in

5 Fakta Ngeri Nusakambangan, Penjara Sangar yang Bikin Napi Ampun-Ampunan

Azkaban adalah nama penjara di dunia sihir Harry Potter yang terkenal akan napi-napinya yang gila dan berbahaya. Bukan sipir, penjara ini dijaga oleh para Dementor yang berwujud seperti malaikat maut. Azkaban memang fiksi, tapi kengerian penjara ini bisa dirasakan dengan sangat jelas. Nah, masih soal penjara mengerikan, percaya kah kamu kalau di Indonesia ada tempat yang seperti ini?

Nusakambangan, mungkin kamu cukup familiar dengan tempat ini. Ya, penjara ini bisa dibilang lapas paling mengerikan se Indonesia. Tak hanya karena tempatnya yang menyeramkan, tapi juga kesan yang ditimbulkan. Penjara ini seringkali dipakai untuk eksekusi mati, di samping itu, LP Nusakambangan hanya diperuntukkan bagi para kriminal kelas wahid saja. Jadi, ketika seseorang masuk ke sini, sudah jelas dosanya pasti sangat besar.

Nusakambangan begitu mengerikan kesannya. Bahkan orang barat mengatakan kalau LP ini adalah Alcatraz-nya Indonesia. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang kengerian penjara satu ini, berikut adalah fakta-fakta tentang LP Nusakambangan yang harus kamu tahu.

1. Kriminal Kelas Wahid dan Penjara Level Maksimum

Sama seperti Alcatraz atau pun Guantanamo, Nusakambangan memang secara tidak langsung seolah dikhususkan hanya untuk napi-napi dengan kejahatan berat. Misalnya teorisme, pembunuhan berencana kelas tinggi yang melibatkan orang penting, dan sebagainya. Fakta ini dibuktikan dengan nama-nama terkenal yang pernah mendekam di sini. Misalnya Amrozi, Imam Samudera, dan juga Ali Gufron.

Gerbang masuk Nusakambangan [Image Source]
Gerbang masuk Nusakambangan [Image Source]
Lantaran penjara ini dihuni khusus oleh orang-orang kelas berat. Maka tak heran kalau beberapa sel dilengkapi dengan keamanan super maksimal. Ada yang dijaga oleh pasukan bersenjata lengkap, sampai sel isolasi untuk napi berisiko tinggi. Kalau seseorang sampai masuk sini, maka ia bisa dianggap telah melakukan kejahatan tingkat tinggi.

2. Bukit Nirbaya, Tempat Kematian yang Terpampang di Depan Mata

Salah satu alasan kenapa Nusakambangan sangat mengerikan adalah adanya sebuah bukit bernama Nirbaya. Sekilas nama ini mungkin tidak mengindikasikan apa pun. Tapi, bagi para napi khususnya yang sudah divonis mati dan tinggal tunggu eksekusi, tempat ini adalah pelabuhan terakhir mereka.

Bukit Nirbaya di Nusa Kambangan [Image Source]
Bukit Nirbaya di Nusa Kambangan [Image Source]
Ya, bukti Nirbaya ini adalah salah satu tempat yang paling sering dipakai sebagai lahan eksekusi mati para napi yang bervonis mati. Tempat ini seolah makin menambah kesuraman Nusakambangan yang sudah ngeri. Belum lagi soal rumor-rumor tentang adanya makhluk halus di sini, makin menambah suasana tak menyenangkan.

3. Ada Seratusan Orang yang Menunggu Kematian

Sudah berulang kali petugas mengeksekusi mati para napi dengan vonis mati, meskipun beberapa memang tanpa pemberitaan, tak seperti Bali Nine beberapa waktu lalu itu. Nah, meskipun sudah banyak napi yang meninggal dunia, tapi masih banyak lagi yang dikatakan bakal menyusul jika waktunya tiba.

Napi Nusakambangan [Image Source]
Napi Nusakambangan [Image Source]
Ya, saat ini kurang lebih ada seratus orang napi yang tinggal menunggu waktu eksekusi. Mereka hidup seolah tanpa tujuan yang pasti, selain hanya menghabiskan durasi sampai tanggal eksekusi datang. Hal ini tentu memengaruhi kehidupan napi lain. Mereka yang tak kena vonis mati pasti simpati, walaupun di satu sisi merasakan ngerinya kematian begitu dekat. Tak terbayangkan hidup dengan kondisi seperti ini.

4. Kabur Hanya Akan Berbuah Kematian

Meskipun ini adalah penjara paling ekstrem di Indonesia, bukan berarti para napinya tidak pernah sekali pun mencoba kabur. Tercatat beberapa kali ada kasus kaburnya napi dari penjara satu ini. Namun, sebenarnya kabur dari sini bukanlah pilihan yang bijak. Pasalnya, hanya kematian yang bakal dihadapi.

Macan hitam [Image Source]
Macan hitam [Image Source]
Ya, LP Nusakambangan dibangun di pulau paling ujung selatan Jawa Tengah. Di sini masih sangat asri sekali hutannya. Petugas lapas dan masyarakat setempat sangat percaya kalau hutan-hutan di Nusakambangan ini masih dihuni oleh hewan-hewan buas, seperti macan hitam sampai ular-ular berbisa. Ketika kabur dari penjara, maka inilah yang akan dihadapi para napi. Makanya, bisa dibilang sangat ceroboh dan gila mereka yang berani kabur dari LP.

5. Mistis Penjara Nusakambangan Juga Tak Kalah Menyeramkan

Tak hanya deretan kengerian di atas, keseraman LP Nusakambangan seakan makin lengkap dengan banyaknya cerita mistis tentang tempat ini. Salah satunya tentang angkernya hutan Nusakambangan yang bisa bikin seseorang tidak bisa pulang selamanya.

Mistis Nusakambangan [Image Source]
Mistis Nusakambangan [Image Source]
Pernah ada cerita tentang petugas yang tak bisa menemukan jalan pulang ketika terjebak di dalam hutan. Mereka pun kebingungan luar biasa. Hingga akhirnya diketahui caranya adalah dengan menenangkan hati dan juga lepaskan niat buruk. Tak lama kemudian para petugas itu bisa keluar. Tak hanya di hutannya saja, konon di dalam LP-nya sendiri sering terjadi hal-hal seram. Tak mengherankan karena tempat ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Nah, meskipun penuh dengan kesan horor dan mengerikan. Namun, banyak yang bilang Nusakambangan sebenarnya sangat menyenangkan. Johny Indo yang pernah tinggal 14 tahun di dalamnya mengatakan jika di sana sangat nyaman. Petugasnya ramah dan para napinya juga bersahabat. Jadi, mungkin anggapan yang ada tentang penjara satu ini perlu sedikit diluruskan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

One Comment

Leave a Reply
  1. Nusa kambangan…
    Dalam dunia kejahatan..sekelas apapun tentang kejahatan nya..setinggi apa pun nama nya.. klu blm mengijak pulau itu dia blm lah sempurna..
    Nusa kambangan penjara berkelakuan dewasa..tidak ada yg mersa hebat atau kuat.. saling menghargai dan saling menghormati ..sangat sulit untk bisa melarikan diri.. kebuali jeberuntungan berpihak pada nya..tdk nudah untk suatu permohonan agar bisa di pindah ka. Lp daratan… kecuali

Leave a Reply

5 Pasukan Tempur Bayaran Tergarang Ini Membuat Dunia Aman Selayak Surga

Tornado Bisa Muncul di Planet Mar [ Image Source ]

7 Fakta Menghebohkan Planet Mars, Termasuk Soal Menanam Kentang