Rosulullah SAW adalah nabi terakhir yang diutus dengan misi menyempurnakan akhlak manusia yang ada di dunia. Oleh karena misi tersebutlah, dipastikan Muhammad merupakan orang yang paling sempurna akhlaknya, karena ia merupakan teladan. Lalu, bagaimana dari segi fisik? Banyak sekali literature yang Muhammad adalah nabi yang tampan dan punya fisik luar biasa indah.

Dalam sebuah ceramah oleh Ustaz Khalid Basalah, dijelaskan bahwa fisik Rosulullah sangat sempurna. Beliau memiliki alis tebal seperti busur panah, bola mata besar dan jernih, bulu mata lebat, rambut hitam, dada bidang, tubuh yang kekar (mirip nabi Ibrahim), serta kaki yang besar dan berbulu lebat. Tak terbayangkan seberapa gantengnya Rosul bukan? Dengan fisik yang luar biasa sempurna itu, ternyata ada loh sahabat beliau yang disebut mirip dengan Rosul, siapakah mereka ya? Yuk, simak ulasannya!

Ja’far bin Abi Thalib

Ilustrasi Ja’far Bin Abi Thalib [Sumber gambar]
Dari banyak sahabat yang disebut mirip dengan Rosulullah, Ja’far adalah sosok yang paling mirip. Bahkan dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa jika dilihat dari belakang, sulit membedakan antara Ja’far dan Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya tampilan fisik, karakter Ja’far juga mirip dengan sifat Rasulullah SAW. Melansir infoyunik.com, diriwayatkan dari Muhammad bin Usamah bin Zaib bahwa Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ja’far “Bentuk wajahmu serupa dengan wajahku, dan akhlakmu serupa dengan akhlak ku karena kamu berasal dariku dan merupakan keturunanku.”

Hasan bin Ali bin Abu Thalib

ilustrasi Hasan bin Ali bin Abu Thalib [Sumber gambar]
Hasan bin Ali bin Abu Thalib (625 M-669 M) adalah cucu pertama Nabi Muhammad SAW.  Hasan merupakan anak dari Ali bin Abu Thalib (sahabat Rosulullah) dan Sayyidah Fatimah Azzahra (Putri Rosulullah). Hasan dilahirkan dua tahun setelah Hijrah ke Madinah (622 M). Nama Hasan sendiri diberikan oleh Rosulullah, diambil dari Bahasa Arab yang artinya ‘baik’. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Uqbah bin Al Harits, diriwayatkan “Saat Abu Bakar selesai melaksanakan salat ashar, ia melihat Hasan sedang bermain. Abu Bakar menggendongnya di atas pundaknya kemudian berkata: Demi bapakku, mirip sekali dengan Nabi dan tidak mirip dengan Ali. Maka Ali pun tertawa.”

Abu Sufyan bin Harits bin Abdil Muthalib

Ilustrasi Abu Sufyan bin Harits bin Abdil Muthalib [Sumber gambar]
Abu Sufyan adalah salah satu sepupu Rosulullah. Ia juga merupakan saudara sepersusuan Rosul yang sama-sama disusui oleh Halimah As-Sa’diyah. Masuk Islam ketika Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah), Abu Sufyan diceritakan paling mirip dengan Rosulullah. Tak hanya dari fisiknya saja tetapi juga perilakunya. Rasulullah saw juga pernah memberikan pujian kepada Abu Sufyan bin Harits, “Abu Sufyan merupakan keluargaku yang paling baik.”

Abu Syuraih al-Khuza’i

Ilustrasi Abu Syuraih al-Khuza’i [Sumber gambar]
Di zaman Rosulullah, ada banyak sekali Sahabat yang dipanggil dengan nama kunniyah (alias)nya. Salah satunya adalah Abu Syuraih al-Khuza’i. Para ulama masih berbeda pendapat terkait nama aslinya, ada yang bilang namanya Ka’ab bin Amar, ada pula yang mengatakan Khuwailid bin Amar bin Shakhar bin Abdil Uza. Abu Syuraih juga merupakan sahabat yang memiliki kemiripan secara fisik dengan Rosulullah. Secara perilaku, Abu Syuraih juga sahabat yang sudah berislam sebelum Fathu Makkah.

BACA JUGA: Selain Yusuf AS, Ini Deretan Nabi yang Memegang Rekor Ketampanan Tak Tertandingi

Bisa dibayangkan bukan betapa ganteng dan gagahnya Rosulullah jika kita bisa bertemu dengan beliau. Mungkin ketampanan beliau melebihi Nabi Yusuf AS, sehingga dalam banyak ilustrasi hanya digambarkan sebatas cahaya yang terpancar tanpa terlihat rupanya.