Kabar gembira bagi para fans K-Pop tanah air. Setelah kantor agensi SM Entertainment, salah satu label terbesar di Korea Selatan—yang menaungi boy group Super Junior, SHINee, EXO, hingga NCT, juga girl group SNSD dan Red Velvet, membuka cabang di Jakarta, kini giliran para artisnya berkolaborasi dengan musisi Indonesia.

Dikutip dari akun twitter @KoreanUpdates, SM Entertainment bekerja sama dengan Transmedia untuk mewujudkan kolaborasi antara Korea Selatan dan Indonesia dalam dunia showbiz. Rossa, adalah penyanyi Indonesia pertama yang dikabarkan akan berkolaborasi dengan Leeteuk Super Junior, dan katanya akan merilis karya pertengahan tahun 2019. Kira-kira, siapa lagi yang diharapkan bakal menyusul Rossa dan Leeteuk, ya?

Via Vallen x TVXQ, pernah memberikan spoiler

Beberapa bulan lalu, setelah namanya viral di seluruh Asia gara-gara Asian Games 2018, Via Vallen membocorkan projek terbarunya. Ia menyebut akan berkolaborasi dengan idol K-Pop yang lebih senior daripada Super Junior—yang berarti, penyanyi Negeri Ginseng yang akan duet dengan Via adalah generasi pertama.

Jika Via Vallen dan TVXQ berkolaborasi [sumber gambar]
Nama-nama seperti Shinhwa, Sechskies, hingga H.O.T telah diprediksikan oleh netizen, yang juga telah diulas oleh Boombastis.com. Namun, tak menutup kemungkinan juga TVXQ yang berada di tengah-tengah generasi pertama dan kedua, juga memiliki fans terbanyak berdasarkan Guinness World Record.

Raisa x Taeyeon SNSD, sama-sama punya suara emas!

Sebelumnya, Raisa dan rekan satu grup Taeyeon, Tiffany—yang kini telah pindah ke agensi Amerika Serikat untuk bersolo karier pernah mendapat projek bersama. Keduanya bahkan disebut sangat akrab oleh fans K-Pop, hingga saling follow instagram masing-masing. Kini, setelah Tiffany SNSD hengkang dari agensi SM Entertainment, tak menutup kemungkinan,

Jika Raisa dan Taeyeon SNSD berkolaborasi [sumber gambar]
bahwa salah satu personel SNSD lainnya bakal berkolaborasi dengan Raisa—yang juga representatif sebagai penyanyi Indonesia. Satu-satunya personel SNSD yang cocok adalah Taeyeonleader sekaligus solois yang dikagumi banyak fans di Korea Selatan maupun Indonesia. Duh! Bagaiman ya kalau mereka benar-benar berkolaborasi? Ngebayanginnya saja sudah bikin merinding.

Tulus x Wendy Red Velvet, bakal bikin fans tersentuh

Dalam ulasan Boombastis.com yang berjudul 10 Kolaborasi Epic Idol K-Pop dengan Musisi Dunia, Bukti ‘Plastik’ Sudah Berkuasa, masuk dalam daftar, karya John Legend dan Wendy Red Velvet yang berjudul Written in The Stars. Bukan rahasia lagi jika John Legend merupakan penyanyi yang dapat menenangkan hati siapapun lewat suaranya.

Jika Tulus dan Wendy Red Velvet berkolaborasi [sumber gambar]
Indonesia juga memiliki penyanyi dengan suara yang menenangkan hati. Tulus salah satunya. Jika nantinya Tulus dapat digandeng oleh Transmedia, Wendy Red Velvet kemungkinan besar akan menjadi rekan duetnya. Enggak ngebayangin, nih, bakal ada Written in The Stars kedua, yang digarap oleh Tulus dan Wendy Red Velvet.

Marion Jola x EXO, ngarep dikit enggak papa kali~

Terkesan halu banget, seperti Lucinta Luna kalau kata netizen. Namun, ada beberapa hal yang mendukung kemungkinan terjadinya kolaborasi antara Marion Jola dan EXO. Pertama, Marion sudah pernah bernyanyi di panggung Korea Selatan dalam acara Mnet Asian Music Awards 2018, meski EXO tampak tak hadir.

Jika Marion Jola dan EXO berkolaborasi [sumber gambar]
Marion Jola juga memiliki suara yang powerful dan mulai belajar menari sekarang, bisa mengimbangi EXO tentu. Terakhir dan yang terpenting, Marion Jola merupakan salah satu artis fans K-Pop dan juga fasih berbahasa Korea. Bikin banyak EXO-L patah hati, sih, tapi enggak ada salahnya membuat Indonesia lebih dikenal di seluruh dunia, bukan?

Cinta Laura x Taemin SHINee x Seulgi Red Velvet, pecah banget!

Meskipun sudah jarang berkarier di Indonesia karena terikat kontrak di Amerika Serikat, Cinta Laura enggak menolak dong untuk mengharumkan nama bangsa. Buktinya saja, ajakan netizen untuk dirinya maju mengikut ajang Puteri Indonesia disambut dengan baik dan antusias olehnya, apalagi jika berkolaborasi dengan artis “interlokal” membawa nama bangsa.

Jika Cinta Laura, Taemin Shinee, dan Seulgi Red Velvet berkolaborasi [sumber gambar]
Selain Marion Jola, Cinta Laura juga salah satu penyanyi Indonesia—meski kini lebih fokus berakting, yang bisa menari. Jika ia dijajarkan dengan Taemin SHINee serta Seulgi Red Velvet, dua main dancer dari masing-masing grup, bakal seperti apa, ya, jadinya? Yang pasti pecah banget dan bikin fans K-Pop teriak-teriak sampai suaranya habis!

BACA JUGA: Wow! 4 Artis Ini Pernah Kolaborasi dengan Idol Korea, Bikin Fans K-Pop Iri Berat

Sekali lagi, daftar di atas hanyalah sebuah prediksi dan harapan, bukan pernyataan resmi baik dari Transmedia maupun SM Entertainment. Jika usai Rossa dan Leeteuk berkolaborasi dan akan dilanjutkan dengan artis-artis lain, mungkin 11 penyanyi di atas bakal bisa menyusul. Terlebih lagi, kolaborasi Rossa dan Leeteuk juga disaksikan langsung di Jakarta oleh Lee Sooman, sang CEO SM Entertainment, loh.