Siapa sih yang enggak kenal Reza Rahadian? Aktor yang namanya besar setelah membintangi film Habibie & Ainun tersebut benar-benar menjadi pemain film paling digilai di Indonesia. Meskipun kelasnya sudah setara dengan aktor-aktor senior macam Tio Pakusadewo atau Lukman Sardi, Reza Rahadian enggak segan untuk mengambil peran-peran minor dalam film, loh!

Hal tersebut membuatnya pantas disebut sebagai Johnny Depp-nya Indonesia. Seperti yang banyak orang tahu, Johnny Depp yang memang ikonik dengan karakter Kapten Jack Sparrow di Pirates of The Caribbean juga sukses memerankan banyak peran lainnya. Sekian hal di bawah ini membuktikan bahwa Reza Rahadian juga bisa memerankan banyak karakter dalam film-filmnya.

Image Habibie yang diperankannya hilang ketika menjadi HOS Tjokroaminoto

Bukan hanya Habibie & Ainun, film mengenai sosok yang pernah dimainkan oleh Reza Rahadian. Ia juga pernah memerankan HOS Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Sosrokartono (kakak Kartini) dalam film Kartini, juga Donald Pandiangan dalam film 3 Srikandi. Biasanya, setelah memerankan satu karakter yang kuat, seorang aktor akan susah dilupakan image-nya dalam film tersebut.

Reza Rahadian as Habibie vs Tjokroaminoto [sumber gambar]
Contoh saja image Cinta yang ada dalam diri Dian Sastrowardoyo. Meski ia bisa memerankan segala karakter dengan baik, tapi image Cinta tak bisa hilang. Berbeda dengan Reza Rahadian yang dapat memerankan 4 karakter sosok nyata di Indonesia, tanpa sedikit pun menyisakan image dari karakter sebelumnya.

Bertransformasi dari karakter komedi ke serius dalam tahun yang sama

Pada tahun 2016, Reza Rahadian bermain dalam 5 judul film; Talak 3, 3 Srikandi, My Stupid Boss, {rudy habibie}, dan Terpana. Dua film ikonik dalam tahun tersebut merupakan My Stupid Boss dan {rudy habibie}. Meski tayang dalam tahun yang sama, Reza Rahadian benar-benar bisa membangun karakter dua film tersebut dengan baik.

Reza Rahadian di film My Stupid Boss dan Rudy Habibie [sumber gambar]
Bisa bayangin enggak sih, butuh proses berapa lama untuk bertransformasi dari satu karakter ke karakter yang lain? Peran culun Reza Rahadian di My Stupid Boss benar-benar intens dan jauh dari peran yang biasa ia mainkan. Tak lama kemudian, film {rudy habibie} muncul dan Reza kembali menjadi Habibie yang ikonik.

Karakter minor yang tak segan Reza Rahadian mainkan

Mungkin selama ini Sahabat Boombastis hanya ngeh Reza Rahadian memainkan peran utama dalam film. Padahal, ia tak segan, lho, menjadi karakter utama kedua bahkan peran minor dalam sebuah film. Contohnya saja, ketika ia menjadi Remy di film Perahu Kertas atau Soleh di film Tanda Tanya.

Karakter minor Reza Rahadian di film Perahu Kertas dan Tanda Tanya [sumber gambar]
Ia berhasil mencuri perhatian dengan hanya menjadi karakter utama kedua, loh. Belum lagi perannya di film Queen Bee sebagai Braga, man from somewhere dalam film Terpana, serta Nugroho pada film Kirun + Adul. Hal tersebut tentu menunjukkan profesionalitas Reza Rahadian dalam dunia seni peran.

Sempat dibayar dengan “harga teman”

Semirip apapun dengan Johnny Depp, Reza Rahadian tetaplah Reza Rahadian. Hal ini pula yang membuktian perbedaan keduanya. Reza Rahadian pernah membintangi sebuah film, menjadi aktor utama tetapi tak dibayar dengan harga biasanya. Bahkan, sang penulis novel yang diadaptasi ke dalam film, Leila S. Chudori menyatakan projek tersebut merupakan produk dari diskusi antar teman.

Reza Rahadian as Biru Laut in Laut Bercerita [sumber gambar]
Reza Rahadian yang berperan sebagai Biru Laut dalam film pendek Laut Bercerita tersebut dibayar dengan “harga teman.” Sedangkan berdasarkan berbagai sumber, Johnny Depp merupakan salah satu aktor Hollywood yang dirasa dibayar terlalu mahal. Ia bahkan sempat menunggak memberikan gaji kepada pengawalnya, loh.

BACA JUGA: Reza Rahadian Mendadak Jadi Dosen Tamu, Netizen Rela Lakukan 10 Hal Ini!

Profesionalisme Reza Rahadian dalam menjalani profesinya memang patut diacungi jempol. Semua film yang dimainkannya hingga saat ini belum pernah menjadi karya yang tak laris dan ditunggu-tunggu. Tak ayal jika Reza Rahadian kini menjadi salah satu aktor Indonesia yang dibayar dengan harga tinggi juga setara dengan aktor-aktor senior yang telah memulai debutnya bertahun sebelum dirinya. Terlebih lagi, Reza Rahadian kini tengah mempersiapkan film terbarunya yaitu Twivortiare, yang diadaptasi dari novel Ika Natassa.