Caranya yang kasar dalam memperlakukan masyarakat, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) banyak dibenci semua orang. Sebenarnya kita tahu kalau tujuannya baik, tapi cara mereka menegur itulah yang bikin ilfeel. Jadi enggak heran kalau Satpol PP hingga kini masih dipandang sebelah mata oleh warga kebanyakan.

Di samping itu, ternyata masih ada anggota Satpol PP yang mempunyai hati mulia. Di mana sifatnya terlihat berbeda jauh dengan Satpol PP seperti yang kita lihat pada umumnya. Seperti di bawah ini yang tentunya membuat kita jadi berubah pikiran tentang Satpol PP.

Membantu ibu-ibu yang pingsan

Salah satu aksi terpuji yang dilakukan oleh Satpol PP adalah membantu ibu-ibu pingsan di jalan. Dilansir dari akun instagram @dkiinfo, ada beberapa anggota Satpol PP dengan sigapnya membantu menggendong ibu-ibu tersebut dan membawanya ke dalam mobil.

Mereka berencana membawa ibu yang pingsan di JPO CIMB Niaga, Kecamatan Kebayoran Baru tersebut ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Tujuannya ya supaya ibu-ibu itu bisa mendapatkan perawatan dan sehat kembali seperti semula. Wah, sungguh mulia ya hati dari bapak-bapak anggota Satpol PP ini.

Anggota Satpol PP memperbaiki fasilitas publik yang jadi target aksi pengrusakan

Aksi vandalisme atau pengrusakan fasilitas publik sudah terjadi di mana-mana. Salah satunya adalah di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Akibatnya, kursi yang ada di pinggir jalan mengalami kerusakan parah. Dari cat yang mengelupas hingga beberapa bautnya lepas. Nah, dari sini, Anggota Satpol PP kawasan Bukittinggi berinisiatif untuk memperbaiki fasilitas publik tersebut agar dapat digunakan kembali.

Satpol PP perbaiki fasilitas umum [Sumber Gambar]
Tapi, tak hanya itu, Anggota Satpol PP juga akan menjaga fasilitas publik setelah diperbaiki dengan cara mengawasi penggunaannya secara ketat. Supaya tidak ada lagi tangan-tangan jahil yang merusak fasilitas umum.

Membelikan baju dan makan untuk anak gelandangan

Salah satu musuh terbesar dari Anggota Satpol PP adalah pengemis dan gelandangan. Biasanya, Anggota Satpol PP akan menarik mereka dengan kasar ke truk untuk dibawa ke kantornya. Namun, beda halnya dengan Anggota Satpol PP Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur ini.

Membelikan baju dan makanan [Sumber Gambar]
Mereka malah memperlakukan anak gelandangan ini dengan baik. Para Anggota Satpol PP tersebut membelikan anak gelandangan makanan dan juga pakaian. Setelah itu, mereka membawa anak terlantar ini ke panti sosial agar tidak sendirian lagi di jalanan. Duh, benar-benar salut deh dengan bapak-bapak ini.

Melakukan gerakan kebersihan bersama masyarakat sekitar

Di Bulan Februari lalu, Anggota Satpol PP Kota Denpasar melakukan gerakan kebersihan dengan menggandeng masyarakat dan organisasi perangkat daerah. Mereka melakukan ini sebagai bentuk sosialisasi menjaga kebersihan dan bebas dari sampah plastik. Pasalnya, pengurangan sampah plastik sudah tercantum dalam Perwali Nomor 36 Tahun 2018.

Anggota Satpol PP bersih-bersih [Sumber Gambar]
Selain itu, Anggota Satpol PP melakukan tindakan positif ini untuk menyambut HUT Denpasar. Sehingga, Denpasar tidak hanya sekedar bertambah umur. Tapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

BACA JUGA : Tak Terima Ditindak Polisi, Anggota Satpol PP Ini Langsung Buang Surat Tilangnya

Dari ulasan di atas, sudah bisa disimpulkan kalau Anggota Satpol PP tidak semuanya berperilaku buruk. Masih banyak juga yang berhati tulus untuk membantu sesama dan juga lingkungan. Jadi, apa anggapan Sahabat Boombastis ke Anggota Satpol PP akan berubah setelah membaca ulasan di atas?