Sebagian besar kids era ‘90an pasti pernah menunggu-nunggu iklan sabun Lux keluar setiap tahunnya. Bukan karena sabun tersebut lembut di kulit, tapi karena model-model iklannya yang selalu menyegarkan mata. Sayangnya, sekarang sudah banyak remaja yang lebih doyan mengonsumsi tayangan YouTube daripada televisi.

Sehingga, iklan-iklan yang dikomersilkan di layar kaca pun jarang diperhatikan oleh sebagian pemirsanya. Kembali lagi pada iklan sabun Lux, untuk mengembalikan rasa rindu sahabat boom alias saboom sekalian, dalam ulasan berikut ini Boombastis.com akan mengungkapkan transformasi bintang iklan sabun Lux dari zaman orok hingga sekarang. Dijamin bikin kamu senyum-senyum sendiri, deh!

1. Ira Wibowo, ikon kecantikan tahun 80an

Lux – Ira Wibowo [image source]
Meski penggunaan televisi belum merata di tahun 80an Indonesia, media pengiklanan sudah mulai bergerak. Berbagai cara mereka galakkan agar produknya bisa diketahui hingga pelosok Indonesia, seperti iklan sabun Lux ini. Selain menggandeng model-model cantik, mereka juga memasang iklannya di berbagai media cetak. Salah satunya adalah majalah, potret di atas merupakan buktinya. Menggandeng Ira Wibowo sebagai bintang iklan pertama mereka pada tahun 1986 dan berhasil membuat sosok berusia 50 tahun ini menjadi ikon kecantikan pada zamannya.

2. Desy Ratnasari, bertahan jadi bintang iklan dari 1996 hingga 2000

Lux – Desy Ratnasari [image source]
Setelah Ira Wibowo, beberapa tahun kemudian sosok kelahiran 12 Desember 1973 ini menggantikan posisinya. Tak kalah dari ikon kecantikan tahun 80an, Desy Ratnasari pun berhasil membawa kesan yang berbeda di iklan Lux tahun 1996. Buktinya pelantun Tenda Biru itu berhasil menjadi bintang iklan tersebut selama 4 tahun. Meski sekarang kita melihatnya agak kurang kekinian, namun iklan yang dibintangi Desy Ratnasari itu juga menyukseskan penjualan produknya, loh.

3. Nadya Hutagalung, pesona cantiknya bikin banyak pria nggak kuat

Posisi Desy Ratnasari yang cukup lama itu akhirnya tergeser oleh kehadiran model cantik berdarah campuran Batak dan Australia. Tahun 2000an media periklanan sudah maju sehingga para pekerjanya berjuang sekreatif mungkin untuk memperlihatkan sisi cantik, seksi, dan pure, milik Nadya Hutagalung. Meski hanya mengatakan sepatah kata “sehalus sutra,” pesona cantiknya dengan otomatis terpancar dan membius siapa saja yang menontonnya.

4. Tamara Blezynsky, bintang iklan sabun Lux terlama

Lux – Tamara Blezynsky [image source]
Ternyata bukan Desy Ratnasari dengan sepak terjang 4 tahunnya dalam menjadi bintang iklan sabun Lux. Tamara Blezynsky merupakan bintang iklan terlama produk tersebut. Pasalnya, setelah Desy, janda cantik ini menggantikan tempatnya selama beberapa tahun sebelum akhirnya bergabung dengan 4 model cantik lainnya, yaitu Dian Sastrowardoyo, Luna Maya, dan Mariana Renata pada tahun 2008.

5. Dian Sastrowardoyo, paling banyak digandrungi remaja lelaki

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta? ini menjadi bintang iklan bersama deretan artis lainnya dalam sebuah proyek yang disusun oleh tim Lux. Mereka diberi image serupa dengan produk sabun yang akan diluncurkan. Dian kebetulan menjadi karakter bak malaikat dengan pakaian serba putih serta sayapnya yang indah. Sontak saja banyak remaja lelaki yang semakin ngefans dengan Dian pasca film AADC.

6. Luna Maya, menjadi yang paling seksi di genk bintang iklan sabun Lux

Lux – Luna Maya [image source]
Bebarengan dengan Dian Sastrowardoyo tak membuat pesona Luna Maya luntur. Memiliki ciri khas sendiri-sendiri pun membantu Luna, Dian, Tamara, serta Mariana untuk bisa stand out dengan pesonanya. Luna kebetulan menjadi ikon paling seksi dengan kostum berwarna hijau dan hiasan rambut yang meriah. Meski kita melihatnya sekarang dengan kesan lebay, namun 10 tahun silam gaya ini paling hits di kalangan banyak remaja, loh. Bahkan dalam satu genk remaja saja, banyak anggota yang berebut ingin menjadi karakter Luna.

7. Mariana Renata, menghilang tanpa jejak setelah membintangi iklan sabun Lux

Lux – Mariana Renata [image source]
Berbeda dari ketiga rekannya, Mariana Renata, sosok yang paling pas ketika membintangi iklan sabun Lux ini tak begitu terdengar kabarnya setelah proyek ini selesai. Mantan pacar Nicholas Saputra ini pun tampak meninggalkan Indonesia sekarang untuk berkarir di luar negeri, tepatnya Amerika Serikat dan Prancis. Meskipun sudah tak berkarir di tanah air lagi, masih banyak pemirsa televisi yang terpikat kecantikannya sampai tak bisa lepas dari pesonanya hingga sekarang.

8. Atiqah Hasiholan, kata netizen “untung pas belum nikah”

Rupanya iklan Lux yang dibintangi oleh Atiqah Hasiholan memiliki jalan cerita yang akrab dengan kehidupan masyarakat kita sekarang. Terang saja, iklan tersebut tayang pada tahun 2012. Meskipun dalam iklan itu Atiqah tak mengatakan sepatah kata pun, pesannya ngena banget kepada pemirsa di rumah. Sehingga, banyak yang mengatakan untung belum menikah dengan Rio Dewanto, bisa-bisa cekcok tuh setelah iklannya keluar.

9. BCL, totalitas karena beradu akting bareng sang suami

Siapa di antara saboom sekalian yang merinding ketika melihat aksi BCL di iklan sabun Lux pada tahun 2016? Hal tersebut dikarenakan ketotalitasannya sangat terpancar ketika melakoni karakternya di sana. Bagaimana tidak, lawan mainnya saja suami sendiri, pasti nggak beban seperti Atiqah lah. BCL terlihat cantik dan seksi banget, ya, di iklan di atas?

10. Maudy Ayunda, bintang iklan sabun Lux paling kekinian

Lux – Maudy Ayunda [image source]
Posisi terakhir dalam jajaran model cantik iklan sabun Lux dipegang oleh Maudy Ayunda. Baru tayang 3 minggu yang lalu, iklan tersebut sudah mencuri perhatian banyak pemirsa televisi. Hal tersebut dikarenakan Maudy Ayunda sedang dalam masa come back dengan lagu barunya yang berjudul Kutunggu Kabarmu. Bagaimana pendapat kalian ketika melihat Maudy di iklan produk sabun tersebut? Hakiki, ya, cantiknya seperti Chelsea Islan.

Itulah 10 model super cantik yang digandeng oleh sabun bermerek Lux dari masa ke masa. Meski di antara mereka ada juga beberapa bintang iklan yang juga menarik hati, tapi banyak pemirsa yang setuju bahwa 10 wanita Indonesia inilah yang menjadikan produk Lux semakin laris berkat kecantikannya memainkan karakter pada setiap iklannya. Nah, setelah melihat deretan artis di atas, siapa yang paling jadi favorit kalian?