Baru-baru ini insan sepak bola dunia dikejutkan dengan bergabungnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus. Kepindahan yang juga membuat tim Italia tersebut harus merogoh kocek yang teramat dalam. Usut punya usut biaya yang harus dikeluarkan untuk membawa kapten Portugal itu ke negeri Piza adalah 150 juta Euro atau apabila dirupiahkan memiliki jumlah sekitar 1,7 Triliun.

Dengan biaya seperti itu, ia kini menjadi salah satu pemain berusia lebih dari 30 tahun termahal di jagad sepak bola. Selain itu dirinya juga mengukuhkan diri sebagai pemain yang memiliki nilai transfer selalu meningkat setiap pindah klub. Seperti contoh biaya mendatangkannya ke Manchester United lebih murah berkali-kali lipat bila dibanding saat pemain hijrah ke Real Madrid tahun 2009 lalu. Lalu seperti apakah riwayat transfer pemain identik nomor 7 ini? Simak ulasannya berikut.

Datang dari klub Portugal ke kompetisi liga Inggris dengan banderol 19 juta Euro

Apabila tidak ada pertandingan antara Manchester United VS Sporting Lisbon, kemungkinan besar karier Ronaldo tidak akan segemilang seperti sekarang. Sebab saat laga tersebut bakatnya benar-benar membuat pelatih klub Inggris ini jatuh hati. Tak butuh lama, setelah bermain gemilang dengan menang 3-1, dirinya langsung ditawari untuk pindah ke klub berjuluk Setan Merah itu.

Roanldo pertama kali di Manchester United [Sumber Gambar]
Ronaldo yang kala itu berusia belasan tahun pun memilih untuk tidak menolak tawaran untuk bergabung dengan Manchester United. Biaya 19 juta Euro atau lebih dari 500 juta menjadi mahar yang harus ditebus untuk membuat dirinya bisa bermain di Inggris. Tempat tersebut menjadi titik dimulainya karier hebatnya di olahraga ini.

Hijrah dari Manchester United ke Real Madrid dengan nilai yang fantastis

Memulai kiprah di 2003, kemampuan sepak bola Cristiano Ronaldo perlahan terus berkembang. Hingga mencapai puncaknya tahun 2008 saat dirinya berhasil persembahkan trofi liga Champions dan Liga Inggris untuk Manchester United. Di waktu yang sama mantan pemain Sporting Lisbon tersebut juga dianugerahi sebagai pemain terbaik dunia.

Roanldo pertama kali datang di Real Madrid [Sumber Gambar]
Pencapaian yang juga membuatnya diminati banyak klub untuk direkrut. Termasuk klub besar Spanyol Real Madrid. Kesemsemnya Madrid pun langsung membuatnya di transfer dengan nilai yang fantastis. Bahkan kala itu membuat Ronaldo menjadi termahal jagad sepak bola. Biaya yang harus dikeluarkan klub tersebut adalah 80 Juta Pounds atau setara 1,3 triliun.

1,7 triliun menjadi biaya untuk membuatnya bermain di kompetisi Italia

Setelah jumlah transfer di Real Madrid tadi, baru-baru ini juga bintang Portugal itu menciptakan sebuah kepindahan yang bisa dikatakan tidak murah. Juventus yang merekrutnya dari Real Madrid harus mengeluarkan kocek sebesar 1,7 triliun. Jumlah yang juga membuatnya berlabel pemain mahal usia 30-an.

Rodaldo resmi bergabung Juventus [Sumber Gambar]
Apabila melihat dari riwayat transfer dari Sporting Lisbon sampai klub Italia ini. Ronaldo selalu memiliki kenaikan harga semenjak pergi dari Manchester United tahun 2009 lalu. Pencapaian yang juga menjadi jawaban kerja kerasnya yang tidak pernah padam. Italia tercatat sebagai negara ketiganya selama berkarier di dunia kulit bundar ini.

Apa yang dicapai Cristiano Ronaldo lewat nilai transfer tersebut bukanlah sebuah hal yang mengagetkan. Apabila melihat bagaimana etos kerjanya dan juga tumpukan rekor dan trofi yang pernah dicapainya peningkatan nilai transfer menjadi hal yang wajar. Dari dirinya kita bisa belajar apabila sebuah kerja keras dapat mengubah seseorang menjadi sebuah bintang yang terang bersinar.