Stasiun televisi milik Wishnutama, NET., akan kembali menggelar acara tahunannya yang spektakuler. Indonesian Choice Awards (ICA) 6.0 kabarnya akan dihelat pada beberapa bulan mendatang. Seperti yang diketahui, ICA 5.0 berhasil mendatangkan bintang tamu Craig David dan Hailee Steinfield ke Indonesia.

Penampilan artis Indonesianya pun tak kalah memukau, seperti halnya Via Vallen yang semakin dikenal publik setelah membawakan lagu Sayang, tetapi dikemas ala Wishnutama. Kali ini, netizen sudah tak sabar dengan kejutan apalagi yang disiapkan suami Gista Putri tersebut untuk ICA 6.0. Di media sosial twitter, tiba-tiba muncul tagar #iKONForNET dan #5SOSFORNET yang lalu menjadi trending topic.

Ikon x 5sos [sumber gambar]
Apa sih #iKONForNET dan #5SOSFORNET tersebut? Rupanya, tagar ini dibuat oleh pecinta K-Pop grup, iKON—yang sempat datang ke Indonesia untuk closing ceremony Asian Games, konser, dan fansign di tahun 2018, juga fans band asal Australia 5 Seconds of Summer alias 5SOS. Mereka berebut agar idolanya masuk dalam line up ICA 6.0. Sehingga, mereka ramai-ramai mencuit dua tagar tersebut agar di-notice Wishnutama oppa dan keinginan mereka agar idolanya tampil di televisi lokal terwujud. Hal tersebut bukannya tidak mungkin, karena Wishnutama memang creative director yang penuh kejutan. Maka dari itu, dalam ulasan ini, Boombastis.com akan memberikan perkiraan, bagaimana sih jika iKON atau 5 Seconds of Summer yang menjadi line up ICA 6.0?

Pengisi acara dari Indonesia sendiri bakal tenggeleam

Dalam era “gila K-Pop” yang menyerang Indonesia belakangan ini, sudah dapat dipastikan, jika stasiun televisi lokal mengundang grup K-Pop, banyak remaja yang berebut ingin menonton langsung. Terlebih lagi jika grup K-Pop tersebut iKON—yang notabene memiliki banyak sekali fans di Indonesia. Mengapa penulis bisa bilang begini? Hal ini dialami sendiri ketika iKON menghelat Continue Tour in Jakarta, pada November lalu.

Konser iKON di Jakarta [sumber gambar]
Meskipun tempat yang mereka sewa hanya Tennis Indoor Senayan, yang enggak lebih besar daripada ICE BSD, penonton yang datang benar-benar banyak. Belum lagi mereka yang tak berhasil mendapatkan tiket dan rela menunggu di luar hingga konser usai. Jika ICA 6.0 benar-benar mengundang iKON, hal tersebut otomatis akan terulang. Belum lagi jika tiket masuk ICA 6.0 digratiskan.

Konser 5sos di Jakarta [sumber gambar]
Tak jauh berbeda dari penggemar iKON, fans 5 Seconds of Summer juga membludak pada Mei 2016 lalu. Meski telah 3 tahun belum kembali ke Indonesia, antusiasme fans tetap tinggi, terlebih lagi, mereka baru saja mengeluarkan album baru berjudul Youngblood, dan single di dalamnya yang berjudul Lie to Me. Antusiasme fans iKON dan 5SOS yang merajai twitter bisa dipetakan ketika idola mereka datang ke ICA 6.0 nanti.

ICA tahun 2018 [sumber gambar]
Hal yang paling mencolok adalah tak begitu digubrisnya penampilan artis Indonesia. Walau bisa dibilang Wishnutama pasti akan memutar otak untuk membuat panggung spektakuler seperti milik Via Vallen tahun lalu, tetapi dengan behaviour fans iKON dan 5SOS yang energik, mereka pasti akan menikmati ICA 6.0 seperti konser pribadi.

ICA 6.0 bakal menjadi acara K-Pop dan banyak fans dadakan

Seperti yang telah disinggung dalam poin sebelumnya, baik iKON dan 5SOS merupakan grup dengan massa yang cukup banyak di Indonesia. Seperti halnya Blackpink dalam acara Shopee kemarin, tampak seperti konser Blackpink, bukan, acara keseluruhannya? Bukan peringatan menuju acara puncak portal toko online tersebut.

ICA 2018 vs 2019 [sumber gambar]
Jika iKON dan 5SOS berhasil datang ke ICA, otomatis, para fans akan menganggap panggung ICA seperti konser idolanya. Berbeda dari Craig David dan Hailee Stainfield yang tak memiliki fans dengan antusiasme tinggi. Fanchant, sorakan penonton dan bernyanyi bersama hingga suara penyanyinya tak kedengaran pun akan terjadi.

Para fans dadakan [sumber gambar]
Belum lagi mereka yang mengaku fans iKON maupun 5SOS, padahal hanya ingin memperlihatkan suasana ICA 6.0 secara dekat melalui instagram story-nya. Hal ini paling terjadi, di mana fans musiman atau dadakan lebih beruntung daripada penggemar asli.

Bakal ada fanwar jika hanya satu grup yang diundang

Melihat antusiasme fans yang tinggi, kemungkinan saling adu argumen akan tinggi terjadi. Terlebih lagi, jika nantinya Wishnutama akan mengundang salah satu di antara iKON atau 5SOS. Jika iKON nantinya di-acc oleh Wishnutama menjadi line up utama ICA 6.0, bakal ada obrolan mengenai “plastik-plastik” lagi yang keluar. Merasa tak terima, akhirnya fans iKON akan membantah stigma plastik dan terjadi adu cuitan di media sosial.

Tagar #ikonfornet #5sosfornet [sumber gambar]
Belum lagi jika fans K-Pop saling membandingkan. “Level iKON hanya sebatas di televisi lokal Indonesia, kalau BTS kan di sibuk di Amerika Serikat, Blackpink sebentar lagi tur Eropa,” yang lagi-lagi akan menuai adu argumen. Jika nantinya Wishnutama lebih memilih untuk mengundang 5SOS, disebut anti K-Pop. Susah, ya, mengerti K-Popers. (Padahal sendirinya juga suka K-Pop).

Fans 5SOS [sumber gambar]
Sebenarnya behaviour fans 5SOS tidak seribet idol K-Pop. Terlebih lagi, banyak dari mereka yang datang untuk menikmati musiknya, bukan wajah penyanyinya. Namun, kalau namanya sudah berharap tapi enggak jadi, ya, pasti ada kecewanya, dong. Namun, semoga saja enggak bakal ada fanwar yang parah, ya, di antara para pecinta musik Indonesia.

BACA JUGA: Kenapa Closing Ceremony Asian Games 2018 Malah Undang Idol K-Pop? Ini Lho Alasan di Baliknya

Entah euforia 5SOS akan tetap tinggi di era K-Pop seperti sekarang. Namun, dengan melihat tagar #5SOSFORNET yang trending di twitter dan sempat digubris oleh akun twitter resmi NET., sepertinya para fans 5SOS di Indonesia sangat antusias. Mari kita lihat saja, deh, siapa yang nantinya berhasil dibawa oleh Wishnutama sebagai line up resmi dari ICA 6.0.