in

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Ini Fakta Pemakaman hingga Penerus Takhta

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sebelum meninggal, anggota keluarga Kerajaan Inggris berkumpul di Kastil Balmoral setelah mendapatkan kabar bahwa kondisi kesehatan Elizabeth semakin menurun. Bagaimana rencana pemakaman Ratu Elizabeth II dan siapa penerus takhta Kerajaan Inggris? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sempat sakit sebelum meninggal

Ratu Elizabeth II berada dalam pengawasan dokter kerajaan di Kastil Balmoral, yang merupakan rumah singgah ratu saat musim panas. Sebelum meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) pukul 13.30 waktu setempat, dokter kerajaan mengabari kondisi kesehatan ratu yang semakin menurun kepada anggota keluarga kerajaan. Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran Harry, dan keluarganya pun bergegas ke Kastil Balmoral.

Ratu Elizabeth II [sumber gambar]
Pihak istana menyebutkan, bahwa ratu meninggal dengan tenang di Kastil Balmoral. Mereka tidak menyebutkan secara detail penyebab meninggalnya sang ratu, misalnya karena sakit apa. Namun, ratu memang mengalami beberapa masalah kesehatan. Ratu Elizabeth II sempat masuk rumah sakit pada Oktober 2021. Hal ini menjadi masalah kesehatan ratu yang pertama sejak 2017. Akibat sakit tersebut, ratu pun membatalkan menghadiri beberapa pertemuan penting seperti KTT perubahan iklim di Skotlandia.

Rencana pemakaman Ratu Elizabeth II

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II diperkirakan akan berlangsung di Westminster Abbey dalam waktu kurang dari dua minggu. Istana Buckingham akan mengumumkan tanggal pastinya. Westminster Abbey adalah gereja bersejarah, saksi bisu berbagai acara penting Kerajaan Inggris, seperti penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953 dan pernikahan ratu dengan Pangeran Philip pada 1947. Sebelum dimakamkan, terdapat sejumlah prosesi.

Pengumuman meninggalnya Ratu Elizabeth II [sumber gambar]

Peti mati ratu masih berada di Balmoral, kemudian dalam beberapa hari ke depan akan menuju ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh, kediaman resmi raja Inggris di Skotlandia. Setelah itu, peti akan dibawa ke Katedral St. Giles untuk disemayamkan beberapa hari. Masyarakat dapat melihat peti mati ratu di katedral tersebut. Peti mati akan disemayamkan di Westminster Hall, London, selama empat hari untuk kemudian dimakamkan secara resmi. Masyarakat di Inggris dapat memberikan penghormatan terakhir pada ratu di sini.

Pangeran Charles menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris

Pangeran Charles [sumber gambar]
Pangeran Charles, anak Ratu Elizabeth II, akan meneruskan takhta Kerajaan Inggris dengan gelar Raja Charles III. Sebelumnya, Pangeran Charles bergelar Prince of Wales. Pernyataan resmi pengangkatan Raja Charles III akan segera dilaksanakan di Istana St. James. Namun, penobatan resminya mungkin baru dilakukan beberapa bulan ke depan. Sementara itu, istri Pangeran Charles yaitu Camilla, akan bergelar Queen Consort. Gelar Queen Consort otomatis diberikan kepada istri raja Inggris.

BACA JUGA: Ratu Terlama Sepanjang Sejarah, Queen Elizabeth II Pimpin Inggris Raya Selama 7 Dekade

Pemakaman resmi Ratu Elizabeth II masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Namun, masyarakat Inggris sudah berkumpul di depan Istana Buckingham semenjak pengumuman kematian sang ratu. Mereka tidak sabar menunggu untuk memberikan penghormatan terakhir kepada sang ratu.

Written by Galih Hayu

5 Fakta Santri Gontor yang Meninggal karena Penganiayaan di Pesantren

Devil's Nose, jalur kereta ekstrem di Ekuador. [Sumber Gambar]

10 Jalur Kereta Ekstrem di Dunia, Lewati Pegunungan Batu sampai Jurang