in

Hati-hati! Posting Berita Kehilangan di Medsos Bisa Merugikanmu Kapan Saja

Media sosial saat ini banyak sekali memberikan keuntungan untuk kita. Bukan hanya sekedar bisa upload foto sana sini, tapi kini kita dapat memberikan info dengan cepat. Ya contohnya seperti berita kehilangan orang atau barang. Hanya dengan sekali posting, ribuan atau bahkan jutaan orang bisa melihatnya dan membagikannya ke akun jejaring sosial pribadinya.

Dari langkah ini, banyak lho orang-orang yang lama hilang ditemukan. Begitu juga barang yang awalnya kandas telah kembali ke pangkuan si empunya. Jadi enggak heran jika banyak orang menginformasikan berita kehilangan ini di media sosialnya sebelum melaporkan ke pihak berwajib.

Motor hilang yang ditemukan kembali berkat medsos [Sumber Gambar]
Contohnya saja seperti peristiwa yang terjadi di tahun 2018 lalu. Pada awalnya pria bernama Natasena hendak menjual motornya kepada seseorang. Setelah beberapa lama, ada seseorang yang berminat untuk melihat-lihat kuda besinya sebelum membeli. Tanpa pikir panjang, Natasena langsung mengiyakan dan menyuruh calon pembeli untuk ke rumahnya.

Mulanya si calon pembeli ini melihat-lihat saja, namun beberapa saat kemudian ia ingin mencoba motor balap milik Natasena ini. Tidak ada kecurigaan dari si penjual dan akhirnya calon pembeli pun pergi dengan motor bermerk Ducati tersebut. Selang berapa lama, Natasena cemas lantaran si pembeli tak kunjung membawa motornya kembali. Seketika itu, pemilik Motor Ducati 848 tersebut langsung saja menginfokan berita kehilangannya di media sosial.

Jangan asal posting berita kehilangan barang [Sumber Gambar]
Singkat cerita, dalam waktu 24 jam, motor kesayangannya tersebut kembali ke tangannya. Uniknya, motor yang semula berada di tempat tinggal Natasena yaitu Bintaro ditemukan di daerah Yogyakarta. Dari fenomena inilah media sosial memang memegang peranan penting dalam menyebarkan info darurat.

Tapi, di balik keberhasilan penyebaran info kehilangan di media sosial terdapat kekurangan yang tak bisa kita hindari pemirsa. Tak jarang oknum-oknum yang tak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini. Biasanya oknum tersebut akan berpura-pura telah menemukan orang atau barang yang dicari. Lalu mereka akan menolak untuk memberikan informasi dan malah meminta uang. Peristiwa semacam ini sudah banyak terjadi dan memakan korban.

Pengalaman orang yang tertipu [Sumber Gambar]
Namun Sahabat Boombastis tidak perlu khawatir akan hal ini. Dikarenakan tindak penipuan semacam itu bisa kita hindari kok. Bagi yang kehilangan barang, hindari memberikan informasi lengkap pada postingan kalian. Cukup sekedar merk, warna dan juga posisi di mana hilangnya.

Misalkan Sahabat Boombastis kehilangan dompet, maka hindari memberi keterangan detail apa saja yang ada di dalamnya. Ini dilakukan untuk mengetes jika ada yang menemukan barang kalian. Sehingga kita bisa tahu apakah orang tersebut benar-benar menemukan atau sekedar ingin menipu.

BACA JUGA : The Power of Medsos, Pencuri Ini Kembalikan Motor Saat Tahu Wajahnya Tersebar di Internet

Jadi, berhati-hatilah Sahabat Boombastis yang ingin memposting informasi kehilangan barang. Ya kalian tahu sendiri lah bagaimana kreatifnya orang-orang zaman now untuk mendapatkan uang. Tetap waspada ya dan jaga barang-barang kalian di manapun berada.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Enggak Doyan Produk Lokal, 5 Seleb Ini Pilih Menikah dengan Pria Bule

Hilang Sebulan di Gunung dan Ditemukan Tinggal Tulang, Begini Mirisnya Kisah Santri Ini