Kondisi psikologis seringkali diremehkan di Indonesia, seperti halnya grogi berlebihan hingga banjir keringat ketika bertemu orang baru atau lebih senang nonton bioskop sendirian. Padahal, dua hal tersebut bukan hal yang mengejutkan untuk seorang introvert—yang mana mereka lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah dan menikmati kebebasan dengan diri sendiri.

Bukan hanya orang biasa saja yang tergolong sebagai seorang introvert, para artis yang seringkali menyapa ribuan bahkan jutaan fans-nya juga ada, lho! Contohnya saja, 6 artis Indonesia ini. Meski cukup terkenal, mereka membagikan pengalamannya yang deg-degan setengah mati ketika akan bertemu orang baru.

Raditya Dika, panik saat berada di keramaian

Tak bisa membayangkan seorang Raditya Dika mengalami serangan panik saat akan manggung membawakan punch line-nya dalam stand up comedy. Namun, pada akhirnya ia selalu melakukan kegiatan melucunya dengan baik. Ternyata, sindrom berkeringat dan panik saat berada di keramaian dan akan bertemu orang baru dialami oleh seorang Raditya Dika.

“Aku dari kecil itu enggak punya teman, karena aku anaknya susah bergaul. Kalau ketemu orang baru atau lagi di keramaian tuh suka keringatan terus cemas. Kadang aku juga enggak tahu kalau lagi berhadapan sama orang tuh harus kaya gimana,” ungkap Raditya Dika, dikutip dari video dalam kanal YouTube Ricis TV.

Maudy Ayunda, lebih suka habiskan waktu di rumah dengan membaca buku

Berbeda dari rekan selebriti seumurannya, Mikha Tambayong, atau Nikita Willy yang memiliki geng artisnya, Maudy Ayunda tampak tak pernah hang out bersama rekan sesama profesi. Paling-paling hanya jika diperlukan promosi film atau lagu terbarunya. Dilansir dari akun instagramnya, teman yang sering diunggah fotonya oleh Maudy hanya Patricia Davina, bukan dari kalangan artis.

Maudy Ayunda lebih suka habiskan waktu di rumah [sumber gambar]
Ternyata, Maudy Ayunda juga seorang introvert. Hal tersebut berkali-kali diungkapkannya, dalam wawancara maupun instagram stories-nya. Ia juga mengaku bahwa dirinya lebih nyaman menghabiskan waktu di rumah, membaca buku atau melakukan hal lainnya. Berkencan dengan pacarnya yang super wow juga kadang-kadang ia lakukan di rumah.

Tulus dan Reza Rahadian, sama-sama pernah jadi korban bullying

Penyanyi dan aktor hebat sekelas Tulus dan Reza Rahadian pernah di-bully? Pasti pelakunya menyesal setengah mati sekarang. Tulus menceritakan kisahnya karena bertubuh besar hingga dijauhi teman-temannya dalam lagunya yang berjudul Gajah. Sempat merasa minder, Tulus tak punya banyak teman ketika dirinya masih kecil.

Tulus dan Reza Rahadian jadi korban bullying waktu kecil [sumber gambar]
Begitu pula Reza Rahadian, lahir dari orang tua blasteran dirinya juga dijauhi teman-teman, lho. Ditambah lagi, dirinya yang kutu buku juga dianggap aneh dan menjijikkan oleh kawan seusianya. Tak ayal, hingga detik ini, Reza Rahadian tak membuka akun instagram pribadi, tak pernah juga hang out dengan teman-teman artisnya jika tak ada acara tertentu.

Isyana Sarasvati, histeris ketika Nino RAN datang ke rumahnya

Sama seperti Maudy Ayunda, Isyana Sarasvati juga lebih suka menghabiskan waktu di rumah. Katanya, jika teman-temannya bisa diajak bermain di rumah, buat apa hang out di mall atau tempat ramai lainnya. Beberapa waktu lalu, Isyana berulang tahun ke-26, teman-teman satu geng baik dari kalangan artis atau bukan pun berkumpul di rumahnya.

Vidi Aldiano, Afgan, Gamaliel dan Audrey Tapiheru GAC pun tampak dalam acara surprise party tersebut. Ketika Nino RAN datang belakangan, Isyana tampak terkejut sampai lompat-lompat. Hal tersebut dikarenakan, ia tak menyangka ternyata memiliki teman sebanyak itu. Ya, teman kurang dari 10 sudah dianggap banyak oleh Isyana karena ia tak pernah memiliki geng sejak kecil.

Abimana Aryasatya, sempat tak bisa syuting karena grogi berhadapan dengan kamera

Sulit dipercaya, aktor sekelas Abimana Aryasatya grogi berhadapan dengan kamera. Padahal, dilihat dari diskografinya, sudah ada lebih dari 10 film, iklan, dan berbagai macam karya lainnya yang dibintanginya.

Abimana Aryasatya sempat takut kamera [sumber gambar]
Awal mula Abimana berkarier sebagai aktor, ia sempat tak bisa melanjutkan syuting gara-gara grogi di depan kamera. Namun, lama-kelamaan hal tersebut bisa ia atasi. Ketika gala premiere film beda lagi ceritanya, ia juga tak bisa menahan deg-degannya yang setengah mati karena dikerumuni banyak orang.

BACA JUGA: Iqbaal Ramadhan dan 3 Artis yang Peduli Kesehatan Mental, Bisa Berujung pada Bunuh Diri!

Aktor, penyanyi, dan public figure sekelas 6 sosok di atas memang sulit banget dipercaya memiliki jiwa yang introvert. Namun, beruntung mereka bisa mengatasinya ketika tengah menjadi sosok yang profesional.