Sudah bukan sebuah hal yang mengejutkan kalau belakangan ini ada sejumlah nama setan di seret di jagat politik Indonesia. Tercatat ada tiga jenis nama memedi yang kerap digunakan para elite politik beberapa tahun ini. Seperti Genderuwo dipopulerkan Fadli Zon, Partai Setan oleh Amien Rais dan terbaru adalah setan gundul oleh Kader Partai Demokrat Andi Arief.

Entah apa alasan mereka melakukan hal tersebut. Namun satu yang pasti saling sindir dengan nama-nama mahluk halus ini adalah sesuatu unik. Pasalnya, kalau di luar elite politiknya lebih banyak yang beradu gagasan dan visi ke depan. Masih terkait setan gundul, kira-kira sobat Boombastis ada yang tahu tidak siapa sih sebenarnya setan gundul? Nah, dari pada ikut bingung memikirkanya berikut penulis berikan ulasan tentang makhluk astral yang kerap digambarkan tidak memiliki rambut.

Makhluk halus sempat masuk layar kaca Tuyul

Ilustrasi tuyul [Sumber Gambar]
Kalau melihat perjalanan dunia hiburan Indonesia, Tuyul bisa dibilang menjadi mahkluk dari dunia lain yang kerap menghiasi layar kaca. Entah itu pada sebuah sinetron misteri atau cerita-cerita gaib pesohor tanah air. Pada umumnya tuyul digambarkan sebagai hantu yang kerap mencuri uang dan wujudnya adalah memedi dengan berkepala gundul. Menurut penuturan Historia yang menguktip Geertz dalam Abangan, Santri, Priayi dalam Masyarakat Jawa, hantu ini menyerupai anak-anak, hanya mereka bukan manusia tetapi anak-anak makhluk halus dan biasanya disukai orang lantaran membuat kaya pemiliknya.

Hantu Jerangkong mahkluk dunia lain yang menakutkan

Ilustrasi hantu jerangkong [Sumber Gambar]
Setali uang dengan Tuyul tadi, Hantu Jerangkong juga tergolong sebagai makhluk dari dunia lain yang tidak berambut. Pada umumnya dirinya kerap digambarkan seperti halnya anggota bajak laut di serial anime One Piace yaitu Brook. Di mana hantu tersebut terdiri dari kerangka manusia (tenggokarak) yang mampu terbang dan berjalan. Menurut laporan laman Kumparan.com tentang makhluk ini, ia jarang sekali muncul, tetapi apabila muncul Jerangkong akan membawa kejadian yang tidak baik.

Setan Uwil juga kerap digambarkan tidak berambut

Ilustrasi hantu [Sumber Gambar]
Selain ke dua nama tadi, Setan Uwil yang populer di wilayah Banyuwangi Jawa Timur juga kerap digambarkan sebagai makhluk halus tidak memiliki rambut. Dilansir Boombastis dari beberapa sumber perwujudannya hampir sama dengan Tuyul yaitu berbentuk hantu anak-anak. Usut punya usut, mitosnya Uwil berasal dari anak-anak yang meninggal lantaran tidak kuat dalam sebuah latihan militer. Tidak berhenti disitu saja, dari desas-desus yang beredar setan ini merupakan mahkluk jail kerap mengganggu para petani dan orang-orang mencoba merusak hutan Banyuwangi.

Makhluk gaib kerap digunakan mainan Jelangkung

Jelangkung ilustrasi [Sumber Gambar]

Masih tentang hantu tidak mempunyai rambut. Jelangkung juga menjadi Makhluk gaib yang kerap terlihat gundul. Hal ini lantaran kepalanya terbuat dari sebuah batok kelapa yang dibolongi. Dari nama-nama tadi, bisa dibilang Jelangkung adalah salah satu jenis memedi kerap dimainkan seseorang. Di mana dirinya digunakan untuk berbagai hal, mulai melakukan ramalan sampai meminta segala sesuatu. Tentang dirinya, ada lho satu cerita tentang anggota TNI Jenderal TNI (Purn.) Indonesia yang memutuskan jadi prajurit karena benda gaib ini.

BACA JUGA: Bisa Buat Orang Kapok di Penjara, 4 Rumah Tahanan Ini Punya Kisah Mistis Menakutkan

Itulah tadi sobat Boombastis deretan makhluk dari dunia lain yang kerap digambarkan tidak memiliki rambut. Terlepas dari hal tersebut, politik Indonesia bisa dibilang kerap memberikan suguhan yang kurang mendidik generasi penerus. Jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk pandai memilah mana yang baik dan buruk. Jangan sampai kerap menelan segala sesuatu dengan mentah-mentah.