in

4 Tempat Seram dari Pulau Nusakambangan, Rumah Isolasi Para Terpidana Kelas Kakap Indonesia

Kengerian Nusakambangan sudah menjadi rahasia umum yang diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, pulau yang berada di Jawa Tengah ini adalah mimpi buruk bagi para terpidana, terlebih mereka yang mendapat vonis hukuman mati.

Mungkin banyak orang yang mengiras jika Nusakambangan berisi satu penjara saja. Nyatanya, di sini ada tujuh rumah tahanan yang berisi para penjahat dari berbagai kalangan dan kasus. Sebagai lembaga pemasyarakatan yang terletak di pulau terpencil, ada banyak misteri dan kisah seram yang melingkupi Nusakambangan, selanjutnya akan kita bahas dalam 4 tempat berikut ini.

Lembah Nirbaya

Lembah Nirbaya [Sumber gambar]
Lembah Nirbaya adalah tempat yang paling ditakuti oleh para tahanan vonis hukuman mati, karena di sana-lah mereka akan berakhir. Sebenarnya, Nusakambangan punya banyak tempat untuk mengeksekusi para tahanan tersebut, hanya saja Lembah Nirbaya adalah yang paling sering digunakan. Menjadi saksi tercabutnya banyak nyawa tentu menjadikan Nirbaya sebagai tempat angker di mata penduduk sekitar. Konon, di sana sering ada penampakan dan suara misterius. Apalagi menjelalang malam, lembah kosong yang membentang luas tambah membuat bergidik karena suasananya yang gelap gulita.

Pertelon Kamboja

Pertelon Kamboja, Nusakambangan [Sumber gambar]
Pertelon dalam bahasa Jawa artinya pertigaan. Di Nusakambangan, ada sebuah pertigaan yang masih terus menyimpan misteri hingga kini. Letaknya sekitar 3 Km dari Pos Kepolisian Nusakambangan. Pertigaan ini dinamakan Pertelon Kamboja karena memang tumbuh sebatang pohon kamboja. Uniknya, pohon tersebut selalu dalam keadaan gundul (tak pernah memiliki daun). Nah, masyarakat mempercayai jika Pertelon Kamboja adalah tempat berkumpulnya makhluk astral, salah satunya perempuan berambut panjang dengan wajah pucat yangsering menampakkan diri kepada orang yang lewat.

Jalan Tunggal Panaluan

Jalan Tunggal Panaluan [Sumber gambar]
Seperti yang sudah disebutkan bahwa Nusakambangan punya banyak tempat untuk mengeksekusi mati para tahanan, salah satunya lagi adalah area sekitar Jalan Tunggal Panaluan. Jalan ini diapit oleh tebing, memiliki kelokan tajam, serta penerangan yang sangat kurang. Di jalan ini pula sering sekali terjadi kecelakaan di area tersebut. Menurut warga, kecelakaan yang terjadi bukan saja karena kondisi dan topografi jalan, tetapi juga karena arwah orang yang dieksekusi tembak di sini. Mereka sering menampakkan diri dan mengganggu para pengendara.

Lokasi kematian Mbah Sukur

Mbah Sukur [Sumber gambar]
Ya, berbicara sisi mistis Nusakambangan tak lengkap rasanya jika belum mengetahui sosok legenda satu ini,yaitu Hantu Mbah Sukur. Mbah Sukur sendiri adalah pimpinan dari semua makhluk yang menghuni Nusakambangan. Ia dulunya seorang tahanan yang dieksekusi dengan cara ditembak dan dipenggal kepalanya. Makanya, hantu Mbah Sukur dikenal sebagai makhluk tanpa kepala yang sering menampakkan diri di area Pulau Nusakambangan. Ada yang mengatakan kalau Mbah Sukur pastimuncul di hari dan tanggal yang sama seperti saat ia dieksekusi mati.

BACA JUGA: 5 Fakta Ngeri Nusakambangan, Penjara Sangar yang Bikin Napi Ampun-Ampunan

Nusakambangan menjadi saksi dari banyaknya nyawa yang melayang. Tak heran jika kemudian beberapa tempat di area penjara ini dikenal memiliki penghuni. Terlebih masyarakat Indonesia masih sangat percaya dengan hal-hal gaib dan mengaitkan apa yang mereka lihat dengan peristiwa yang terjadi di Nusakambangan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Pemain-pemain Berpostur Mungil yang Sukses Guncang Jagad Sepak Bola Dunia

Benteng Begitu Tinggi, Hubungan Roger Danuarta dan Cut Meyriska Sedang Berada di Ujung Tanduk