Keluarga Bakrie termasuk salah satu pengusaha besar asal Indonesia dengan gurita bisnisnya yang meraksasa. Salah satunya adalah Anindya Bakrie. Sosok pengusaha media Indonesia yang membawahi Viva, ANTV, TvOne, viva.co.id dan Bakrie Global. Bersama keluarga Bakrie lainnya, ia sukses membuat perusahaannya menggurita di Indonesia.

Nama Anindya Bakrie bersama Erick Thohir masuk dalam jajaran petinggi klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United. Tentu saja, hal ini semakin menambah prestasi para pengusaha asal Indonesia yang sukses mengakuisisi klub-klub internasional. Lantas, bagaimana kiprah pria kelahiran Jakarta, 10 November 1974 itu di Indonesia sendiri?

Besar dan tumbuh dengan jiwa wirausaha di dalam keluarga Bakrie

Lahir dan tumbuh di tengah keluarga yang kental dengan jiwa wirausaha [sumber gambar]
Lahir dan tumbuh besar di keluarga Bakrie yang kental dengan jiwa bisnis, secara tidak langsung membentuk kepribadian Anindya. Dilansir dari viva.co.id, ia telah dikenalkan pada nilai-nilai kewirausahaan dan kesederhanaan bersama dengan saudaranya yang lain, Anindhita Bakrie dan Anindira Ardiansyah Bakrie. Bisa dibilang, Anindya dibesarkan dalam nilai-nilai bisnis Bakrie Group.

Sosok cerdas lulusan luar negeri

Anindya Bakrie sempat berkarir sebagai analis keuangan di Amerika Serikat [sumber gambar]
Salah satu pokok yang diajarkan dalam keluarga Bakrie adalah, pentingnya arti sebuah pendidikan. Hal ini pun diterapkan pula oleh Anindya. Sumber dari viva.co.id menuliskan, dirinya langsung pergi kuliah ke luar negeri dengan mengambil jurusan Teknik Industri di Nothwestern University selepas lulus dari SMA Pangudi Luhur 1 Jakarta. Saat itu, Anindya berusia 18 tahun. Tak lama berselang, ia mengambil studi Global Management Program (GMP) di Stanford Graduate School of Business,California, Amerika Serikat di umurnya yang menginjak 22 tahun. Dirinya pun sukses lulus dengan menggenggam ijazah Master pada usia 27 tahun.

Dikenal sebagai pengusaha media dan menjabat berbagai posisi penting di Indonesia

Anindya Bakrie dikenal sebagai pengusaha media ternama di Indonesia [sumber gambar]
Sempat berkarir di sebagai analis keuangan di Solomon Brothers Inc,New York, Amerika Serikat, Anindya Bakrie justru diminta menjadi Direktur Pelaksana PT Bakrie & Brothers Tbk. Dikutip dari finance.detik.com, ia diminta sang ayah agar ikut membantu menyelamatkan perusahaan Grup Bakrie yang terancam karam. Tantangan itu pun akhirnya sukses ia tangani. Saat ini, Anindya dipercaya untuk menduduki tiga jabatan penting, yaitu Presiden Direktur (CEO) PT Bakrie Telecom Tbk, Presiden Direktur (CEO) PT Visi Media Asia (Viva), dan Presiden Komisaris PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV).

Beli saham klub sepakbola ternama di Liga Inggris

Anindya Bakrie akuisis klub League One asal Inggris bersama Erick Thohir [sumber gambar]
Bersama Erick Thohir yang dikenal pernah membeli saham klub Inter Milan, Anindya Bakrie ikut mencatatkan diri sebagai pengusaha Indonesia yang ikut mengakuisisi klub asal Inggris, Oxford United. Dilansir dari sport.detik.com, keduanya ikut mengelola klub peserta League One itu yang kini dimiliki oleh pengusaha asal Thailand, umrith ‘Tiger’ Thanakarnjanasuth. Anindya sendiri bukanlah sosok yang asing di dunia olahraga. Selain keluarga Bakrie yang memang dikenal sebagai penggiat olahraga di Indonesia, seperti sepakbola, tenis, bola basket, dan bulutangkis, Anindya hingga saat ini masih menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).

Dianugerahi penghargaan dan hobi menulis gagasannya

Anindya Bakrie raih penghargaan [sumber gambar]
Kiprah bisnis Anindya di Indonesia yang mengikuti jejak sukses ayahnya, Aburizal Bakrie dan sang kakek, Achmad Bakrie, berbuah manis. Dilansir dari viva.co.id, ia mendapatkan penghargaan sebagai Young Entrepreneur of The Year, Asia Pacific Entrepreneurship Awards 2010. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pada dirinya yang sukses mengembangkan bisnis keluarga Bakrie. Sumber dari aninbakrie.com menuliskan, dirinya juga mengikuti perkataan  Sayidina Ali bin Abi Thalib. Di mana hal tersebut menginspirasi dan mendorongnya untuk terus menulis dan berbagi gagasan. Termasuk pengalamannya di bidang wirausaha.

Kesuksesan yang datang pada diri seorang Anindya Bakrie, dicapainya lewat sebuah kerja cerdas yang terpacu dengan semangat keras. Berawal dari bisnis media, usahanya kian menggurita hingga ia sukses membeli saham sebuah klub sepakbola ternama di Inggris. Berbekal kecakapan dan kecerdasannya, tak salah bila sosok Anindya dipercaya untuk meneruskan bisnis dari kelompok Bakrie.