Trending

Pesawat Rimbun Air yang Membawa Sembako Jatuh di Papua, Semua Awak Meninggal Dunia

Sekali lagi terjadi kecelakaan pesawat di Indonesia pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, jatuhnya Lion Air pada bulan April 2021 masih menjadi duka yang begitu mendalam bagi masyarakat. Setidaknya sekitar 187 penumpang dan awak kapal meninggal dalam tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Belum hilang kenangan tentang jatuhnya pesawat tersebut, kali ini kembali terjadi kecelakaan di Gunung Wabu, Intan Jaya, Papua. Pesawat Rimbun Air PJ-OTJ membawa bahan bangunan dan juga sembako. Selengkapnya tentang jatuhnya pesawat, berikut ulasannya.

Hilang kontak dan diduga menabrak pesawat

Pesawat Rimbun Air yang memebawa bahan bangunan dan juga sembako tersebut mulai lepas landas dari Badara Nabire pada pukul 06.40 WIT. Kontak terakhir antara pilot dengan petugas Airnav Sugapa berlangsung sekitar pukul 07.30 WIT, sebelum akhirnya hilang kontak.

Pesawat Rimbun Air [sumber gambar]
Umumnya waktu tempuh penerbangan dari Nabire ke Sugapa adalah sekitar 40 menit. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (SAR) Timika, George Leo Mercy Randang menjelaskan jika hilangnya kontak pada pesawat tersebut, kemungkian besar karena pesawat menabrak gunung.

Jatuh tak jauh dari bandara

Jatuh tak jauh dari bandara

lokasi jatuhnya pesawat [sumber gambar]
Jatuhnya pesawat Rimbun Air pada 15 September 2021 sekitar pukul 07.30 tersebut, diduga karena cuaca yang kurang mendukung. Diduga pesawat mengalami kecelakaan saat hendak mendarat, hal itu terlihat dari jarak lokasi bandara dan jatuhnya pesawat hanya berkisar 800 meter. Diketahui proses evakuasi juga berjalan lancar  meski kondisi geografis di lokasi kecelakaan adalah hutan terjal yang berada di ketinggian 2.400 mdpl.

Semua awak meninggal dunia

Semua awak meninggal dunia

Petugas gabungan langsung menuju lokasi jatuhnya pesawat dan melakukan evakuasi. Tim SAR akhirnya berhasil mengevakuasi tiga jenazah kru pesawat yang jatuh di atas Gunung Wabu, Intan Jaya, Papua. Ketiga koban yakni pilot HA Mirza, Kopilot Fajar, dan mekanik Iswahyudi.

pesawat [sumber gambar]
Jenazah pilot dan kopilot ditemukan masih duduk di kursi yang mereka tempati ketika menerbangkan pesawat. Sementara teknisi pesawat ditemukan di beberapa meter di sekitar pesawat. Jenazah para awak pesawat pun langsung dipulangkan ke rumah duka masing-masing.

Black Box pun ditemukan

Black Box pun ditemukan

Tim SAR juga berhasil menemukan Black Box pesawat Rimbun Air saat melakukan evakuasi terhadap korban. Black Box tersebut ditemukan pada 15 September 2021 sekitar pukul 23.30.

ilustrasi black box [sumber gambar]
Tim pun segera mengevakuasi Black Box dari lokasi kejadian ke Sagupa dengan berjalan kaki, karena lokasi kecelakaan memang tak bisa dijangkau dengan kendaraan. Dijelaskan sebelumnya, jika lokasi jatuhnya pesawat berjarak 800 meter dari bandara, namun tak semua jalanan bisa diakses dengan kendaraan.

BACA JUGA: Pilotnya Meninggal Dunia, 3 Fakta Kecelakaan Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua

Itulah sedikit ulasan tentang kecelakaan pesawat Rimbun Air yang membawa sembako dan bahan bangunan. Meski bukan pesawat yang membawa banyak penumpang, jatuhnya Rimbun Air juga menjadi duka bagi Indonesia, karena lagi-lagi insiden kecelakaan pesawat terjadi.

Share
Published by
Nikmatus Solikha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

21 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago