Geleng kepala dan menghela napas panjang, agaknya menjadi hal yang acap kali dilakukan oleh banyak insan bola yang saya temui kita membahas sepak bola Indonesia. Apa yang dilakukan orang-orang tersebut. tentu sebuah hal yang wajar. Memang saat ini bola Indonesia sedang sakit dengan beragam permasalahannya. Meski begitu, tapi mereka tetap menyimpan bara-bara optimisme untuk sepak bola tanah air lebih bagus lagi.

Berbicara tentang rasa tersebut, ternyata banyak tokoh-tokoh besar bola dunia juga mempunyai kepercayaan tersebut terhadap sepak bola Indonesia. Selain itu, beberapa media manca juga kerap menurunkan beritanya tentang potensi pemain tanah air dan beberapa prestasi Timnas. Dan beginilah optimisme para insan bola dunia terhadap sepak bola tanah air. Yukk sobat Boombastis mari simak.

Presiden FIFA, menilai Indonesia sepak bola dikelola dengan baik

Presiden FIFA [Sumber Gambar]
Baru-baru ini para pencinta sepak bola Indonesia dikejutkan dengan pernyataan menohok Presiden FIFA Gianni Infantino, tentang sepak bola Indonesia. Saat itu, pria berkepala plontos itu memunculkan sebuah sikap optimis, dengan berujar kalau olahraga tersebut telah dikelola dengan baik. Dilansir dari laman Goal, alasan Gianni mengatakan hal itu di sela-sela Forum FIFA Executive Football Summits, dianggapnya PSSI sudah menjalankan program FIFA Forward dengan bagus. Apakah itu betul? Tentu kalian bisa menjawabnya sendiri. Dalam acara diadakan di Qatar tersebut, Indonesia diwakili oleh Joko Driyono dan Ratu Tisha.

Mantan pelatih Inggris, juga berbicara sepak bola Indonesia

Steven Goran [Sumber Gambar]
Pelaku lapangan hijau lain yang berujar optimis tentang sepak bola nasional adalah Steven Goran Eriksson. Mantan pelatih Inggris yang saat saat ini menahkodai Filipina itu mengungkapkan kalau Indonesia mempunyai potensi besar di olahraga ini. Pernyataan ini sendiri muncul setelah timnya bertemu Timnas di babak fase group AFF 2018. Ketika itu alasannya mengungkapkan hal tersebut adalah lantaran banyak punggawa muda Tim Merah Putih yang berbahaya. Melihat hal itu, agaknya memang bukan sesuatu salah. Pasalnya, selain dia juga banyak pelatih dunia memuji kualitas pesepakbola Indonesia.

Luis Milla ungkapkan potensi besar anak muda tanah air

Milla [Sumber Gambar]
Masih terkait hal ini, mantan pelatih Timnas yang sempat membawa Spanyol Juara Euro U-21, juga mengutarakan bagaimana optimisme-nya terhadap sepak bola nasional. Ketika itu, Luis Milla menyoroti penampilan para punggawa Timnas U-16 yang meski gagal di Piala Asia, tapi dinilainya merupakan masa depan cerah untuk sepak bola Indonesia. Selain itu, ia juga sempat berujar kalau Indonesia kini berada di jalur yang tempat dengan deretan pemain muda bertalenta. Meski dianggap hebat, namun masih ada banyak hal yang harus disempurnakan dari talenta itu, terkhusus masalah kontrol dan passing.

Pujian juga diberikan oleh Legenda Juventus

Del Piero [Sumber Gambar]
Selain beberapa tokoh tadi, Legenda Juventus yakni Alessandro Del Piero juga mengungkapkan hebatnya sepak bola Indonesia. Saat itu ketika datang ke wilayah Medan, pemain dengan tendangan bebas akurat itu, berujar kalau hasrat suporter sepak bola Indonesia luar biasa. Melansir laman Kompas.com, pria Italia itu juga mengungkapkan kalau Indonesia mempunyai pemain-pemain muda yang mempunyai talenta bagus. Del Piero sendiri datang ke Indonesia pada bulan Mei lalu. Saat ia diundang presiden Pro Duta Sihar Sitorus untuk mencari bakat-bakat hebat di Medan.

BACA JUGA: Mengejutkan! 5 Pemain Sepak Bola Indonesia Ini Ternyata Jebolan Manchester United

Melihat beberapa hal tadi, agaknya bisa dibilang kita mempunyai bahan baku (baca: aset) untuk ke depan menjadi lebih baik lagi. Tapi, hal itu dapat tercipta kalau talenta itu dibina dengan baik. Selain, itu sikap selalu optimisme terhadap sepak bola Indonesia juga merupakan hal yang baik untuk perkembangan olahraga ini.