in

Ratu Terlama Sepanjang Sejarah, Queen Elizabeth II Pimpin Inggris Raya Selama 7 Dekade

Queen Elizabeth II yang kini berusia 96 tahun adalah ratu Inggris Raya. Tepatnya, pada Februari 2022, Elizabeth II merayakan Platinum Jubilee yang menandakan 7 dekade pengabdiannya pada Inggris Raya.

Elizabeth II merupakan ratu terlama yang memimpin Inggris Raya, sekaligus pemimpin kerajaan kedua terlama di dunia setelah Raja Louis XIV yang memerintah kerajaan Prancis selama 72 tahun. Bagaimana awal kehidupan Elizabeth II? Siapa penerus Elizabeth II dalam memerintah Inggris Raya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Awalnya bukan pewaris takhta utama

Elizabeth Alexandra Mary merupakan anak kedua dari pasangan Duke of York Pangeran Albert dan Lady Elizabeth Bowes-Lyon, lahir pada 21 April 1926. Lilibet, begitu nama kecil Elizabeth, awalnya bukan pewaris takhta utama. Pasalnya, Pangeran Albert adalah anak bungsu Raja George V, pemimpin Inggris Raya kala itu. Sementara itu, masih ada paman Elizabeth bernama Raja Edward III. Jika Raja George V turun takhta, maka penerusnya adalah Raja Edward III.

Ratu Elizabeth II saat melakukan tugas kenegaraan. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II saat melakukan tugas kenegaraan. [Sumber Gambar]
Namun, Raja Edward III menikah dengan orang yang bukan dari kerajaan dan berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Wallis Simpson. Raja Edward III pun turun takhta saat menikah pada 1936. Otomatis, Pangeran Albert alias ayah Elizabeth naik takhta dan menjadi Raja George VI. Sejak saat itu, sudah jelas bahwa Elizabeth adalah pewaris takhta utama Kerajaan Inggris.

Menikah dengan bangsawan Yunani

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip semasa muda. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip semasa muda. [Sumber Gambar]
Ketika Elizabeth berusia 21 tahun, ia bertunangan dengan Pangeran Philip dari Yunani yang merupakan sepupu ketiganya. Baik Elizabeth dan Philip adalah cicit Ratu Victoria dan Pangeran Albert. Kala itu, Pangeran Philip merupakan seorang letnan di angkatan laut kerajaan. Elizabeth dan Philip menikah pada 20 November 1947 di Westminter Abbey. Pasangan ini dikaruniai empat anak, yaitu Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Pernikahan Elizabeth berjalan selama 73 tahun, sampai Philip meninggal dunia pada April 2021 di usia 99 tahun.

Resmi menjadi ratu Inggris pada usia 25 tahun

Ratu Elizabeth II, pemimpin terlama sepanjang sejarah. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II, pemimpin terlama sepanjang sejarah. [Sumber Gambar]
Kesehatan Raja George VI perlahan menurun sejak 1951, atau saat usia Elizabeth 25 tahun. Sejak saat itu, Elizabeth menggantikan tugas kenegaraan Raja George VI. Sampai pada 1952, Raja George VI meninggal dunia pada usia 56 tahun karena kanker paru-paru. Elizabeth pun naik takhta Inggris dan menjadi perempuan keenam dalam sejarah yang menjadi ratu Inggris. Penobatan resmi Elizabeth berlangsung pada 2 Juni 1953, ia pun mendapatkan gelar Ratu Elizabeth II dan suaminya menjadi Duke of Edinburgh.

Mengikuti perkembangan teknologi

Ratu Elizabeth II saat dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan Inggris. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II saat penobatannya disiarkan di televisi. [Sumber Gambar]
Kerajaan Inggris terkenal mengikuti tradisi yang ketat, semua anggota kerajaan harus mengikutinya. Namun, hal itu tidak membuat Ratu Elizabeth II menutup mata akan perkembangan teknologi. Bahkan, penobatan Ratu Elizabeth pada 1953 menjadi penobatan pertama yang disiarkan di televisi. Acara penobatan tersebut ditonton oleh sekitar 27 juta orang di Inggris. Ratu Elizabeth II juga menjadi salah satu orang yang menggunakan email saat teknologi ini pertama kali muncul di Inggris. Selain itu, Ratu Elizabeth pun mempunyai akun resmi Twitter dan Instagram.

Skandal kerajaan Inggris

Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip, sang suami. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip, sang suami. [Sumber Gambar]
Peristiwa yang disebut sebagai skandal kerajaan Inggris, pernah terjadi selama kepemimpinan Ratu Elizabeth II. Hubungan pernikahan ketiga anak Ratu Elizabeth II berujung pada perceraian. Pangeran Chales bercerai dari Lady Diana, begitu pula Pangeran Andrew dengan sang istri, Sarah. Selain itu, Putri Anne juga bercerai dari suaminya. Perceraian Pangeran Charles diikuti oleh kematian Lady Diana, disebut sebagai skandal kerajaan Inggris yang paling banyak disorot bahkan sampai sekarang.

Penerus takhta kerajaan Inggris selanjutnya

Sampai saat ini, Ratu Elizabeth II memimpin Inggris Raya yang meliputi Inggris Raya dan Negara Persemakmuran Inggris. Penerus takhta Kerajaan Inggris sudah jelas digariskan menurut silsilah. Penerus pertama adalah Pangeran Charles yang bergelar Prince of Wales, anak pertama Ratu Elizabeth II. Disusul Pangeran William, Duke of Cambridge yaitu anak pertama Pangeran Charles.

Ratu Elizabeth II bersama penerus takhta kerajaan Inggris. [Sumber Gambar]
Ratu Elizabeth II bersama penerus takhta kerajaan Inggris. [Sumber Gambar]
Penerus takhta ketiga adalah Prince George of Cambridge, anak pertama Pangeran William. Kemudian, Princess Charlotte of Cambridge dan Prince Louis of Cambridge, anak kedua dan ketiga Pangeran William. Sementara itu, Pangeran Harry alias adik Pangeran William, menjadi penerus takhta keenam. Dua anak Pangeran Harry menjadi penerus takhta ketujuh dan kedelapan.

BACA JUGA: 6 Fakta di Balik Kekuasaan Sang Ratu Inggris, Elizabeth II

Seperti itulah perjalanan Ratu Elizabeth II semenjak ia pertama kali dinobatkan sebagai pemimpin Inggris Raya sampai sekarang. Kisah Kerajaan Inggris memang selalu menarik untuk diikuti.

Written by H

Ini Alasan Pesawat Tak Boleh Lewat di Atas Ka’bah sampai Pangkalan Udara AS Paling Rahasia

Nggak Heran Irfan Hakim Bisa Bikin Aviary Super Mahal, Pendapatannya Aja Segini