Mendengar nama negara India kira apa-apa yang terlintas dari pikiranmu? Ya, betul sekali, sebuah wilayah di dunia yang memiliki tingkat penduduk tinggi. Saat ini mereka menduduki peringkat kedua terbanyak dunia dengan 1 juta lebih penduduk. Selain padat, negara asal bintang Bollywood Shahrukh Khan ini juga menyimpan-menyimpan wilayah yang kumuh. Seperti salah satunya kota Ludhiana, Maharasta, dan Sukinda. Malahan khusus untuk Sukinda, 50% air disana sudah alami pencemaran.

Meski mendengarnya kita harus besyukur hidup di tanah air, tapi kalau berbicara perkembangan sepakbola India agaknya Indonesia patut belajar dari mereka. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pasalnya geliat olahraga ini di sana bisa dikatakan tidaklah bisa dipandang biasa saja. Dan berikut beberapa perkembangan hebat sepak bola India yang mungkin Indonesia bisa belajar dari sini.

Revolusi ‘besar’ sepak bola India

Setelah terlihat mati suri dan kalah oleh dominasi kriket, pada tahun 2010 agaknya menjadi waktu yang paling menggembirakan untuk sepak bola India. Hal ini lantaran kerjasama Asosiasi Sepakbola Seluruh India (AIFF) dengan perusahaan infrastruktur IMG Alliance, berbuah kesepakatan yang positif.

Bengaluru [Sumber Gambar]
Bahkan tidak hanya baik saja, kerjasama keduanya juga hasil dana besar mencapai 100 juta paun untuk mengembangkan sepak bola di sana. Dilansir Boombastis dari PanditFootball, kesepakatan mereka menghasilkan infrastruktur sepakbola yang lebih memadai, mendapatkan hak penamaan, sponsor utama penjualan pernak-pernik kesebelasan di India, dan diizinkan membentuk liga baru. Dan dari sinilah geliat mereka terus alami peningkatan kualitas yang baik.

Mempunyai kompetisi domestik yang bagus

Berbicara kompetisi sepak bola India agaknya kata bagus bukanlah hal berlebihan bila disematkan untuk mereka. Pasalnya, selain mempunyai liga dengan sistem tertata rapi, negeri berjuluk anak benua tersebut juga sempat hadirkan pemain-pemain legenda dunia di kompetisinya. Seperti salah satunya adalah Nicolas Anelka, Luis Garcia, dan David Trezeguet.

Liga Hero I-League [Sumber Gambar]
Selain itu klub-klub di sana juga telah diakui AFC, dengan dibuktikan oleh diberinya jatah tiket untuk ikut dalam babak kualifikasi Liga Champions. Hal lain yang juga jadi bukti kalau kompetisi bola di India bagus adalah tertariknya City Football Group perusahaan raksasa Manchester City yang ingin menanamkan modal di sana. Di India sendiri mempunyai dua liga profesional tertinggi yakni Hero I-League dan Indian Super League (ISL).

Dipercaya olah FIFA menyelenggarakan Piala Dunia

Masih terkait perkembangan sepak bola India, beberapa tahun lalu oleh FIFA negara tersebut ditunjukkan secara resmi gelar kompetisi sepak bola dunia U-17. Seperti dilansir Boombastis dari FootballTribe, wilayah terpadat nomor dua dunia itu, ditunjuk untuk menyelenggaran event tahun bernama Piala Dunia.

Piala Dunia U-17 [Sumber Gambar]
Meski bukan ajang layaknya di Rusia 2018 lalu, namun hal tersebut sedikit membuktikan kalau perkembangan olahraga ini sedang dalam masa baik. Ajang tersebut sendiri dilaksanakan di India pada 6 Oktober sampai 28 Oktober. Ketika itu Timnas Negara anak benua itu hanya sampai di babak fase group saja. Sedangkan juaranya adalah Inggris, setelah sebelumnya mengalahkan Spanyol di laga pamungkas.

Timnasnya mampu mentas di Piala Asia 2019

Selain hal tadi, geliat positif sepak bola negara beribukota New Dheli itu juga ditunjukkan dengan mampunya Timnas India lolos ke Piala Asia 2019. Tidak hanya mampu berpartisipasi, untuk sementara mereka juga memimpin klasemen group A, usai menghajar Thailand dengan skore 4-1. Hasil bagus tersebut jelas menjadi modal berharga untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Timnas India [Sumber Gambar]
Bila menarik sejarah ke belakang, selama keikutsertaan dalam ajang tersebut. Pastinya, Piala Asia 1964 tidaklah bisa untuk dilupakan. Hal ini lantaran ketika itu dengan mengejutkan negeri asal Mahatma Gandhi itu menjadi negara terbaik kejuaraan sepak bola Benua Kuning tersebut. Pada rentang tahun 50-an sampai 60-an sepak bola India alami masa kejayaan, selain capaian tadi di waktu tersebut mereka juga lolos Piala Dunia dan menduduki peringkat 4 Olimpiade.

India kini mempunyai peringakat FIFA

Dari sekian hal tadi, tentu saat ini hal yang patut membuat insan bola India berbangga adalah peringkat mereka di FIFA. Dikutip laman resmi organisasi sepak bola tersebut yakni www.fifa.com, per Desember 2018 India menduduki ranking 97 dunia. Walaupun masih dilingkup 90 besar, namun hal ini sekali lagi membuktikan kalau sepak bola India tengah berada pada jalur perkembangan yang baik.

Timnas sepak bola India [Sumber Gambar]
Dan apabila dibandingkan negara kita, tentunya India jauh meninggalkan Indonesia yang kini berada di peringkat 159 FIFA. Sedangkan untuk kompetisi atau Liga India sendiri menduduki urutan 15 di Asia. Melihat geliat terus bagus agaknya bukan suatu mustahil kalau melihat India ke depan menjadi salah negara kuat di sepak bola Asia.

BACA JUGA: Juara AFF dan Lolos Piala Dunia, Kehebatan Vietnam Ini Buat Timnas Tidak Ada Apa-apanya

Bagaimana nih sobat melihat fakta-fakta tadi, apakah kalian langsung tercengang atau mengerutkan dahi? Apalah itu yang pasti harus diakui bila dengan India, sepak bola negara kita memang tertinggal jauh. Namun, meski begitu kita harus tetap optimis kalau bola nasional segera bangkit dan menjadi hebat.