Categories: Trending

5 Ramalan Ilmuwan Jenius Yang Terbukti Salah Besar

Ilmuwan adalah orang yang mendedikasikan dirinya untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Para ilmuwan menghabiskan tahun-tahun dalam hidupnya untuk meneliti sesuatu yang baru yang berguna untuk kehidupan kita. Kita berhutang banyak atas jasa para peneliti dan ilmuwan.

Namun, ternyata ilmuwan juga manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan. Berikut ini Boombastis sajikan beberapa prediksi dari ilmuwan yang ternyata salah besar. Hal ini dicatat sejarah dan cukup untuk membuat kredibilitas sang saintis tersebut jadi turun.

Baca Juga :5 Ilmuwan Yang Menyesali Penemuan Hebatnya

1. “Radio Adalah Penemuan yang Tidak Berguna di Masa Depan”

Lord Kelvin, seorang ahli fisika dari Inggris mengkritik penemuan radio. Pada sekitar tahun 1900-an Guglielmo Marconi dan Karl Braun mengenalkan konsep radio kepada publik. Pada tahun 1909 mereka berdua menerima Hadiah Nobel atas penemuannya tersebut.

Lord Kelvin Meremehkan Masa Depan Radio (via)northcountrtpublicradio

Penemuan brillian itu ternyata juga menuai kritik. Salah satunya dari Lord Kelvin yang mengatakan bahwa radio tidak akan memiliki masa depan dan kurang berguna. Nyatanya, hingga lebih dari 100 tahun setelah penemuannya, radio tetap dipakai dan berguna oleh umat manusia.

2. “Virus HIV Itu Lemah!”

Seorang profesor dari Universitas Colombia, Dr. Peter Duesberg, mengatakan bahwa virus HIV bukanlah virus yang patut ditakuti. Dia mengatakan virus itu lemah dan gampang diobati.

Dr. Peter Duesberg (via) Youtube

Ternyata sang ahli biologi molekul itu salah. Virus HIV menjelma menjadi salah satu virus paling mematikan di dunia. Dan hingga saat ini penelitian tentang virus tersebut masih terus dikembangkan. Banyak nyawa yang hilang karena HIV dan pendapat Profesor Peter tentu saja salah.

3. “Mobil Buatan Jepang Tidak Akan Laku!”

Bussiness Week adalah majalah bisnis di Amerika yang didistribusikan ke seluruh dunia. Majalah ini dikenal karena kredibilitas mereka dalam bidang bisnis. Mereka juga memiliki analis yang handal dalam membaca pasar.

Business Week, August 2, 1968 (via)slideshare

Namun, mereka membuat kesalahan besar di Edisi 2 Agustus 1968. Bussiness Week menulis, “dengan sekitar 50 merk mobil yang telah jual di Amerika Serikat, industri otomotif Jepang tidak akan berhasil dan laku di pasar Amerika Serikat.” Namun kenyataannya beberapa tahun setelah itu industri otomotif Jepang menjadi raksasa dengan brand-brand terkenal sepert Honda, Toyota dan Suzuki.

4. “Sinar X Itu Hanya Omong Kosong!”

Pantas jika Lord Kelvin disebut sebagai “The Brillian Blunder” karena dia sering melakukan prediksi yang salah. Meski demikian, Lord Kelvin adalah salah satu ilmuan Inggris yang berpengaruh dan dihormati. Dia juga memiliki beberapa penemuan penting di dunia sains.

Lord Kelvin Mengatakan X Ray itu Hanya Omong Kosong (via)classromsynonym

Namum, saat penemuan sinar X diperkenalkan oleh Wilhelm Conrad Rontgen, Lord Kelvin memberi reaksi yang agak tidak menyenangkan. Dia menyebutkan bahwa sinar X itu hanyalah omong kosong belaka. Namun ternyata sinar X benar-benar berguna di masyarakat dan membuat kemajuan yang pesat di dunia medis.

5. “Pesawat Tidak Akan Berguna untuk Kepentingan Militer”

Seorang profesor strategi perang, Ferdinand Foch menanggapi sinis soal penemuan pesawat terbang. Dia mengatakan, “pesawat terbang tampak seperti mainan yang menarik, tapi tidak akan berguna bagi militer.” Dan kalimat itu ternyata salah besar.

Marechal Ferdinand Foch (via) devoir-de-philosophie

Dalam sejarah militer, pesawat memiliki peranan yang sangat besar. Mulai dari mengangkat logistik hingga mengangkut para prajurit. Tidak terhitung juga manuver-manuver udara yang mempermudah pekerjaan kemiliteran.

Meski para ilmuan telah menghabiskan banyak waktunya untuk belajar dan meneliti, bukan berarti mereka luput dari kesalahan. Oleh sebab itu, kita harus “menyaring” ulang pendapat dari orang, bahkan dari ahli sekalipun, karena mereka bisa saja salah.

Ini juga menjadi pelajaran bagi ilmuwan yang dikritik. Meski penemuan mereka dituduh tidak berguna, namun mereka tidak patah semangat dan tetap berusaha sampai temuannya berhasil dan memberi manfaat untuk banyak orang. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago