Categories: Trending

Produk-produk Mendunia Ini, ternyata Buatan Indonesia

Selama ini kamu mungkin selalu bangga jika memakai suatu produk buatan luar negeri. Padahal pada kenyataannya, banyak produk ternama di dunia yang justru mempercayakan negara Indonesia untuk memproduksi sebagian bahkan seluruh dari produk mereka.

Baca Juga : 5 Tempat Ini Ternyata Merupakan Kota Tertua di Indonesia

Hal ini tentunya bisa menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Indonesia bukan. Hemm, lalu apa saja yaa produk-produk buatan negeri yang katanya sudah mendunia  itu? Mari kita simak penelusurannya sebagai berikut.

1. Seragam NATO

NATO (North Atlantic Treaty Organization) adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara. NATO didirikan dan ditanda tangani pada 4 April 1949.

Seragam Serdadu NATO [ImageSource]
Walau negara Indonesia tidak termasuk ke dalam organisasi tersebut, tetapi seragam yang dipakai oleh serdadu NATO adalah buatan Indonesia. Seragam tersebut di produksi oleh PT. Sritex yang berada di Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

2. Boneka Barbie

Siapa yang tidak kenal dengan Barbie? Boneka cantik ini menjadi mainan andalan bagi anak-anak perempuan hampir di seluruh penjuru dunia. Anak-anak perempuan sering mendandani boneka ini dengan berbagai macam aksesoris seperti bando, kacamata, topi dan lain-lain.

Boneka Andalan Anak Perempuan [ImageSource]
Siapa sangka, boneka yang super cantik ini ternyata di produksi di Indonesia. PT. Mattel yang berada di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia adalah perusahaan yang memproduksinya. Hanya ada dua negara yang memproduksi boneka ini, yakni Indonesia dan China.

3. Airbridge Bandara

Kamu tahu apa itu airbridge? Ituloh tangga yang menghubungkan pintu pesawat ke pintu ruang tunggu di bandara. Kalau di Indonesia sih, lebih dikenal dengan nama tangga belalai. Mungkin karena bentuknya yang panjang seperti belalai gajah.

Memperudah Menaiki Pesawat [ImageSource]
Mungkin dunia harus berterima kasih kepada PT. Bukaka Teknik Utama, Bekasi, Indonesia. Karena dengan mereka, kita tidak usah susah payah menuruni tangga pesawat agar sampai ke ruang tunggu di bandara.

Baca Juga : 7 Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Susah Diterjemahkan ke Bahasa Asing

Perusahaan inilah yang pertama kali memproduksi airbridge atau tangga belalai.

4. Knalpot Mercedes Benz

Siapa yang tidak tahu mobil yang begitu populer ini? Mercedes Bens adalah mobil asal Jerman dan merupakan merk mobil tertua di dunia. Kendaraan ini begitu mewah, hanya orang-orang menengah keataslah yang mampu memilikinya.

Mobil Termewah [ImageSource]
Tapi mungkin kamu belum tahu, bahwa ada salah satu spare part dari mobil ini yang merupakan buatan Indonesia. Perusahaan Mercedes Bens bekerja sama dengan Indonesia dalam pembuatan knalpot. Knalpot itu diproduksi di Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia.

5. Radio Magno

Kamu suka mendengarkan radio? Mungkin saat ini kamu mendengarkan siaran radio lewat handphone atau gadget bukan. Tapi kamu tahu gak apa itu radio Magno? Radio magno adalah radio kayu yang banyak digunakan penjuru dunia.

Radio Kayu yang Unik [ImageSource]
Radio ini adalah hasil karya dari seorang pria bernama Singgih Susilo Kartono. Beliau adalah seorang pengrajin yang berasal dari Temanggung, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Juga : 10 Museum Dinosaurus yang Membuatmu Seperti Berada di Jurassic World

Radio ini sudah memenangi berbagai macam penghargaan di dunia internasional seperti Brit Insurance Designs Of The Year London.

6. Sepeda Polygon

Siapa disini yang suka mengendarai sepeda? Entah untuk olahraga, bersantai atau untuk bepergian ke suatu tempat. Ada satu merk sepeda yang mungkin sangat melekat di fikiran kita, Polygon merk sepeda yang sudah mendunia.

Sepeda Gunung Polygon [ImageSource]
Ternyata, sepeda Polygon itu diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Nama perusahaannya adalah PT. Insera Sena, yang sudah memproduksi sepeda Polygon sejak 1989 silam. Sepeda-sepeda itu dipasarkan ke luar negeri sejak tahun 1991.

7. Alat Pembasmi Kanker Otak

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat menakutkan, karena bisa membuat pengidap meninggal dunia. Sampai saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini secara total. Tapi ada satu alat yang dapat membasmi penyakit mematikan ini.

Dapat Membasmi Kanker Otak Kecil [ImageSource]
Masyarakat, Ilmuwan dan Teknologi Indonesia bekerja sama dengan Ctech Laboratory yang telah berhasil menemukan alat tersebut. Pegidap kanker otak kecil dapat sembuh total dengan menggunakan alat yang  menggunakan metode listrik statis.

Baca Juga : 4 Fakta Unik Minion Yang Berhubungan Dengan Indonesia

Itulah tadi beberapa produk luar negeri yang ternyata adalah buatan asli Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi produk-prosduk buatan Indonesia yang sudah mendunia. Sudah seharunya kita bangga akan produk anak negeri bukan?

Share
Published by
Rahma Muliani

Recent Posts

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago