Selain lewat sebuah aksi soloran atau dalam bahasa Jawa disebut digiring dewe, pemain sepak bola juga acap kali mencetak gol indah lewat tendangan bebas. Meski bukan perkara mudah menciptakannya, tapi kalau berhasil mencetak gol lewat free kick di jamin rasa bangga akan jadi hadiahnya. Dalam olahraga ini, ada banyak sekali maestro tendangan ini, mulai dari yang legend Roberto Carlos sampai kekinian ada seorang Kevin De Bruyne atau Neymar Jr.

Tendangan bebas sendiri, pada umumnya jaraknya dengan gawang tidaklah menentu ada yang dekat atau jauh tergantung letak pelanggarannya. Namun, meski ada rentang jarak, ada saja pesepakbola yang sukses buat gol lewat tendangan bebas. Bahkan mereka kala mengekseskuisnya ada gunakan teknik-teknik sulit mulai dari melengkung layaknya pisang sampai keras bak geledek. Dan berikut beberapa free kick sempat gegerkan lapangan hijau.

Tendangan bebas Cristiano Ronaldo ke gawang Arsenal

Sebelum hijrah ke Spanyol atau Italia, karier Ronaldo dilalui dengan bermain di Inggris bersama Manchester United. Di sana CR7 sukses rengkuh beberapa trofi, mulai dari gelar top skor sampai Liga Inggris dan Liga Champions. Khusus ajang terakhir itu, ada satu momen dimana Ronaldo membuat gol tendangan bebas yang sangat membekas di ingatan.

Ketika itu menghadapi Arsenal di semifinal Liga Champions 2009-2010, bintang Portugal ini merobek gawang Tim asal London tersebut lewat free kick dengan jarak 35 meter. Bola tendangannya seperti halnya roket meluncur deras tanpa bisa dibendung oleh kiper Arsenal yaitu Manuel Almunia.

Sepakan super keras Hugo Almaida buat kiper tidak berkutik

Setali tiga uang dengan Bang Naldo, Hugo Almaida pada tahun 2005 juga sempat robek gawang lawan dengan tendangan bebas yang gahar abis. Ketika itu momen tersebut tercipta saat timnya (FC Porto) berhadapan dengan Inter Milan, dalam lanjutan match day ke empat Grup H Liga Champions musim 2005-2006.

Almaida yang dipercaya mengeksekusi tendangan bebas tersebut melepaskan tembakan kencang dengan kecepatan 4828 km/jam. Dan hebatnya lagi, golnya tersebut juga diciptakan dari jarak yang sangat jauh dari gawang Inter yang kala itu dijaga Julio Cesar.

Free Kick fenomenal Carlos ke gawang Prancis

Bukan rahasia lagi jika berbicara Roberto Carlos yang pertama-tama terlintas dalam pikiran adalah tendangan seperti geledeknya. Ya, seperti telah banyak diketahui pria Brazil ini memang tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan hal tersebut. Kabarnya bagi mereka terkena bola tendangannya nyeri sampai cedera harus dirasakan.

Masih terkait hal ini, dari banyak tendangan bebas spektakuler pernah diciptakannya di lapangan hijau, tentu golnya ke gawang Prancis di Piala Konfederasi 1997 menjadi salah satu fenomenal. Dimana ketika itu bola sepakannya mencapai menembus kecepatan 137,1 km/jam. Selain itu, bola kirimannya itu juga melengkuh layaknya pisang dan sempat membuat Fabien Barthez berkutik tidak berdaya.

Bola gantung Ronaldinho ke gawang Timnas Inggris

Selain nama-nama tadi, Ronaldinho juga sempat membuat sebuah tendangan bebas yang menggemparkan banyak pencinta bola. Ketika itu bersama Brazil menghadapi Inggris di ajang Piala Dunia 2002, free kick dari jarak jauhnya sukses buat kiper Tim Tiga Singa saat itu mati kutu.

Dalam proses sepakan mantan punggawa Barcelona itu tidaklah keras hanya melambung tinggi dan sulit untuk dijangkau. Selain indah, gol tersebut juga membuat Tim Negeri Samba sukses menundukkan Inggris dengan skor 2-1. Sekaligus, membuat mereka lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2002.

BACA JUGA: Jarak Jauh Sampai Indah, Inilah 5 Tendangan Roberto Carlos yang Buat Lawannya Bergidik

Begitulah sobat Boombastis beberapa tendangan bebas gahar pernah ada di jagat sepak bola. Kira-kira ada enggak nih yang menjadi favorit kalian? Kalau aku sih milik kembaran aku yaitu Ronaldinho yang mana tendangannya melengkung buat kiper Inggris mati kutu. Eh iya, selain manca pemain lokal juga ada lho terkenal handal lakukan ini, seperti contoh Ismed Sofyan, Bambang Pamungkas, dan masih banyak lagi.