Kehadiran girlband Blackpink asal Korea Selatan di Indonesia beberapa waktu lalu, sukses menyedot ribuan penggemarnya di tanah air. Grup vokal yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa tersebut, memang pantas untuk digilai para fansnya yang berjuluk Blink.

Tak banyak yang tahu, kehadiran Blackpink yang begitu fenomenal ternyata menyimpan berbagai hal yang menarik. Selain digilai oleh para penggemarnya, keberadaan girlband tersebut juga menjadi salah satu penyelamat YG Entertainment, manajemen yang menaungi mereka. Lantas, apa saja prestasi yang ditorehkan oleh Blackpink?

Dinaungi oleh satu label yang sama dengan Selena Gomez dan Lady Gaga

Blackpink teken kontrak dengan label asal AS, interscope Records [sumber gambar]
Salah satu prestasi Blackpink yang bisa dibilang prestisius adalah, saat mereka berhasil menjalin kerjasama dengan sebuah label asal Amerika Serikat. Dilansir dari entertainment.kompas.com, girlband asal Korea Selatan itu meneken kontrak dengan label rekaman ternama di AS milik Universal Music Group, Interscope Records. Diketahui, perusahaan tersebut juga menaungi sejumlah penyanyi kelas dunia. Di antaranya, Lady Gaga, Selena Gomez, Madonna, U2, Maroon 5, Eminem, Guns N’ Roses, Kendrick Lamar, Gwen Stefani, dan Black Eyed Peas.

Hasilkan karya kolaborasi lagu dwibahasa yang sukses dengan Dua Lipa

Tak hanya kontrak bergengsi dari Interscope Records, Blackpink juga sukses merilis sebuah lagu berjudul “Kiss and Make Up” yang menggunakan dua bahasa, Korea dan Inggris. Sumber dari entertainmnet.kompas.com menuliskan, karya musikal itu juga mengajak penyanyi Asal AS, Dua Lipa untuk berkolaborasi. Bahkan, YG Entertainment selaku agensi Blackpink, mengumumkan bahwa keempat member-nya bakal mengeluarkan lagu solo.

Para personilnya bakal rilis proyek solo masing-masing

Personel Blackpink bakal rilis proyek solo masing-masing [sumber gambar]
Sukses berkolaborasi dengan Dua Lipa, masing-masing dari keempat personil Blackpink berencana akan membuat lagu solo. Dilansir dari entertainment.kompas.com, YG Entertaintment selaku agensi mereka akan memulai proyek tersebut melalu Jennie, member pertama yang merilis debut solo. “Track Jennie akan dirilis pertama, diikuti dengan proyek solo Rose. Kekuatan terbesar BLACKPINK adalah setiap member memiliki talenta pribadi sekuat saat dalam grup,” tulis Yang Hyun Suk, bos YG Entertainment.

Daya tarik Blackpink yang torehkan pencapaian luar biasa

Kemunculan Blackpink banyak menorehkan prestasi [sumber gambar]
Ditunjang kemampuan individual member-nya yang atraktif dan paras yang aduhai, membuat Blackpink menjelma sebagai girlband yang sukses menorehkan banyak prestasi. Dilansir dari tirto.id, mereka merajai peringkat musik tertinggi di AS bersama grup Korsel lainnya, BTS. Selain itu, lagu “Ddu-Du-Ddu-Du” miliknya juga menempati posisi ke-55 di tangga HOT 100 Billboard 200 dan sukses nangkring di posisi ke-1 iTunes International Chart di 44 negara. Blackpink juga hanya butuh waktu kurang dari 7 jam untuk mengumpulkan 10 juta penonton dari saluran Youtube.

Menjadi penyelamat eksistensi YG Entertainment

Prestasi Blackpink ikut menyelamatkan nama besar YG Entertainment [sumber gambar]
Selain populer sebagai agensi musik paling digemari di Korea Selatan, YG Entertainment juga dikenal mengedepankan kualitas musik ketimbang ‘tampang’ artisnya. Sumber dari tirto.id menuliskan, saham YG sempat turun sekitar 10-35 persen akibat dari rumor penyelundupan narkoba oleh anggota 2NE1, Park Bom, pada Juni 2014. Namun, kemunculan Blackpink pada 8 Agustus 2016 lalu ternyata sukses membuat saham YG terus naik. Alhasil, girlband tersebut tak ubahnya menjadi malaikat penyelamat eksistensi saham dan nama besar YG Entertainment.

Baca Juga : 5 Fakta Blackpink, Girlband Korea Selatan Paling Digilai yang Sedang Naik Daun

Tak salah jika pada akhirnya Blackpink begitu digemari oleh para fansnya di seluruh penjuru dunia. Selain memiliki lagu yang enak dan paras yang aduhai, pencapaian mereka di bidang musik juga menjadi pertimbangan tersendiri. Well, siapa personil Blackpink yang menjadi idolamu Sahabat Boombastis?