Selama ini beberapa orang memang menganggap durian adalah buah yang cukup mahal, karena dibandrol dengan harga puluhan hingga ratusan ribu. Tapi, berlebihan sih kalau satu butir durian harganya bisa sama dengan sebuah motor bebek baru? Kesannya nggak masuk akal ya. Tapi hal itu memang beneran terjadi di Indonesia. Buah beraroma khas itu dengan jenis J-Queen itu dijual di Plaza Asia Kota Tasikmalaya.

Kebanyakan orang pasti mikir kalau sayang banget kalau uang belasan juta rupiah hanya buat beli durian. Penggemar buah harum tersebut pun harus mikirin dompet terlebih dahulu, kecuali kalau yang beli memang kelebihan duit alias crazy rich, hehe. Tapi, di balik mahalnya durian J-Queen, ternyata ada beberapa fakta yang membuat buah tersebut harganya melangit loh, berikut beberapa diantaranya.

Merupakan hasil persilangan beberapa jenis durian unggulan Indonesia

J-Queen [sumber gambar]
Antara percaya dan nggak, tapi buah dengan harga Rp. 14 juta ini benar-benar laku, bahkan dua buah yang sudah terjual. Aka, seorang pemuda 32 tahun selaku pemilik sekaligus penemu buah ini menjelaskan kalau J-Queen adalah buah yang spesial. Menurutnya, buah ini merupakan hasil persilangan beberapa jenis durian unggulan di Indonesia. Pria yang mendalami pertanian durian sejak lama ini rupanya berhasil mengembangkan jenis pohon yang memiliki buah sangat istimewa dan berbeda dengan yang lain. Diakui oleh Aka, pohon durian J-Queen hanya ada satu, di Indonesia.

Bentuk dan rasanya beda dari durian lainnya

Isi buah [sumber gambar]
Kalau dilihat dari bentuknya, durian ini berbeda dari yang lain. Jika kalian penggemar durian dan sudah biasa melihat bentuknya, tentu paham jika durian J-Queen memiliki bentuk bulatan yang sempurna. Di dalamnya juga tidak ada buah yang lonjong, semuanya bulat, dan warnanya kuning emas dan sangat cantik. Untuk rasanya pun sangat unik, tentu lain dari durian pada umumnya. Menurut Aka, durian J-Queen rasanya seperti kacang dan mentega. Ada juga rasa pahit manis khas durian yang kenikmatannya seimbang.

Berbuah hanya tiga tahun sekali

ilustrasi pohon durian [sumber gambar]
Salah satu yang bikin buah ini mahal tentu saja karena kelangkaannya. Tau sendiri ya, apa pun yang langka pasti harganya meroket. Nah, J-Queen ini ternyata hanya berbuah tiga tahun sekali. Dan lagi, satu buah pohonnya hanya mampu menghasilkan 20 butir buah. Pantas saja ya, harganya mahal, ternyata hanya mampu berbuah tiga tahun sekali. Tentu nggak bisa disamain dengan durian lain.

Merupakan durian yang mengungguli Musang King asal Malaysia

Musang King [sumber gambar]
Disampaikan oleh salah satu ahli durian asal Banyumas, Sudarno, J-Queen merupakan buah yang menang dalam kontes durian 2018 lalu. Kemenangan tersebut dari rasa dan aromanya yang harum, mengalahkan Mussang King asal Malaysia. J-Queen yang memiliki rasa peanuts butter, sementara Musang King hanya butter.

BACA JUGA: 10 Jenis Durian Asli Tanah Air yang Bikin Indonesia Jadi ‘Rajanya Duren’

Meski luar biasa mahal, terbukti jika buah ini memang laku terjual. Tentu saja yang beli bukan orang sembarangan ya. Ntah siapa yang benar-benar membeli buah tersebut, namun yang jelas orang Indonesia memang banyak yang kaya raya, hehe. Barangkali 14 juta bukan jumlah yang besar bagi orang yang membeli J-Queen.