5 Hal ini Mungkin Akan Terjadi Jika Timor Leste Kembali ke Pangkuan Indonesia

oleh Rizal
07:11 AM on Feb 20, 2016

Hampir 20 tahun sejak Timor Timur memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia. Apa kabar mereka sekarang? Ya, boleh dibilang cukup baik. Bahkan secara ekonomi mereka meningkat cukup signifikan dan hampir-hampir menyamai Indonesia. Meskipun sudah benar-benar berdiri sendiri, namun pada kenyataannya Timor Leste masih sangat bergantung dengan Indonesia. Terutama hal pendidikan atau pun arus barang-barang.

Baca Juga : 5 Hal Hebat yang Bisa Kita Contoh dari Timor Leste

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Lepas dari masalah ketergantungan ini, apakah mungkin bagi kedua negara ini untuk bersatu kembali? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung banyak hal. Menyinggung masalah pemersatuan ini, Februari tahun 2014 lalu Xanana Gusmao pernah mengatakan kalimat yang cukup mengagetkan. “Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia. Kamu butuh pemimpin baru.”Ucapan yang bikin kontroversi itu akhirnya ditepis oleh pihak Timor Leste dengan berbagai dalih.

Timor Leste sendiri sebenarnya cukup mungkin untuk bisa bergabung dengan NKRI. Mengingat mereka adalah mantan saudara senegara. Dan jika ini benar-benar dilakukan, maka akan banyak hal yang akan terjadi. Mungkin tidak melulu hal yang baik, tapi bisa juga sebaliknya.

1. Pendidikan Timor Leste Maju

Seperti yang kita tahu, selama ini Timor Leste banyak bergantung kepada Indonesia soal pendidikan. Terutama di level pendidikan tinggi. Bagi Timor Leste ini sebenarnya cukup menyusahkan lho, lantaran mereka sekarang beda negara, belajar di Indonesia tidak semudah yang dikira. Harus urus ini itu dan sebagainya.

Mahasiswa Timor Leste [Image Source]
Mahasiswa Timor Leste [Image Source]
Beda lagi kalau mereka masih satu negara, Timor Leste bisa menempuh pendidikan di Bumi Indonesia mana pun tanpa perlu ribet soal izin, birokrasi dan sebagainya. Bahkan, mungkin saja dengan sumbangan anggaran negara mereka bisa bangun banyak universitas di daerah sendiri. Dosen-dosennya juga bisa dipanggil dari Jawa atau pun daerah lainnya yang kompeten.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA