Categories: Trending

Penemuan Terbesar di Situs Gunung Padang, Peninggalan Purbakala Super Megah

Gunung Padang yang berada di Cianjur ini adalah sebuah lokai yang sulit dijangkau, karena strukturnya berbukit-bukit dan curam. Pekarangan yang luasnya juga dipenuhi jejeran batu andesit berbentuk persegi yang sangat besar. Masayarakat disini sering menganggap situs ini adalah tempat keramat, tetapi tidak bagi para arkeolog.

Baca Juga :6 Tempat Bersejarah di Dunia yang Kini Musnah Akibat Kebodohan Manusia

Gunung Padang memang merupakan sebuah tempat yang sering menjadi pusat penelitian para arkeolog. Dan baru-baru ini salah seorang arkeolog mengemukakan hal baru mengenai situs megalitikum ini. Sebuah hal yang diperkirakan dapat menulis ulang sebuah sejarah. Apakah itu? Mari kita simak pemaparannya dibawah ini.

1. Gunung Padang, Situs Megalitik Kuno

Gunung Padang terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di perbatasan dusun Gunung Padang dan Panggulan. Gunung ini merupakan situs peninggalan kebudayan Megalitikum. Gunung ini berada di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut dengan luas kurang lebih 900 meter persegi. Luas arealnya yang dipenuhi kompleks punden berundak adalah sekitar 3 Ha.

Punden Berundak Yang Ada Diareal Situs Gunung Padang – (c)wowshack.com

Situs ini sangat sering sekali menjadi topik pembicaraan hangat bagi kalangan intelektual. Tak jarang juga menjadi pusat penelitian bagi para geolog dari dalam negri maupun luar negri. Gunung Padang juga telah dikenal sebagai situs megalitik kuno yang terbesar dan tertua di Indonesia. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui hal tersebut.

2. Pengungkapan Penelitian Secara Terbuka Oleh Dr. Danny Hilman

Tim Terpadu Riset Mandiri mempunyai temuan-temuan ilmiah daripada situs megalitikum ini yang diakui secara resmi oleh pemerintah. Sebelumnya juga, keberadaan situs ini dilaporkan pertama kali pada “Rapporten van de Oudheidkundige Dienst pada tahunn 1914 silam. Selain itu, pernah juga ada seorang sejarawan dari Belanda yang membicarakan mengenai hal ini pada tahun 1949 silam.

Dr. Danny Hilman, Sang Arkeolog – (c)wowshack.com

Begitu banyak yang mencoba untuk menguak mengenai Gunung Padang ini. Akan tetapi baru Dr. Danny Hilman lah, orang yang paling banyak mempunyai sumber-sumber primer dari hasil penelitian dan secara terbuka diungkapkannya kepada masayarakat. Hilman adalah seorang geolog dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI).

3. Penelitian Dengan Melakukan Penggalian

Lewat sebuah seminar yang diadakan di Gedung 10 LIPI, Bandung, dirinya menyampaikan secara detil mengenai hasil risetnya kepada hadirin yang berjumlah sekitar 250 orang dalam ruangan tersebut. Seperti yang di lansir di wowshack.com, Hilman mengungkapkan bahwa jauh di bawah tumpukan megalitik itu sebenarnya adalah piramida kuno, yang strukturnya berumur hingga 20.000 tahun

Dugaan Rekontruksi Gunung Padang Dalam Bentuk 3D – (c)wowshack.com

Hilman tidak sendirian. Ia melakukan riset itu bersama teman-temannya sejak tahun 2011 lalu. Tim melakukan penggalian di lapisan kedua (sekitar 2 – 3 meter dari puncak) pada gunung tersebut sedalam 11 meter. Hasilnya, para peneliti menemukan sejumlah bebatuan panjang yang tersusun dan batu alamiah unik yang terukir.

4. Penemuan Banyak Jenis Bebatuan Unik

Bebatuan yang ditemukan itu diantaranya adalah batu kujang yang mempunyai kandungan logam dan terdapat pori-pori di permukaannya, batu yang terdapat batu yang dapat diputar-putar didalamnya (seperti mouse komputer), dan sejenis columnar joint tapi betuknya bengkok (biasanya mempunyai bentuk lurus dan panjang) dan terdapat pahatan.

Batu – Batu Yang Ditemukan Sangat Unik – (c)wowshack.com

Bentuk pahatan itu mengindikasi bahwa pada masa 7000 tahun yang lalu, orang-orang yang hidup dizaman itu sudah mempunyai kemampuan memotong-motong batu. Ada juga batu yang bentuknya seperti mouse komputer, ada batu yang bisa di putar-putar dalam batu yang tebal itu. Hal ini menunjukkan adanya satu indikasi lorong yang sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut.

5. Permintaan Presiden Untuk Penelitian Lanjutan

Presiden saat itu begitu terkesan dengan apa yang Hilman dan teman-teman lakukan. Tidak hanya itu, presiden meminta tim untuk melakukan penelitian lanjutan. Karena hal ini adalah sejarah penting bagi seluruh masyarakat nantinya, tentunya bagi Indonesia. Penemuan yang besar ini bisa menulis ulang sejarah sebelumnya dari gunung ini.

Sebuah Penemuan Yang Bisa Menulis Ulang Sejarah – (c)wowshack.com

Hilman menambahkan, monumen ini merupakan bukti, bahwa pemikiran mengenai orang yang hidup di jaman prasejarah merupakan orang primitif adalah sebuah kesalahan. Dan jauh didalam tumpukan megalitik ini, terkubur sebuah piramida kuno dan meyakinkan itu adalah piramida tertua di bumi. Ia juga berfikir, ada kemungkinan lagi sesuatu yang terkubur dibawah permukaan.

Sebuah petisi yang ditandatangani oleh 34 arkeolog dan ahli geologi Indonesia disampaikan kepada pemerintah pada bulan April. Petisi itu diadakan guna mendapat perstujuan bahwa “Gunung Padang Merupakan Struktur Megalitik Terbesar Di Asia Tenggara”. Memang sudah sepantasnya situs ini dilindungi secara sistematis dan terarah, guna menghindari terjadinya kerusakan secara permanen.

Share
Published by
Rahma Muliani

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago