Categories: Trending

Sejak Kecil Kita Dibohongi Tentang 5 Hal Ini

Ternyata banyak hal sederhana yang pada kenyataannya berbeda dari yang kita pahami loh. Mungkin hal-hal yang diajarkan dan diberitahukan kepada kita itu adalah hasil penelitian jaman dulu yang belum di-update.

Baca Juga : 5 Kisah Anak Dibesarkan Oleh Binatang Ini Beneran Terjadi

Seiring dengan berkembangnya waktu, ternyata ada banyak hal yang secara ilmiah tidak terbukti, bahkan bisa dianggap kebohongan. Apa saja? Ini dia!

1. Panca Indera

Sekolah selalu mengajarkan bahwa manusia mempunyai 5 indra, yaitu: penciuman, pendengaran, perasa (lidah/mulut), sentuhan, dan penglihatan. Hal ini bahkan sudah tertanam dengan dalam pada pemahaman kita.

Panca Indera [ImageSource]
Tapi menurut penelitian, kita sebenarnya memiliki lebih dari 20 indra. Antara lain: lapar, haus, tekanan (pressure), keseimbangan, akselerasi, waktu, dan sakit. Tapi semua hal ini tergantung pada cara kita memandang faktor-faktor yang ada.

2. Bunglon

Kita selalu mengira bahwa bunglon merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan tempat ia berada. Tetapi penelitian terbaru membuktikan bahwa bunglon berubah warna karena temperatur, dan siklus birahinya.

Bunglon [ImageSource]
Sebagai contoh, mereka berubah warna dari terang ke gelap untuk menyerap lebih banyak panas sehingga tubuhnya bisa tetap hangat.

3. Permen Karet

Masih ingat, dulu orang tua melarang kita menelan permen karet karena katanya bisa menyebabkan kematian. Permen karet bisa nyangkut di tenggorokan dan menyebabkan tercekik. Atau akan tinggal di dalam perut selama lebih dari 7 tahun, karena enzim di dalam perut tidak bisa mencernanya.

Permen Karet [ImageSource]
Sebenarnya, fakta itu ada betulnya juga sih. Enzim memang tidak bisa mencerna bahan “karet” yang merupakan bahan dasarnya, tetapi permen tak akan tinggal di dalam perut. Ia akan keluar secara normal, tetapi memang dalam bentuk utuh, tidak tercerna. Meskipun menelan permen karet itu tidak berbahaya, kami tidak menganjurkannya loh!

4. Gravitasi di Luar Angkasa

Banyak orang percaya bahwa gravitasi tidak ada di luar angkasa. Hal ini sebenarnya keliru karena sebenarnya luar angkasa pun memiliki gravitasi, hanya saja tingkat kekuatannya sangat kecil jika dibangkitkan dengan yang berada di bumi.

Gravitasi di Luar Angkasa [ImageSource]
Gravitasi di luar bumi ini sangat berperan penting dalam menjaga bulan agar tetap berada dalam orbitnya. Seandainya tidak ada, bulan pasti akan terpisah dengan bumi.

5. Manusia Berasal dari Simpanse

Teori evolusi yang mengatakan bahwa simpanse adalah nenek moyang manusia, adalah teori yang keliru. Memang harus diakui, manusia memiliki beberapa persamaan dengan simpanse, tetapi hal ini bukanlah bukti bahwa manusia merupakan hasil evolusi dari monyet.

Manusia Berasal dari Simpanse [ImageSource]
Fakta ilmiah membuktikan bahwa manusia dan simpanse memiliki “nenek moyang” atau sumber yang sama. Sumber inilah yang kemudian menciptakan dua jalur evolusi yaitu jalur manusia, dan jalur simpanse. Dan sumber ini berasal dari 6,5 juta tahun yang lalu. Manusia dan simpanse berasal dari keluarga taxonomic yang sama, tetapi manusia bukanlah hasil evolusi dari monyet.

Baca Juga : Nostalgia 7 Permainan Anak Kecil Tempo Dulu Yuk!

Wah asik juga ya mempelajari beberapa fakta yang selama ini tidak kita sadari. Ada komentar? Silahkan posting dibawah ini yaa!

Share
Published by
Norman Duarte

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago