Siapapun pasti tak meragukan kemampuan Valentino Rossi meliuk-liuk di arena MotoGP. Pembalap berjuluk “The Doctor” tersebut, memang dikenal kesohor berkat aksi dan kemampuannya mengendalikan laju dari ‘kuda besi’ tunggangannya di lintasan balap. Bukan hanya dirinya saja yang menjadi sorotan, motor balapnya yang berkode YZR-M1 juga menjadi andil bagi Rossi untuk menjadi kampiun di berbagai ajang MotoGP.

Selain sosoknya yang terlihat gahar, YZR-M1 juga memiliki berbagai sisi menarik yang setia menemani “The Doctor” selama beradu cepat di lintasan balap. Selain bersaing dengan rivalnya, yakni Desmosedici dan Honda RC213V, YZR-M1 juga memiliki beberapa keistimewaan tersendiri di mata Valentino Rossi.

Motor yang memberikan banyak kemenangan pada Valentino Rossi

Motor yang telah memberikan kemenangan pada Rossi [sumber gambar]
Sepanjang sejarahnya mengaspal di lintasan balap, YZR-M1 yang menjadi tunggangan Valentino Rossi sukses menorehkan berbagai prestasi. Dilansir dari sport.sindonwes.com, empat gelar juara di musim 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009 sukses direngkuhnya. Hal ini berkat keahliannya yang sukses menjinakkan kecanggihan YZR-M1 di arena MotoGP.

Kuda besi gahar yang dijejali berbagai teknologi modern

Motor gahar yang dibekali sejumlah teknologi mutakhir [sumber gambar]
Selain bodinya yang kental dengan aura balap, YZR-M1 juga dijejali sejumlah piranti canggih dan teknologi modern. Sumber dari oto.detik.com menyebutkan, kuda besi tersebut dilengkapi dengan mesin 1.000 cc segaris empat silinder berpendingin cairan dengan crossplane crankshaf. Sasisnya sendiri menggunakan aluminium twin tube Delta Box dengan steering geometry yang bisa disesuaikan. Karena menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda, pengereman YZR-M1 menggunakan Brembo dua piringan di depan berukuran 320 mm atau piringan karbon berukuran 340 mm, dengan empat piston per kaliper dan satu piringan rem stainless sel plus kaliper dua piston di belakang.

Kendaraan buatan Yamaha yang menjadi penguasa lintasan balap sejak tahun 1970-an

Yamaha YZR500 lansiran tahun 1973 [sumber gambar]
Sebagai pabrikan otomotif sukses di Jepang, Yamaha juga telah menancapkan kukunya di arena balap sejak 1970-an. Laman sport.sindonews.com menuliskan, keberadaan seri YZR merupakan penguasa lintasan di zamannya. Motor tersebut adalah YZR500 yang berjaya di tahun 1970-an, pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an. Pamornya sempat meredup selama sepuluh musim dan kembali naik daun setelah datanganya Valentino Rossi. Alhasil, motor tipe YZR-M1 kembali unjuk gigi mulai 2004 silam.

Masuk jajaran jenis motor yang merajai dunia balap versi Redbull

Sosok YZR-M1 menjadi legenda di dunia balap versi Redbull [sumber gambar]
Nama besar seri YZR, rupanya banyak dikenal sebagai salah satu raja balap motor sedari dulu. Dalam artikel berjudul “MotoGP most dominant machine” yang ditulis pada laman redbull.com, sosok YZR-M1 dikategorikan sebagai kuda besi yang keberadaannya mendominasi ajang balap motor dunia. Tak sendiri, kendaraan lansiran Yamaha tersebut berdampingan dengan Honda NSR500 dan MV Agusta 500. Ketiganya dianggap sebagai ikon motor dengan kekuatan mesin yang ganas sekaligus melegenda.

Rahasia dapur pacu racikan Masao Furusawa yang membuat Rossi berjaya

Valentino Rossi dan Masao Furusawa [sumber gambar]
Berkat racikan teknologi crossplane crankshaft yang dirancang oleh Masao Furusawa, Rossi berhasil menjinakkan tenaga buas YZR-M1 di arena MotoGP. Dilansir dari motorplus.gridoto.com, sistem tersebut membuat mesin bekerja lebih halus dan minim getaran. Alhasil, teknologi yang dikembangkan oleh Furusawa itu mampu membuat YZR-M1 melakukan proses berbelok dan berganti arah dengan sangat stabil dan kontrol yang maksimal. Tak heran jika Rossi kerap berjaya saat beradu dengan pembalap lain di tikungan.

Baca Juga : Mengenal Orang Jepang yang Benda Temuannya Dipakai Sepanjang Masa di Indonesia

Jika dilihat dari prestasinya selama ini, tak salah bila menyebut sosok Valentino Rossi sebagai kampiun yang menjadi legenda di MotoGP. Jangan lupa, prestasinya itu juga banyak ditunjang oleh tunggangannya yang bernama YZR-M1. Keren ya Sahabat Boombastis.