Belum lama ini, Ariel NOAH dikabarkan menyusul Pevita Pearce yang sedang liburan ke Turki. Ariel NOAH membawa serta anak semata wayangnya, Alleia Anata Ilham dan keluarganya berlibur ke perbatasan Asia dan Eropa tersebut. Beberapa hari sebelumnya Pevita Pearce tampak naik pesawat menuju Turki.

Bukan hanya Ariel dan Pevita saja yang telah mengunjungi Turki, beberapa artis Indonesia lainnya seperti Luna Maya, Ayu Ting Ting, serta selebgram dan influencer sekelas Ayla Dimitri dan Jovi Adhiguna Hunter juga habis berkunjung ke sana. Memangnya ada apa sih di Turki, kok banyak sekali seleb pergi ke sana?

Museum Hagia Sophia, tempat para Muslim dan Kristiani bertemu

Bagi Sahabat Boombastis yang sudah nonton film 99 Cahaya di Langit Eropa pasti ngeh dengan tempat satu ini. Ya, dalam sebuah adegan Hanum (Acha Septriasa) bertemu dengan kawannya, Fatma Pasha (Raline Shah), mereka pergi ke sebuah museum di mana ornament Islam dan Kristen terpahat dalam satu gedung.

99 Cahaya di Langit Eropa adegan di Hagia Sophia [sumber gambar]
Tempat itulah yang dinamakan Hagia Sophia. Dulunya, tempat ini merupakan gereja di masa Byzantium Roma, lalu berubah fungsi menjadi sebuah masjid oleh sang penakluk Konstantinopel. Akhirnya, kini Hagia Sophia menjadi sebuah museum. Banyak jemaat yang ingin beribadah di tempat ini, tetapi sudah tak lagi diperbolehkan karena fungsinya hanya sebagai museum.

Jalanan estetik untuk foto ootd

Turki merupakan negara yang ramah untuk pejalan kaki. Trotoarnya cukup lebar dan tak perlu saingan dengan sepeda motor seperti di Jakarta. Selain itu, banyak jalanan yang berupa gang-gang—yang tak dilewati kendaraan, sehingga pengunjung yang datang dapat berdiri di tengah dan mengambil pose cantik.

OOTD di Jalanan Turki [sumber gambar]
Hal ini dilakukan oleh Luna Maya di sekitar Galata Kulesi atau Menara Galata. Selain itu, influencer Ayla Dimitri dan Cindy Karmoko juga mengambil foto ootd di depan sebuah kios buah. Meski hanya sebuah kios, penataan kota Istanbul, Turki ini benar-benar surga bagi pengguna instagram yang hobi foto ootd.

Balon udara di Kapadokia

Mengunjungi Turki berarti tidak boleh melewatkan kesempatan untuk naik balon udara. Jangan hanya membayangkan Sherina menyanyikan “langit biru, awan putih, terbentang indah, lukisan Yang Kuasa,” tapi harus mencoba sensasi terbang dengan balon udara.

Ayu Ting Ting naik balon udara di Turki [sumber gambar]
Ayu Ting Ting saja mengaku pegangan erat-erat ketika naik salah satu balon udara di Kapadokia. For your information (FYI), Kapadokia ini kawasan bertebing. Banyak banget batu di sana sehingga pemandangannya sangat memanjakan mata. Mungkin kalau di Indonesia, seperti Pantai Tanjung Tinggi di Belintung atau Raja Ampat kali, ya, banyak batu~

Surganya karpet dengan nuansa Timur Tengah

Belanja karpet di pinggir jalan selalu diklaim penjualnya dengan “buatan Turki.” Tentu, datang ke pabriknya langsung bisa memuaskan hasrat belanja artis Indonesia akan selembar karpet. Mulai dari motif, ketebalan, hingga rumbai yang unik lengkap di sini.

Berburu karpet di Turki [sumber gambar]
Geng influencer Jovi Adhiguna Hunter beberapa hari lalu mengunjungi Galerie Ikman. Entah berapa lembar karpet yang diborong mereka, 8 model, selebgram, sekaligus influencer ini lalu mempergunakan kesempatannya untuk foto ala sampul majalah. Hasilnya? Ciamik tenan!

BACA JUGA: Momen-momen Ariel NOAH dan Pevita Pearce Saat Tercyduk, Netizen Kasihan Sama Luna Maya

Bagi Sahabat Boombastis yang memang senang foto-foto dan memanjakan mata, Turki memang negara Asia-Eropa yang cocok untuk didatangi. Tak hanya bawa pulang bahan untuk feeds instagram, tapi juga bisa wisata religi ke beberapa tempat seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, atau masjid-masjid di sekitaran Kota Konya.