Karakter Nagini alias ular Lord Voldemort yang menyeramkan dalam seri Harry Potter menjadi musuh bebuyutan para pecintanya. Selain karena ia sangat menyebalkan, mengabdi penuh pada Lord Voldemort, juga membunuh banyak karakter yang jadi favorit semua orang, termasuk Severus Snape.

Namun, dalam sekuel Harry Potter yang terbaru, yaitu Fantastic Beast and Where to Find Them: The Crimes of Grindewald, karakter Nagini tiba-tiba menjadi favorit semua orang. Mengapa begitu? Seperti yang telah diulas Boombastis.com sebelumnya, Nagini ternyata seorang manusia, cantik lagi!

Tweet JK Rowling tentang Nagini [sumber gambar]
Berdasarkan cuitan JK Rowling di twitter, Nagini merupakan seorang maledictus alias perempuan yang dikutuk menjadi monster selama hidupnya. Maledictus juga tidak bisa dilatih perubahannya, seperti animagus, tetapi biasanya terjadi karena keturunan. JK Rowling sendiri menciptakan karakter Nagini terinspirasi dari mitologi Indonesia, yaitu ular naga. Potterhead alias pecinta Harry Potter dari Indonesia pun heboh mendengar kabar ini. Telisik demi telisik, Boombastis.com mendapat informasi dari netizen bahwa ada dua orang aktris Indonesia yang sempat ikut casting di London bersama sutradaranya, tetapi akhirnya tak lolos karena alasan yang tak membuat emosi. Sehingga, peran Nagini pun jatuh ke tangan Claudia Kim, aktris asal Korea Selatan.

Pengakuan Acha Septriasa di Instagram [sumber gambar]
Aktris pertama yang mendapat kesempatan emas tersebut adalah Acha Septriasa. Sejak 7 bulan yang lalu, Acha sudah memberikan spoiler bahwa Nagini sebenarnya adalah manusia, hanya saja, banyak orang Indonesia yang enggak ngeh dan mengikuti instagram aktris 29 tahun ini. Lewat sebuah postingan di instagram, Acha bercerita bagaimana ia mendapatkan casting dari casting director terkenal di London, Fiona Weir. Ia pun menceritakan bagaimana langkah-langkah mengunduh naskah yang diberi kata sandi—yang hanya bisa diakses oleh mereka yang mendapatkan email. Acha tak bisa mendeskripsikan betapa beruntungnya ia kala itu. Sudah casting berbulan-bulan, ia akhirnya tak mendapatkan kesempatan tersebut karena Acha tengah mengandung Bridgia Kalina Kharisma—si jabang bayi selama 7 bulan.

Sayang sekali, padahal aktris sekelas Acha Septriasa bisa mendapat kesempatan bermain bersama Jude Law, Johnny Depp hingga Ezra Miller, merupakan sebuah prestasi besar. Bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga Indonesia. Ternyata, Acha Septriasa bukan satu-satunya aktris Indonesia yang mendapat panggilan casting untuk karakter Nagini. Aktris kedua adalah Cinta Laura. Berkarir di Amerika Serikat membuat dirinya banyak dilihat oleh rumah produksi dunia dengan sudut pandang “aktris Indonesia yang go international.” Berperan sebagai pemeran utama dalam film Nanny Surveillance membuat dirinya memiliki nilai plus untuk dipanggil sebagai calon pemeran karakter Nagini. Namun sayang sekali, ia juga tak berhasil mendapatkan peran yang “dibenci jadi cinta” oleh mayoritas pecinta Harry Potter.

Cinta Laura failed to cast as Nagini [sumber gambar]
Alasan Cinta gagal mendapatkan karakter Nagini untuk diperankannya ditulis oleh Kompas.com pada 28/9. Katanya, karena aku terlalu muda. I see why, karena waktu aku audisi aku umur 23, dan sekarang yang dapat peran Nagini itu umurnya 33, beda 10 tahun,” ungkap Cinta Laura kepada entertainment.kompas.com. Selain itu, perempuan blasteran Jerman ini juga menyatakan bahwa aksen berbahasa Inggrisnya merupakan faktor kedua mengapa ia tidak terpilih menjadi pemeran karakter Nagini. Seperti yang sudah kita tahu, gaya bicara Cinta Laura memang unik. Ia tidak bisa menghilangkan aksen Inggris-Amerika-nya ketika berbahasa Indonesia. Karena film Fantastic Beast and Where to Find Them: The Crimes of Grindewald memiliki latar tempat di Inggris, sehingga ia diharuskan bisa mengganti aksen Amerikanya dengan aksen Inggris yang kental.

Fantastic Beast Cast [sumber gambar]
Cinta Laura menyatakan bahwa hal ini tidaklah mudah, sehingga wajar saja jika ia tersingkir dari jajaran aktris yang tengah casting untuk berebut peran Nagini. Meskipun begitu, ia sudah cukup puas dan bangga karena telah mendapatkan kesempatan ini, sang casting director, Fiona Weir pun mengungkapkan bahwa Cinta Laura memiliki potensi yang lebih jika ia mau mengasahnya lagi. Cinta sendiri menyimpan hal tersebut sebagai cambuk semangatnya dikala sedang merasa putus asa. Sayang banget, ya, padahal bakalan epic nih kalau ada aktris Indonesia yang main bareng Jude Law atau Johnny Depp di sekuel film yang paling dicintai oleh orang di seluruh dunia.