Akhir-akhir ini memang berbagai modus kriminal sedang ramai dibicarakan. Mulai dari yang model jadul seperti mama minta pulsa, hingga penipuan terbaru enggan modus online shop. Yang jelas hal ini membuat kita jadi mesti tambah waspada saat melakukan kegiatan jual beli atau pergi keluar rumah. Kalau merasa ada yang aneh segeralah lapor pihak berwajib.

Bicara soal masalah penipuan, ada satu lagi dugaan penipuan baru yang ramai di masyarakat. Bagaimana tidak pasalnya penipuan yang satu ini menggunakan modus pura-pura pingsan. Alhasil banyak orang yang mengaku tertipu juga akan cara baru ini. Lalu seperti apa selengkapnya, simak ulasan berikut.

Muncul modus penipuan baru dengan pura-pura pingsan

Memang sekarang ini yang namanya penipuan sangat rawan terjadi. Berbagai upaya dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain. Mulai dari telepon berhadiah, mama minta pulsa dan lain-lain. Namun kali ini ada sesuatu yang baru, yaitu dengan cara pura-pura pingsan.

Pura-pura pingsan [sumber gambar]
Modusnya cukup menarik karena jarang sekali ditemui. Ya, oknum yang tidak diketahui namanya diduga melakukan penipuan oleh netizen lantaran pingsan di jalanan dan akhirnya meminta uang sumbangan. Hal inilah yang sempat bikin gedek netizen, modusnya si pelaku bercerita kalau berjalan dari kota yang jauh demi mencari sanak saudara kemudian kelelahan.

Tidak hanya terjadi di satu tempat namun beberapa titik lainnya

Siapa sangka kalau kejadian ini tidak hanya terjadi sekali dalam satu tempat saja. Melainkan ada di beberapa daerah di Indonesia. Uniknya, kebanyakan dari aksi yang ditemui oleh netizen ini dilakukan oleh pelaku yang sama namun dengan motif cerita yang berbeda.

Ditemui di berbagai tempat [sumber gambar]
Semisal seperti yang diunggah oleh akun FB bernama Rizky Tika Pratiwi dimana diketahui kalau orang yang diduga oknum penipu ini berada di Jogja dan pingsan karena kelelahan selama perjalanan menuju Riau. Di sanalah banyak orang yang menolongnya dan tentu memberikan sumbangan. Namun masih belum ada informasi resmi dari pihak berwajib apakah benar ini adalah sebuah penipuan.

Ternyata ditemukan kalau sudah beberapa kali ke dinas sosial

Uniknya dari modus yang satu ini, saat dibuka tas yang dibawa ternyata beberapa netizen menjelaskan kalau orang membawa dokumen dari dinas sosial. Hal hasil muncul dugaan kalau sebenarnya pria ini sudah keluar masuk dinas sosial. Pun demikian netizen juga sempat mengungkapkan kalau saat diminta bantuan oleh polisi dan orang dinas sosial untuk mengantarkan pulang, dirinya tidak mau.

komen netizen [sumber gambar]
Alhasil semakin tinggi kecurigaan dari netizen kepadanya. Hal yang jadi perhatian lagi, setiap kota yang sempat disinggahinya alasan yang dikemukan pun berbeda. Semisla di kota A mengaku mencari kakek maka di kota B malah mencari istri.

Kalau menengok kebelakang ada kasus yang hampir mirip

Jika mengengok ke belakang mungkin kita akan sadar kalau sempat ada kasus serupa yang hampir mirip. Ya seperti yang dilansir dari Merdeka, ada sebuah modus pura-purang pingsan yang sempat bikin geger. Namun bedanya, kalau dulu si pelaku seolah-olah tertabrak oleh kita, dan selanjutnya meminta ganti rugi dengan angka yang luar biasa.

Ilustrasi penipuan [sumber gambar]
Atau kadang si pelaku membawa komplotan lain untuk lebih meyakinkan untuk menyalahkan korban agar mau ganti rugi. Tak jarang pulang tindak perampasan atau penodongan juga mengikuti di belakangnya hanya untuk dapat menguras harta.

Masih belum ada keterangan terkini dari pihak berwajib, namun adanya postingan di media sosial ini tentunya harus membuat kita hati-hati. Terutama saat menolong orang, meski lebih waspada. Bukannya apa, menolong orang memang sebuah kewajiban, namun kewaspadaan penting agar kita tidak jadi korban.