Categories: Trending

5 Skandal Makanan Paling Aneh Dan Menghebohkan di Dunia

Kasus beras plastik masih belum hilang dari ingatan kita. Sampai sekarang pun beras plastik ini masih menjadi perdebatan. Ada yang bilang bahwa beras itu memang beneran terbuat dari plastik, ada juga pihak yang bilang bahwa berita ini hanya hoax untuk menutupi berita-berita politik yang ada.

Baca Juga : 8 Gosip Paling Gila yang Pernah Menerpa Orang Terkenal

Sebenarnya di dunia ini banyak sekali terjadi skandal dan kejadian tentang makanan “palsu” atau makanan yang bermasalah. Bahkan lebih aneh dari makanan palsu yang pernah ada. Redaksi Boombastis menemukan 5 skandal makanan yang pernah terjadi. Yuk disimak!

1. Daging yang Menyala Dalam Gelap

Benda yang menyala dalam gelap atau yang diistilahkan “Glow in the Dark” sering dipakai sebagai alat bantu dalam gelap, atau sekedar hiasan untuk membuat tampilan suatu benda menjadi lebih keren, misalnya seperti sablonan di baju atau stiker. Tetapi di Australia pernah terjadi kasus ketika di tahun 2005 konsumen menemukan daging babi yang mereka simpan di kulkas mengeluarkan cahaya. Ya, bercahaya!

Daging yang Menyala Dalam Gelap [ImageSource]
Hal ini menimbulkan kehebohan tersendiri, dan membuat para konsumen mengira bahwa daging-daging ini terkena bahan radioaktif berbahaya. Untunglah pihak berwajib Aussie segera menemukan bahwa daging ini bukan terkena radioaktif melainkan terkena sebuah bakteri bernama Pseudomonas fluorescens.

Meskipun bakteri ini tidak berbahaya, tetap saja publik mempertanyakan kualitas daging ini dan mempertanyakan kelayakan produksi mulai dari peternakan sampai pada penyajiannya. Kejadian tersebut membuat pemerintah Australia mengambil langkah-langkah serius guna mencegah stok daging mereka terkena bakteri yang mungkin lebih berbahaya.

2. Merica Buatan

Negara China sering sekali memiliki skandal makanan. Berhubung jumlah penduduk mereka yang sangat banyak dan membutuhkan makanan yang sangat banyak pula, banyak produsen makanan di sana yang menjadi agak “kreatif”.

Merica Buatan [ImageSource]
Di Guangdong, ditemukan merica putih yang terbuat dari tepung dan merica hitam yang terbuat dari lumpur kering. Publik marah karena ditipu, tetapi pemilik pabrik merica ini malah cuma bilang, “Tapi kan merica gak membunuh orang!” Nah, lho… Gimana coba perasaan kalian kalau dijawab seperti itu?

3. Telur Palsu

Sepertinya tidak mungkin jika manusia bisa membuat telur yang persis telur beneran dan dapat dimakan, tetapi China selalu kreatif dan mereka akhirnya berhasil membuat teluar buatan yang murah dan dapat dimakan. Dengan mencampurkan resin, kanji, zat pengental, serta zat pewarna, jadilah sebuah telur sempurna yang berwarna putih mulus. Mereka juga berhasil membuat cangkangnya dengan menggunakan parafin, gypsum, dan kalsium.

Telur Palsu [ImageSource]
Telur ini menjadi sangat laris karena harganya sangat murah, serta pembuatannya pun mudah dan cepat. Tidak perlu membuka peternakan atau bahkan menunggu ayam bertelur. Tetapi skandal ini tidak menjadi besar, karena para ilmuwan di Sillicon Valley kemudian mengembangkan ide ini menjadi telur buatan yang lebih sempurna, lebih enak, tahan lama, dan bergizi. Cocok untuk para vegan dan vegetarian.

4. Paprika yang Dicat

Hungaria sangat terkenal dengan paprikanya. Hampir semua masakan mereka menggunakan paprika, dan bahkan tanaman ini sudah menjadi lambang kebanggaan mereka. Harganya sebenarnya sangat murah. Tetapi beberapa orang yang serakah ingin mengambil untung yang lebih banyak sehingga mereka melakukan hal yang sangat kreatif: mereka mengecat paprika dengan cat timah.

Paprika yang Dicat [ImageSource]
Hal ini membuat paprika menjadi lebih berat dan warnanya menjadi lebih cerah menggemaskan. Banyak orang jatuh sakit karena memakannya, bahkan ada yang sampai meninggal. Penyebaran paprika bercat ini menjadi cukup luas sehingga pemerintah Hungaria terpaksa menerapkan aturan yang sangat keras terhadap tanaman ini.

5. Bom Semangka

Seperti biasa, China kembali menjadi tempat di mana skandal makanan terjadi. Pada tahun 2011 timbul kehebohan di provinsi Jiangsu saat semagka-semangka yang ditanam oleh petani, malah meledak. Besar ledakan sangat variatif, mulai dari yang cuma retak biasa, sampai pada ledakan yang sangat besar seperti suara bom. Beberapa petani bahkan ketakutan dan tidak bisa tidur karena suara semangka yang meledak bagaikan suara ranjau perang.

Setelah diteliti, ternyata para petani ini menggunakan sebuah zat bernama forchlorfenuron untuk mempercepat pertumbuhan melon mereka, tanpa menyadari bahwa tanaman semangka sangat sensitif terhadap zat-zat akselerasi seperti ini. Yang menyedihkan, tidak saja seluruh panen mereka saat itu gagal, mereka juga menjadi tertawaan publik saat kisah mereka diliput oleh TV di sana.

Baca Juga : 4 Penyebab Jembatan Penyeberangan Indonesia Sepi Pengguna

Makanan adalah kebutuhan manusia yang paling utama, sehingga bisnis makanan adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Hal ini membuat segelintir manusia menjadi serakah dan menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan berlebih tanpa memperhatikan keselamatan orang lain. Semoga kita semua dihindarkan dari keserakahan seperti ini.

Share
Published by
Norman Duarte

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago