Semua perokok di kalangan pria pasti paham dengan merek rokok ternama macam Marlboro. Pada saat itu, keberadaannya dipopulerkan oleh seorang model bernama Robert C. Norris asal. Sebagai bintang iklan dari Marlboro, ia dicitrakan sebagai sosok ‘Marlboro Man’ yang gagah dengan setelan ala koboy.

Namun ada fakta yang menarik dari dirinya. Sebagai sosok yang mempopulerkan Marlboro lewat iklan sejak 1955 silam, Robert ternyata bukanlah sosok perokok. Ya, hal ini pun jelas sangat bertolak belakang dengan apa yang digembar-gemborkan dalam iklannya. Kisahnya pun sangat menarik untuk disimak di bawah ini.

Pria terkenal yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang peternak

Sebelum menjadi seorang bintang iklan ternama di AS, Norris berprofesi sebagai peternak yang memiliki lahan peternakan luas di wilayah Colorado, Spring. Mungkin karena gayanya sebagai peternak yang diasosiasikan berpenampilan seperti koboy, Norris kemudian ditawari untuk menjadi bintang iklan rokok Marlboro.

Sosok ‘Marlboro Man’ yang sukses mempopulerkan mereknya hingga 14 tahun lamanya

Sejak 1955, Norris menjadi bintang iklan yang mempopulerkan Marlboro ke seluruh penjuru AS. Bahkan, citranya sebagai ‘Marlboro Man’ sukses mendongkrak merek rokok tersebut ke seantero dunia pada tahun 1972. Tercatat, sebanyak 43 persen warga AS membeli Marlboro sebagai rokok utama mereka.

Bukan seorang perokok seperti yang terlihat dalam iklan yang dibintanginya

Bintang iklan rokok yang justru tak pernah merokok [sumber gambar]
Uniknya, Norris mengakui bahwa dirinya tidak pernah merokok, kecuali hanya pada saat dirinya menjadi bintang iklan bagi Marlboro. Tak hanya itu, dirinya juga kerap menasihati sang anak agar menjauhi dari yang namanya rokok. Hingga pada 1964, Norris juga sependapat dengan bahaya dari rokok setelah ahli bedah umum mengumumkan bahwa hal tersebut bisa mengganggu kesehatan.

Akui bahwa merokok adalah perbuatan yang salah hingga iklannya dihentikan

Robert C. Norris yang telah lanjut usia [sumber gambar]
Menyadari bahaya yang ditimbulkan dari rokok, larangan dan kampanye melalui televisi dan radio ke seantero AS mulai diberlakukan pada 1971. Tak hanya itu, sosok ‘Marlboro Man’ juga kena getahnya dan penayangan iklan kemudian dihentikan serentak pada tahun 1990-an.

Para bintang iklan penggantinya yang juga menyadari bahwa merokok sangat tidak berguna

Para ‘Marlboro Man’ dalam iklan dari masa ke masa [sumber gambar]
Selepas Norris, para penggantinya yakni Wayne McLaren, David McLean, Dick Hammer, Eric Lawson dan Tobin Jackson, juga menyadari betapa berbahayanya rokok meski mereka membintangi iklannya untuk promosi. Ironisnya, salah satu ‘Marlboro Man’ yang bernama David McLean meninggal karena kanker paru-paru akibat rokok yang dihisap selama pembuatan iklan.

BACA JUGA: Kenalan dengan Pria yang Jadi Model Dadakan Peringatan Bahaya Pada Bungkus Rokok

Sang ‘Marlboro Man’ kini telah tiada. Ya, Robert C. Norris tutup usia pada umur 90 tahun di Rumah Sakit Pikes Peak Hospice, Colorado Springs, Colorado, AS. Satu hal penting yang bisa kita ambil dari kisahnya di atas adalah, ternyata rokok memang sangat buruk bagi kesehatan. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?