Categories: Trending

8 Produk Kecantikan Ini Beracun, Tapi Malah Dipakai

Sejak dulu manusia baik wanita maupun pria menginginkan kulit yang bersih, segar, dan selalu terlihat muda. Jadi tidak heran kalau ada produk yang mengklaim bisa membuat kulit cerah, bersih, atau terlihat muda, orang-orang akan dengan senang hati membeli produk-produk tersebut.

Baca Juga : 5 Nenek Super Cantik yang Keseksiannya Bikin Pria Muda Gemetar

Sejak dulu, tanpa disadari kita sering mengoleskan berbagai zat kimia berbahaya pada kulit. Padahal dengan dosis yang berlebihan, bahan kimia tersebut akan berbahaya bagi tubuh. Ngerinya lagi, beberapa kosmetik selama bertahun-tahun telah menggunakan bahan kimia berbahaya tersebut. Apa saja?

1. Krim Muka Berbahan Timbal

Pada masa Romawi, krim muka berbahan timbal sangat populer untuk memperbaiki masalah yang ada pada kulit. Namun, krim ini juga merupakan salah satu produk kecantikan paling beracun sepanjang waktu. Timbal dihancurkan untuk memberikan warna putih pada krim dan malam membuatnya menjadi beracun.

Krim dengan Timbal bangsa Romawi [Image Source]
Sebenarnya krim ini juga mengandung lemak binatang (sama seperti lanolin di era modern) dan gandum yang bagus untuk kulit. Tapi lama kelamaan, timbal yang ada pada krim ini justru mengakibatkan iritasi kulit dan keracunan timbal.

2. Eyeliner Berbahan Timbal

Pada masa Mesir Kuno, baik pria maupun wanita suka dengan mata bentuk mata yang tegas dan dramatis. Untuk mendapatkan tampilan mata yang seperti ini didapatkan dengan memakai eye liner tebal di sekitar mata. Sayangnya, eyeliner yang dipakai saat itu berbahan timbal.

Rias mata bangsa Mesir [Image Source]
Ketika terus menerus dipakai, ramuan yang digunakan untuk eyeliner ini mengakibatkan iritasi mata parah. Selain itu bahan ini juga berpotensi mengakibatkan penurunan mental bahkan kematian jika digunakan setiap hari. Bisa dibilang, ini adalah produk kecantikan paling berbahaya yang pernah ada.

3. Bedak Berbahan Timbal

Pada tahun 1700an, baik wanita maupun pria menaburkan bedak putih di wajah untuk mendapatkan penampilan yang terkesan muda dan kulit yang putih pucat. Agar kulitnya lebih terlihat putih seperti porselen, wanita juga memakai krim berbahan timbal sebelum bedak tersebut. Tapi krim ini beda dengan yang buatan Romawi. Krim mereka hanya terbuat dari timbal yang dihancurkan dan dicampur dengan cairan.

Lady Coventry [Image Source]
Dosis yang berlipat-lipat ini telah banyak menewaskan orang di usia muda termasuk Lady Coventry yang terkenal. Lady Coventry yang hidup pada tahun 1700an terkenal karena kecantikannya. Ia suka mengoleskan krim timbal dan bedak ke wajahnya setiap hari dan tidak pernah terlihat tanpa dua produk kecantikan tersebut. Sayangnya, makeup ini membuat wajah pemakainya menjadi iritasi dan muncul jerawat. Hal ini membuatnya mengoleskan krim dan bedak lebih tebal dan lebih sering lagi. Akhirnya, campuran ini membuatnya tewas keracunan di usia 27 tahun.

4. Krim Radium

Tahun 1920an, Radium begitu populer digunakan untuk segala macam hal. Mulai dari obat hingga alat pembersih. Krim radium juga masuk ke pasaran kosmetik sebagai terobosan ajaib anti penuaan dini. Krim ini diklaim sebagai jawaban dari semua masalah kulit serta mampu menyegarkan kulit kembali dengan manfaat radioaktif untuk mengurangi kerutan dan membuat kulit bercahaya. Tapi, masyarakat tidak tahu bahwa zat ini sebenarnya sangat berbahaya.

Krim Radium [Image Source]
Tidak cuma krim radium, pada masa kepopulerannya, orang-orang juga membeli plat radium untuk digunakan saat tidur agar kulit mendapatkan radioaktif. Bahkan ada juga yang pergi ke radium spa untuk mendapatkan masker tubuh radium dan mandi dengan air radium. Bisa dibayangkan masalah kesehatan yang muncul selanjutnya.

5. Batang Arsenik

Sepanjang tahun 1800an, arsenic dipasarkan sebagai bahan yang aman dan cara yang efektif untuk membersihkan kulit dari minyak dan jerawat. Arsenik juga diklaim bisa memberikan kulit putih pucat dan terlihat muda seperti yang diinginkan banyak orang. Krim arsenik memang memberikan kulit yang putih pucat, tapi itu karena bahan ini membunuh sel darah merah pemakainya.

Arsenic [Image Source]
Bahan ini juga memang bisa membersihkan jerawat, tapi kalau pemakai berhenti menggunakannya, jerawat dan masalah kulit lainnya akan muncul lagi dan bahkan lebih parah sehingga konsumen menjadi tergantung dengan produk ini. Tentu saja banyak kematian yang terjadi karena overdosis bahan ini. Bahkan setelah ada banyak kematian, arsenik yang sama dijual lagi dengan klaim lebih aman, baru atau dengan bahan yang diperbaharui.

6. Bulu Mata Palsu

Bulu mata yang bervolume dan panjang sudah diminati banyak orang sejak akhir tahun 1800an. Sebuah iklan tahun 1899 mengklaim telah menghadirkan prosedur revolusioner yang bisa secara permanen menebalkan bulu mata. Iklan tersebut juga menjelaskan prosedur pemasangan bulu mata tambahan yang cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit serta pemasangan bulu mata ini adalah pengalaman yang menyenangkan.

Bulu mata palsu [Image Source]
Meski begitu, prosedurnya ternyata sangat mengerikan. Pasalnya, seorang ahli bulu mata ternyata hanya akan memasang sehelai rambut panjang melewati jarum biasa dan dijahitkan ke kelopak mata konsumen. Memang tidak ada kematian yang tercatat dalam prosedur ini, tapi dengan cara seperti ini, infeksi atau kerusakan pada kelopak mata adalah beberapa hal yang mungkin terjadi.

7. Daun Belladonna

Daun Belladona sebernarnya diambil dari tanaman yang ssangat beracun dan mematikan. Namun daun ini pernah sangat populer di Italia abad ke-16. Para wanita mulai menyebut tanaman ini dengan Belladona yang artinya wanita cantik. Sebuah nama yang indah untuk tanaman mematikan.

Daun Belladonna [Image Source]
Pada masa itu, para wanita akan melumat daun belladona dan mengubahnya menjadi obat tetes mata untuk memperbesar pupil mereka. Saat itu, pupil yang besar dianggap lebih menarik karena membuat pemakainya terlihat feminin dan lugu. Namun, penggunaan Belladona bisa membuat pandangan menjadi kabur, demam, dan dehidrasi. Bahkan yang secara rutin menggunakannya bisa menderita kebutaan permanen dan bahkan kematian.

8. Lash Lure

Salah satu skandal makeup terbesar hingga saat ini adalah Lash-lure yang populer pada tahun 1930an. Lash Lure mengklaim bisa mewarnai bulu mata secara permanen. Sayangnya, produk ini ternyata mengandung cat aniline. Meski aniline populer untuk mewarnai rambut saat itu, tapi Lash Lure menggunakan dosis 30 kali lipat lebih tinggi. Dengan penggunaannya di sekitar mata, anyak cedera dan satu kematian tercatat akibat penggunaan Lash Lure.

Lash Lure [Image Source]
Cerita yang paling ramai diberitakan adalah tentang Nyonya Brown, seorang sosialita kaya. Tahun 1933, ia mencoba menggunakan Lash Lure sebelum hadir ke acara sosial. Tapi ia meninggalkan acara tersebut lebih awal karena bengkak besar dan mata yang terbakar. Tiga bulan kemudian, beredar foto dirinya dengan bekas luka besar di tempat matanya dulu berada. Dosis tinggi aniline membuat bola matanya meleleh sehingga ia buta permanen.

Baca Juga : 5 Negara Asia ini Dikenal Dunia Sebagai Penghasil Banyak Wanita Cantik

Kasus selanjutnya terjadi pada 1934. Seorang wanita mencoba Lash Lure dan kedua matanya membengkak dan tidak bisa dibuka segera setelah produk tersebut dioleskan ke bulu matanya. Ia akhirnya tewas 10 hari kemudian karena keracunan akibat radang para pada kedua matanya.

Kosmetik atau krim perawatan memang ditujukan untuk membuat wajah terlihat lebih sehat, segar, dan cantik. Tapi kita juga perlu waspada dan berhati-hati dalam memilih kosmetik. Jangan sampai niat ingin memiliki kulit cantik dan sehat, tapi akhirnya malah celaka. Maka ada baiknya jika meluangkan sedikit waktu untuk membaca dan mencari tahu apakah ada bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang dipakai atau tidak.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago