Inspirasi

Kisah Mesya Ananda, Polwan Berprestasi yang Jadi Rebutan 7 Universitas Bergengsi Luar Negeri

Seorang polwan bernama Mesya Ananda belakangan ramai dibahas di media sosial. Sosok Mesya membuat banyak orang kagum, lantaran berhasil diterima di tujuh universitas sekaligus. Kampus yang menerimanya pun tak main-main. Salah satu kampus tersebut menduduki peringkat 10 besar kampus terbaik di dunia.

Prestasi Mesya tentunya tak didapat dengan jalan mudah. Bahkan ia harus menelan pil pahit penolakan dari beberapa kampus yang ia inginkan, hingga dirinya sempat putus asa. Simak perjuangan Mesya berikut ini.

Lulusan terbaik Sekolah Bahasa Polri

Mesya Ananda [sumber gambar]
Sedari kecil, Mesya sudah bermimpi untuk menempuh S2 di luar negeri dengan beasiswa agar tak merepotkan orang tua. Gadis berusia 23 tahun ini kemudian mengikuti pelatihan kemampuan bahasa selama tiga bulan. Berkat kerja kerasnya, Mesya mampu masuk ranking lima terbaik dan berhak mengikuti tes IELTS gratis. Akhirnya Mesya berhasil mendapat skor 7.5 dalam tes IELTS dan menjadi lulusan terbaik Sekolah Bahasa Polri 2020.

Sempat ditolak beberapa universitas

Setelah lulus, Mesya ditugaskan di Polresta Banjarmasih, Kalimantan Selatan. Meski sibuk bekerja, Mesya mampu mengatur waktu untuk menyusun rencananya mendaftar di berbagai universitas di luar negeri. Mesya pun mulai membandingkan akreditasi, ranking, dan mata kuliah di beberapa kampus yang ia inginkan.

Mesya Ananda [sumber gambar]
Butuh waktu sembilan bulan untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Mesya kerap begadang untuk membuat esai. Ia juga tak lelah meminta saran dan masukan dari banyak orang. Namun penolakan dari beberapa universitas sempat membuat Mesya pesimis untuk mewujudkan cita-citanya.

Diterima di tujuh universitas bergengsi

UCL [sumber gambar]
Akhirnya perjuangan Mesya membuahkan hasil. Mesya berhasil diterima di tujuh universitas sekaligus dengan jurusan Manajemen SDM dan Policing. Salah satunya adalah University College London (UCL), kampus bergengsi di dunia. Mesya mendaftar di UCL di saat-saat terakhir. Bahkan ranking kampus tersebut lebih tinggi dibandingkan kampus yang sudah menolaknya dengan alasan dirinya belum memiliki pengalaman.

Lolos sebagai awardee LPDP 2021

Penerima beasiswa LPDP [sumber gambar]
Diterima di tujuh universitas, ternyata bukan akhir dari perjalanan Mesya. Ia harus berjuang dari awal lagi untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP RI. Mulai dari mengirim berkas administrasi, mengikuti tes potensi akademik, dan tes wawancara. Setelah menjalani serangkaian tes, Mesya dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa LPDP 2021.

Mesya bagikan kiat suksesnya

Mesya Ananda [sumber gambar]
Mesya pun tak pelit berbagi tips untuk siapa saja yang ingin berkuliah di luar negeri seperti dirinya. Kelengkapan dokumen yang perlu diterjemahkan dalam bahasa inggris sangatlah penting. Selain itu, esai juga harus dipersiapkan dengan baik. Mesya mengaku perlu waktu 3-4 bulan untuk mengerjakan esai tersebut. Ia juga rajin mengerjakan soal-soal dan menonton video strategi untuk menjawab Tes Potensi Akademik.

BACA JUGA: Nggak Muncul 7 Tahun, Pemuda Ini Bikin Geger karena Pulang Kampung Sudah Jadi Polisi

Mesya berharap prestasi yang ia capai mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang. Ia mengajak generasi muda untuk bermimpi, berpikir, dan melakukan hal yang besar. Mesya berpesan dunia membutuhkan konstribusi semua orang untuk membuat perubahan.

Share
Published by
F A Agustina

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

18 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago