Bila melihat sejarah ke belakang bisa dibilang tidak hanya orang Indonesia saja yang harus berkabung lantaran kecelakaan pesawat. Beberapa kali dunia sepak bola juga dibuat berduka lantaran hal tersebut. Bahkan sampai-sampai ada sebuah kesebelasan yang harus rela kehilangan separo skuadnya. Kondisi ini tak jarang juga membuat beberapa pesepakbola menjadi phobia dengan alat transportasi udara satu ini. Seperti contoh Maman Abdurahman yang sering ketakutan dan tak jarang ogah-ogahan bila naik pesawat.

Apa yang dirasakan pemain tadi merupakan hal yang wajar. Pasalnya, setiap insiden melibatkan pesawat besar kemungkinan akan menelan banyak korban. Tapi, seperti yang kita ketahui bersama masalah meninggal atau selamat sudah ada yang menentukan. Dan semua angkutan umum juga memiliki resikonya masing-masing. Jadi, tak perlu takut untuk naik moda transportasi ini. Kembali mengenai kecelakaan pesawat di jagad sepak bola, berikut Boombastis berikan rangkumannya kepada kalian sobat. Yuk mari lihat.

Kecelakaan pesawat hilangkan setengah skuad Chapecoense

Chapecoense tragedi [Sumber Gambar]
Bila berbicara Chapecoense tentunya bukanlah nama klub yang asing di telinga kita. Apalagi kalau kita membicarakan nasib nahas mereka yang berhubungan dengan kecelakaan pesawat. Mungkin dari kalian akan langsung mengetahui mereka. Ketika itu di tahun 2016, saat mau terbang untuk menjalani laga final Copa Sudamericana di Kolombia pesawat yang ditumpangi pemain dan staff jatuh di Bolivia. Kehabisan bahan bakar disebut-sebut menjadi penyebabnya. Kondisi ini pun menjadikan 19 pemain Chapecoense meninggal dunia. Hal ini membuat kesebelasan identik warna hijau tersebut hanya menyisakan empat pemain saja yang sebelumnya tidak dibawa.

Alianza Lima, klub asal Peru kecelakaan pesawat setelah raih kemenangan

Ilustrasi kecelakan Alianza Lima [Sumber Gambar]
Masih tentang klub asal Benua Amerika Selatan, nasib tragis kecelakaan pesawat juga dialami tim asal Peru yakni Alianza Lima. Kesebelasan kasta teratas negara tersebut harus alami duka yang mendalam tatkala beberapa pemainnya menjadi korban dalam insiden tersebut. Saat itu, pesawat yang ditumpangi kesebelasan yang sudah berdiri dari tahun 1901 ini jatuh ke laut setelah lepas landas dari bandara Bandara Lima-Callao. Dilansir laman Bola.okezone, sekurangnya ada 16 pemain klub Alianza Lima meninggal dunia dan hanya pilot saja yang bisa selamat dalam peristiwa tersebut.

Tragedi kecelakaan pesawat juga sempat menimpa klub Manchester United

Ilustrasi insiden pesawat Manchester United [Sumber Gambar]
Selain beberapa nama klub tadi, kesebelasan raksasa Inggris Manchester United juga sempat tertimpa musibah kecelakaan pesawat. Tim berjuluk setan merah ini alami kecelakaan setelah pesawat yang mereka tumpangi error dalam upayanya lepas landas. Melansir laman Liputan6, pada 6 Februari 1958, pesawat British European Airways penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiga untuk lepas landas dari landasan pacu lumpur yang tertutup salju di Bandara Munich-Riem, Jerman Barat. Berkat hal tersebut, beberapa pemain berbakat kesebalasan merah ini harus meninggal dunia sepak bola untuk selamanya.

FC Torino menjadi klub Italia juga rasakan tragedi pesawat terbang

Tregedi Superga,[Sumber Gambar]
Sedikit bergeser ke Italia, nasib nahas alami kecelakaan pesawat juga dirasakan oleh Torino FC. Tim yang ketika artikel ini ditulis sedang menduduki peringkat 11 kompetisi Seria A, alami musibah tersebut di tahun 1949. Dari penelusuran penulis kala itu lantaran cuaca buruk pesawat yang mereka tumpangi alami insiden parah dengan menabrak Basilica Superga, bangunan yang berada di Turin. Alhasil, terdapat 18 pemain dan official  harus merenggang nyawa. Konon katanya hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa Torino terus alami penurunan performa.

Begitulah beberapa kisah nahas kecelakaan pesawat di jagad sepak bola. Hal tersebut seperti menjadi gambaran kepada kita kalau apapun moda transportasinya tetaplah menyimpan resiko-resiko masing-masing. Penulis berharap baik di dunia sepak bola atau lainnya sebuah kecelakaan pesawat tidak akan terjadi lagi. Mari sobat Boombastis kita berdoa untuk mereka telah pergi ke sisi tuhan.