Categories: Trending

Sifat-Sifat Keren Khadijah, Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Oleh Semua Perempuan

Semua muslim maupun muslimin di belahan bumi manapun pasti tau siapa sosok anggun nan keibuan bernama Khadijah r.a ini. Ya, beliau adalah istri pertama Rasulullah Muhammad SAW. Satu-satunya istri yang tidak pernah dipoligami, dan amat Rasulullaah cintai. Berbagai kisah tentang Khadijah tentu sudah sering kita dengar, tentang kisah beliau bersama Rasulullaah tentunya, maupun bagaimana perjuangan beliau membersamai langkah Rasul kita tercinta itu.

Baca Juga: 10 Kuliner Asli Indonesia yang Bikin Lidah Menari

Nah, bagi kita para muslimah, patut kiranya kita meneladani akhlaq dari seorang wanita mulia bernama asli Khadijah binti Khuwailid ini. Bagaimana perjuangan beliau sebagai seorang istrri yang dengan setia membersamai Rasulullah SAW di masa-masa terberat Rasul dalam mengemban amanah dakwah dari Allah SWT. Nah, berikut ini akan kita bahas satu per satu sifat-sifat keren dari Ibunda Fatimah r.a ini, yang semoga bisa menginspirasi kita para muslimah untuk menjadi calon bidadari dunia maupun akhirat kelak.

Khadijah Binti Khuwailid

1. Wanita yang Cerdas

Ya, seorang Khadijah adalah seorang wanita yang terkenal cerdas. Dari kecerdasannya itulah beliau pada akhirnya bisa mengembangkan bisnis yang beliau kelola dan akhirnya berkembang dengan pesat. Strategi dagang beliau juga sangat terkenal di kalangan sahabat dagang beliau.

Dengan kecerdasan beliau pula, beliau bisa memilih siapa-siapa yang bisa diajak kerjasama atau tidak. Termasuk ketika beliau memilih Rasulullah Muhammad sebagai salah satu utusan dagang beliau, dan dari situlah bisnis dagang beliau menjadi lebih berkembang pesat karena dikelola oleh Al-Amin, Rasulullah SAW.

Selanjutnya: Wanita Yang Ulet dan Mandiri

2. Wanita yang Ulet dan Mandiri

Keuletan beliau juga sangat terkenal dalam bidang bisnis perdagangan yang beliau kelola. Selain cerdas, keuletan beliau juga menjadi modal beliau semakin disegani oleh orang-orang di sekitarnya.

Apalagi dari keuletan beliau tersebut kemudian menjadikan beliau sangat mandiri dan tegas. Ini membuat semua orang yang bekerjasama dengan beliau pun menjadi segan dan hormat.

Selanjutnya: Wanita yang Sangat Setia

3. Wanita yang Sangat Setia

Begitulah harusnya seorang istri. Dia harus setia membersamai langkah suaminya. Ketika sang Suami melangkah kepada kebaikan, maka otomatis Istri akan mengikutinya, begitupun sebaliknya. Ya, Khadijah r.a adalah wanita yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Ketika Rasul melewati masa-masa terberat dalam mengemban amanah dakwah dari Allah, Khadijah selalu menemaninya, membersamai langkahnya, memeluknya dengan cinta, dan selalu mempercayainya.

Ketika Khadijah meninggal dunia, Rasul sangat bersedih sekali, dan Rasul tak pernah sesedih itu seumur hidup beliau. Setiap mengingat Khadijah, Rasul selalu menangis, karena cintanya yang dalam kepada Khadijah, Isteri beliau yang sangat setia dan taat kepada suaminya.

Selanjutnya: Wanita yang Shalilah dan Teguh

4. Wanita yang Shalihah dan Teguh

Sungguh, sebaik-baik perhiasan adalah wanita yang shalihah. Khadijah r.a adalah contoh nyata wanita shalihah tersebut. Keteguhannya dalam memegang kuat ajaran Islam, keteguhannya dalam menjaga kesucian hati dan akhlaqnya, keteguhannya dalam menjalankan amanah sebagai Isteri dan Ibu, serta keteguhannya dalam menjaga keshalihahannya merupakan bukti tak terbantahkan bahwa Isteri Rasulullah SAW ini layak mendapatkan surga seperti yang telah Allah janjikan pada beliau. Beliau adalah wanita pertama yang memeluk Islam, dan kemudian selalu menjaga keteguhannya dan menguatkan Rasulullah serta membersamainya meniti jalan dakwah. Rasulullah SAW amat mencintai beliau karena keshalihahan beliau.

Nah, dari empat sifat mulia Khadijah r.a di atas, tentu membuat kita akan semakin kagum dengan beliau. Sosok wanita mulia yang amat dicintai oleh Rasul kita, Muhammad SAW. Bahkan sampai beliau meninggal, Rasulullah tidak pernah memadu beliau dengan wanita manapun, karena kemuliaan kedudukan beliau di hati Rasulullah SAW. Dari rahim beliau lahir wanita mulia penghuni surga, yang cerdas, yang sangat shalihah, yaitu Fatimah r.a. Semoga kita para muslimah bisa meneladani akhlaq beliau dan mengajarkannya kepada anak-anak perempuan kita. (sof)

Baca Juga: Berkunjung ke Brunei Darussalam, Negara Kecil namun Super Kaya

Share
Published by
didi

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago