Categories: Trending

Tari Saman di Pentas Dunia

Tari Saman adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Aceh. Tari ini adalah salah satu tarian tradisional yang paling populer di Indonesia. Di sekolah-sekolah menengah di Indonesia, kita seringkali menemukan kegiatan ekstrakulikuler khusus yang berfokus pada tarian saman.

Baca Juga : 6 Bangunan Megah Ini Hasil Gagasan Presiden Soekarno

Tidak hanya di Indonesia, ternyata tarian Saman cukup digemani di mancanegara. Gerakannya yang dinamis dicampur dengan resital lagu berbahasa Aceh yang unik, membuat tarian ini tampak sangat menarik. Mari kita lihat beberapa penampilan tari Saman di panggung internasional.

Tari_Saman

1. Tari Saman di Quanzhou, China

Pada sebuah kompetisi tari tingkat nasional yang diperuntukkan bagi pelajar di Quanzhou, China, para pelajar Indonesia yang berada di negeri China tersebut memutuskanuntuk membawa tari Saman. Di sepanjang penampilan mereka, para penonton tidak henti-hentinya bertepuk tangan dan memberikan semangat. Penampilan para pelajar asal Indonesia ini akhirnya meraih juara 1 pada kompetisi tersebut.

2. Tari Saman di Republik Czech

Dalam sebuah kesempatan para mahasiswi dari Indonesia meperkenalka Tari Saman ke Republik Czech. Tarian yang ditampilkan oleh Amertha Bhavani dari SGB FEUI tersebut segera menyedot perhatian penonton. Dalam kostum kuning-hijaunya, para penari ini mendapat sambutan yang sangat meriah di akhir penampilan mereka.

3. Tari Saman di Bayburt, Turki

Pada bulan Juli tahun lalu sebuah grup tari Saman diundang ke Festival Kebudayaan di Bayburt, Turki. Dalam kesempatan ini mereka menampilkan Tari Saman di luar ruangan. Bendera Indonesiapun tampak dikibarkan sebagai latar belakang mereka. Para pelajar ini mendapat sambutan yang cukup meriah dari penonton lokal.

4. Tari Saman di Kanada

Pada even Canada World Youth Halifax tahun 2012 silam, beberapa pemudua dari seluruh dunia menampilkan Tari Saman. Meski tampak sedikit ragu, beberapa mahasiswa asing menampilkan Tari Saman dengan cukup baik. Video ini menunjukkan bagaimana masyarakat asing ternyata juga menikmati tarian Saman.

5. Tari Saman di Bulgaria

Dalam sebuah kesempatan tim gabungan dari beberapa sekolah dan universitas di Indonesia berkesempatan untuk menampilkan Tari Saman. Di ajang kompetisi internasional untuk tarian daerah ini, tim Indonesia berhasil meraih juara dunia. Kompetisi ini baru saja dimenangkan tim dari Indonesia beberapa bulan lalu.

Tarian merupakan salah satu produk budaya Indonesia yang jumlahnya diduga mencapai ribuan jenis. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya sebagai warga negara yang baik, kita menguasai minimal salah satu dari tari-tarian tersebut. Siapa tahu, kelak kita akan mewakili Indonesia di pentas dunia.

Baca Juga :5 Patung Buddha Paling Terkenal Sedunia

Share
Published by
didi

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago