Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ahmad Dhani? Sebagai publik figur yang paling banyak disorot akhir-akhir ini, dirinya kerap memantik sejumlah kontroversi di masyarakat karena kiprahnya di dunia politik. Padahal, nama Dhani sejatinya besar sebagai seorang musikus dan seniman handal di negeri ini. Bukan sebagai politikus.

Sangat disayangkan memang. Namun, itulah sebuah kenyataan. Seorang musisi dengan prestasi gemilang di zamannya, kini harus terjebak di dalam benang kusut perpolitikan tanah air yang semakin memanas. Padahal, seorang Ahmad Dhani pernah berjaya sebagai musisi papan atas tanah air, berikut sejumlah penghargaan dan pencapaian yang luar biasa sebagai entertainer. Apa saja?

Bersinar terang sebagai musisi bertalenta bersama Dewa 19

Ahmad Dhani menapaki sukses sebagai musisi bersama Dewa19 [sumber gambar]
Sempat ditolak oleh sejumlah label pada saat-saat awal merintis karier sebagai musisi, Ahmad Dhani akhirnya sukses berkibar bersama Dewa 19 pada 1993 silam. Saat itu, ia dan rekan-rekannya dianugerahi sebagai pendatang baru terbaik. Hal ini kemudian berlanjut pada kesuksesan sejumlah album lainnya seperti Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), The Best Of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006), dan Kerajaan Cinta (2007). Terbukti, meski kerap bongkar pasang personel, keberadaan Dewa tetap eksis hingga saat ini.

Berbakat menjadi produser band

Ahmad Dhani juga tekuni profesi sebagai produser musik [sumber gambar]
Sukses sebagi musisi, membuat Dhani tertarik untuk berada di belakang layar. Tercatat, ia berhasil mengorbitkan penyanyi Reza Artamevia pada 1997. Tak hanya itu, sejumlah musisi ternama Indonesia seperti Krisdayanti, Denada, Tere, dan Agnes Monica, sukses di belantika musik Tanah Air berkat kerjasama dengan dirinya. Bahkan, Duo Ratu yang digawangi oleh Maya Estianti dan Mulan Kwok, juga berhasil diorbitkan oleh musisi kelahiran Surabaya itu.

Miliki perusahaan rekaman dan manajemen artis

Ahmad Dhani bikin manajemen artis dan studio rekaman pribadi [sumber gambar]
Tak puas, ide kreatif Dhani kembali dituangkan dalan bentuk manajemen artis pada 2007 silam yang bernama Republik Cinta Management (RCM). Dilansir dari republikcintamanagement.com, tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk me-manage para musisi, penyanyi, band dan seniman lain berhubungan dengan musik. Seperti Dewa 19, Mulan Jameela, T.R.I.A.D, MahaDewa, Mahadewi, Dewi Dewi, The Virgin, The Lucky Laki dan The Law. Tak hanya manajemen artis, Dhani bahkan membangun perusahaan rekamannya sendiri yang bernama Republik Cinta Record (RCR). Sayang banget kalo enggak diterusin ya Sahabat Boombastis.

Penghargaan yang berhasil diraih

Ahmad Dhani raih sejumlah penghargaan bersama Dewa19 [sumber gambar]
Bersama Dewa 19, Dhani telah banyak mengumpulkan sejumlah penghargaan bergengsi. Dilansir dari wikipedia.org, mulai kurun tahun 1992 hingga 2009, tak kurang dari puluhan penghargaan berhasil di raih. Salah satunya adalah MTV Southeast Asia Viewer’s Choice Award pada kategori Moonman Award pada tahun 2000. Tentu saja, prestasi ini mengerek nama personil di dalamnya, termasuk Ahmad Dhani sendiri.

Tekuni sejumlah bisnis

Ahmad Dhani miliki sejumlah bisnis [sumber gambar]
Selain sejumlah prestasi yang telah dsebutkan di atas, Ahmad Dhani juga membuka bisnis sendiri yang tak jauh-jauh dari dunia musik. Dilansir dari moneysmart.id, ada beberapa sumber kekayaan yang membuat Dhani seolah tak pernah kehabisan uang. Di antaranya adalah Bisnis kafe The Rock yang juga dilengkapi sajian live musik dari musisi rock, sekolah musisi Ahmad Dhani School of Rock atau ADSOR, menjadi juri di ajang pencarian bakat, dan lainnya. Bahkan, Mulan Jameela sang istri sendiri sempat berjualan cilok untuk menambah pundi-pundi kekayaan sang suami.

Sudah menjadi suratan takdir. Seorang musisi yang dulu tenar karena kemampuan musikalitasnya, kini malah tertutup oleh rentetan kontroversi yang seharusnya tidak perlu terjadi. Semuanya berkaitan erat dengan dunia yang saat ini coba dimasukinya, Politik! Sebagai netizen, tak ada yang bisa kita lakukan selain mendoakan yang terbaik pada sosok Ahmad Dhani. Mudah-mudahan bisa segera berkarya lagi ya Sahabat Boombastis.