Minim publikasi, namun sarat dengan prestasi. Hai itulah yang melekat pada sosok The Ning King. Konglomerat Indonesia yang masuk sebagai salah satu pengusaha berpengaruh di tanah air. Dilansir dari forbes.com, dirinya menempati urutan ke-50 sebagai taipan di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar $450 M atau sebesar Rp 6,3 triliun.

Bukan hanya sukses dan kaya raya, sosok The Ning King juga menyimpan teladan yang bagus dalam menjalankan bisnisnya. Figur low profile yang sukses membangun usaha mulai dari nol hingga merambah di berbagai lini. Seperti di bawah ini, ada lima hal yang menurut penulis bisa menjadi contoh yang inspiratif untuk diterapkan agar sukses.

Sosok berprestasi yang jarang terpublikasi

Dirikan Argo manunggal Group [sumber gambar]
Sebagai usahawan besar, sosok The Ning King lebih dikenal lewat usahanya yang bernama Argo Manunggal yang bergerak di bidang tekstil. Meski tak banyak yang mengulas tentang dirinya, toh beberapa kerajaan bisnisnya menjadi bukit bahwa ia merupakan figur konglomerat sukses di Indonesia. Dari yang tadinya berkutat di sektor tesktil, The Ning King sukses merambah ke industri baja, properti, pertambangan, energi, dan pertanian.

Dikenal low profile dan hemat bicara

Pengusaha senior yang dikenal hemat bicara [sumber gambar]
Dalam sebuyah wawancara dengan Wealth X yang dikutip dari economy.okezone.com, pria yang bernama mandarin Zheng Nianjin ini bahkan minta maaf karena tidak banyak bicara. Sebagai konglomerat besar, sikapnya ini juga menjadi salah satu kiat untuk sukses di dunia bisnis. Menurut dirinya, ia cenderung hemat bicara dan hanya melakukan pekerjaan yang harus dia lakukan. Dari sini terlihat, bahwa The Ning King merupakan sosok yang fokus terhadap pekerjaan dan enggan membuang-buang waktu dengan percuma.

Tetap giat bekerja meski telah berusia senja

Giat kembangkan usaha meski telah berusia senja [sumber gambar]
Salah satu kiat suksesnya yang patut ditiru adalah kemauan untuk bekerja keras. Ya, di usianya yang telah senja, pemilik PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) itu tetap giat bekerja dan terlibat dalam manajemen dari usaha yang didirikannya. Laman economy.okezone.com menuliskan, King masih menjabat sebagai Chairman dari Argo Manunggal Group, sebuah perusahaan konglomerasi yang berbasis di Jakarta. Terbukti, kerja kerasnya dalam yang seolah tak mengenal istilah ‘pensiun’, mampu menjadikan dirinya sebagai salah satu taipan kelas atas di Indonesia.

Fokus dalam mengembangkan usaha

Dikenal fokus dalam mengembangkan usaha [sumber gambar]
Selain dikenal hemat bicara, King juga dikenal fokus dalam setiap pekerjaannya. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya mengembangkan usaha, dari industri tekstil merambah ke bidang lainnya. Seperti yang dikutip dari laman economy.okezone.com, ia berfokus hanya melakukan pekerjaan yang harus dia lakukan dan sedikit bicara. Terbukti, nama KIng menempati urutan ke 50 dari 50 orang terkaya di Indonesia dengan jumlah uang yang dimiliki sebesar 450 juta Dollar AS (Rp 6,3 triliun).

Peduli terhadap sesama

Donasikan harta kekayaannya ke sejumlah lembaga [sumber gambar]
Tak melulu berbisnis, King juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama. Tercatat, pun rajin memberikan edukasi, dan pelayanan sosial dan kemanusiaan seperti sumbangan ke berbagai lembaga dan universitas. Dilansir dari laman WEALTH-X, ia pernah mendonasikan sekitar 11 Juta Dollar AS (Rp 154 miliar). Salah satu penerimanya termasuk Universitas Huaqiao. Dari sini kita lihat, keberhasilan King bukan semata dari bisnis semata, tapi juga kegemarannya berbagi kepada sesama.

BACA JUGA: Tukar Dolar dengan 2 Triliun Rupiah, Begini Sosok Dato Sri Tahir yang Disebut Orang Terkaya RI

Berbekal sikap di atas, The Ning King sukses menjadikan dirinya sebagai salah satu konglomerat besar di Indonesia. Kita pun bisa ikut mencicip sukses serupa dengan mengaplikasikan hal tersebut. Tentu bukan sekedar menjalankan belaka. Lebih dari itu, diperlukan niat yang kuat dan sikap pantang menyerah untuk meraihnya.