ingin ia capai, namun yang paling penting adalah memajukan dan memperbaiki fasilitas yang ada di Kampus Asia terlebih dahulu, seperti contoh kecil menambah kecepatan WiFi.

BACA JUGA: 3 Orang Pintar Indonesia di Usia Muda yang Keberadaannya Disegani Dunia Internasional

Terkait dengan viralnya dirinya di berbagai media sosial, Risa hanya berharap hal tersebut menjadi langkah awal untuk kampus ITB Asia menjadi lebih dikenal banyak orang. Semoga hal itu menjadi sesuatu yang positif ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Belajar dari YouTube, Warga Sukabumi Ini Rakit Helikopter Sendiri dengan Kreativitas Tinggi

Mengaku Turunan Nabi, Kakek Ini Malah Ditangkap Polisi Karena Jual Kartu Menuju Surga