Categories: Trending

7 Tempat Paling Dingin dan Beku Tapi Masih Ditinggali Manusia

Kita hidup di kawasan khatulistiwa yang memiliki suhu rata-rata di atas 27 derajat Celcius. Suhu ini dianggap paling sesuai sebagai tempat untuk tinggal dan tidak menyebabkan tubuh menjadi sakit karena terlalu dingin atau panas. Di beberapa negara subtropis suhu bisa mencapai di bawah nol derajat saat musim dingin. Bahkan sampai minus untuk daerah yang mendekati kutub.

Baca Juga : 5 Aliran Musik Aneh di Dunia, Beberapa di Antaranya Bisa Bikin Kamu Pusing

Suhu super ekstrem itu ternyata tak membuat warga yang tinggal di sana berpindah. Mereka bertahan di suhu yang sangat dingin hingga bisa membuat apa saja yang mereka miliki beku. Inilah tujuh empat paling dingin di dunia yang masih ditinggali beberapa manusia super kuat.

Bersiaplah merasakan sensasi beku yang bisa menjalar sampai tulang!

1. Oymyakon – Rusia

Oymayakon adalah salah satu wilayah di Rusia yang membentang hingga ke arah kutub utara. Daerah ini berada dalam distrik Oymyakonsky yang masih masuk ke dalam wilayah Sakha Republic. Tempat super dingin ini dilalui sungai Indigirka yang memiliki panjang 30 km dan lebih banyak membeku sepanjang tahun.

Oymyakon – Rusia [image source]
Hingga tahun 2012 terdapat 500 orang yang tinggal di daerah yang nyaris tak memiliki rasa hangat dari matahari ini. Suhu rata-rata saat musim panas hanya berkisar 3-7 derajat Celcius. Suhu ini akan turun mendekati musim gugur yang mencapai -20 derajat Celcius. Saat musim dingin tiba suhu kembali turun drastis menjadi -45 derajat Celcius, bahkan sebuah rekor mencatat suhu terendah dari tempat ini bisa mencapai -65 derajat Celcius. Bayangkan anda satu jam saja tinggal di tempat ini, sanggup?

2. Verkhoyansk – Rusia

Lagi-lagi Rusia memasukkan wilayahnya ke daftar tempat paling dingin yang masih ditinggali oleh manusia. Kali ini tempat super dingin ini bernama Verkhoyansk. Masih terletak di Sakha Republic, Rusia. Tempat yang hampir setiap tahun bersalju ini digunakan sebagai peternakan rusa salju yang digunakan untuk transportasi warga di tengah salju.

Verkhoyansk – Rusia [image source]
Suhu rata-rata saat musim panas di Verkhoyansk mencapai 16 derajat Celcius. Suhu ini akan berangsur turun drastis mendekati nol derajat mendekati musim gugur. Musim dingin di Verkhoyansk tiba dengan suhu mencapai -29 hingga -45 derajat Celcius. Di iklim yang sangat ekstrem ini ada sekitar 1.300 orang yang bertahan hidup dan menatap selama berpuluh tahun.

3. International Fall, Minnesota – Amerika Serikat

International Fall adalah sebuah kota kecil di wilayah negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Kota kecil yang sangat dingin ini mendapatkan julukan Icebox of the Nation karena tak ada tempat yang lebih dingin sepanjang tahun di Amerika selain kota ini. Sekitar 109 hari dalam setahun kota ini memiliki suhu berada di bahwa nol derajat Celcius.

International Fall, Minnesota – Amerika Serikat [image source]
Meski dikenal sangat dingin, kota ini memiliki penduduk sekitar 6.000 orang. Semuanya bertahan dari suhu dingin yang mencapai -21 derajat Celcius saat musim dingin dan suhu normal saat musim panas hanya mencapai 11 derajat Celcius. Tak salah jika kota ini menjadi kota kotak es bagi Amerika Serikat. Suhu saat musim panasnya saja termasuk dingin bagi negara bagian yang berada di wilayah panas.

4. Fraser, Colorado – Amerika Serikat

Fraser adalah kota yang terletak di wilayah negara bagian Colorado, Amerika Serikat. Kota yang dikenal sangat dingin ini berada di ketinggian 2601 meter dari permukaan air laut. Fraser berada di tengah cekungan lembah yang membuatnya selalu dingin sepanjang tahun. Suhu rata-rata setiap tahun di sini hanya berkisar 1-2 derajat Celcius. Suhu ini akan terus turun hingga mencapai suhu minus.

Fraser, Colorado – Amerika Serikat [image source]
Saat musim dingin, Fraser memiliki suhu mencapai -20 derajat Celcius. Tak pelak jika wilayah ini digunakan sebagai resort untuk olahraga ski hampir sepanjang tahun asal salju turun. Sebagian besar penduduk yang berada di sini membangun rumahnya untuk villa dan disewakan kepada wisatawan yang hadir untuk memacu adrenalinnya berseluncur di gunung.

5. Yakutsk – Rusia

Rusia memasukkan lagi salah satu kotanya dalam daftar tempat paling dingin yang masih ditinggali manusia. Bahkan di Yakutsk jumlah penduduknya mencapai 269.000 penduduk. Jumlah ini adalah yang terbesar dari serangkaian kota paling dingin dengan suhu rata-rata pertahun berada di bawah nol derajat.

Yakutsk – Rusia [image source]
Meski terkenal sebagai salah satu dari kota paling dingin di Rusia. Yakutsk menyimpan banyak potensi. Salah satu yang menjadi daya tarik kota yang saat musim dingin suhunya mencapai -40 derajat Celcius ini adalah teater.

Baca Juga : 5 Kelakuan Anak Konglomerat China, Suka Foya-foya dan Bikin Masalah

Ya, ada puluhan pertunjukan teater di kota yang juga penghasil tambang terbesar di Rusia ini. Tertarik, menikmati teater dengan suhu di bawah nol?

6. Hell – Norwegia

Hell adalah salah satu kota yang terletak di Norwegia. Kota ini berada di tingkat kutub utara yang membuat suhu rata-rata di sini mencapai di bawah nol derajat. Nama Hell berasal dari kata hellir yang memiliki arti overhang atau cliff cave. Nama Hell menjadi daya tarik bagi pelancong karena dalam Bahasa Inggris memiliki arti neraka. Dan memang benar, kota ini seperti neraka tapi bukan karena panasnya tapi dinginnya. Namun demikian ada 1.400 orang bertahan hidup selama berpuluh tahun di Hell.

Hell – Norwegia [image source]
Saat musim dingin, suhu di kota ini mencapai -25 derajat Celcius. Suhu ini bisa membuat apa pun yang berada di luar membeku dengan cepat. Kota kecil ini memiliki satu orang terkenal bernama Mona Grudt yang merupakan Miss Universe 1990. Mona mendapatkan julukan “The beauty queen from Hell”, tentu saja Hell di sini bukan neraka ya!

7. Barrow, Alaska – Amerika Serikat

Barrow adalah kota paling dingin yang terletak di bagian paling utara negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Barrow terletak di lingkar kutub utara yang membuat udara dingin adalah al yang sangat umum di negara ini. Suhu rata-rata di wilayah ini di bawah nol derajat setiap tahun. Bahkan saat musim panas datang suhu di Barrow hanya mencapai 5 derajat Celcius.

Barrow, Alaska – Amerika Serikat [image source]
Suhu ini semakin turun hingga mendekati -25 derajat Celcius saat musim dingin datang. Di Barrow, matahari tidak terlihat mulai akhir November hingga akhir Januari. Bayangkan dua bulan tanpa matahari? Tubuh bisa pucat karena selalu kedinginan hampir setiap hari. Benar-benar orang kuat yang mampu bertahan hidup di Barrow.

Baca Juga : 10 Kota Paling Dingin di Indonesia, Yang Menyimpan Sejuta Pesona

Suhu paling dingin di Indonesia mungkin saja nol derajat Celcius. Tapi suhu itu hanya terdapat di tempat tinggi seperti Bromo atau dataran tinggi Dieng. Bersyukurlah karena Indonesia tidak berada di tempat yang dinginnya membuat kita membeku hingga tulang.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago