in

4 Fakta Perumahan di Atas Mall yang Bikin Geleng Kepala, Netizen: Gabisa Pesen Gofood Tuh

Beberapa hari ini para pengguna Twitter heboh karena ada perumahan yang berlokasi di atas mall. Potret ini pertama kali diunggah oleh seorang berkewarganegaraan Malaysia, @shahrirbahar1 dengan caption “Good morning Jakarta. Macam mana lah diorang terfikir nak develop taman perumahan atas bangunan?”

Bagi yang belum tau fakta ini pasti kagetnya bukan kepalang, kok bisa sih ada rumah yang berdiri di atas mall? Gak bisa gofood dong ya? Ya, kenyataannya keberadaan rumah-rumah ini bukanlah hal baru. Menurut beberapa warganet, komplek perumahan itu sudah mulai ada sejak tahun 2005. Mengenai fakta lebih banyak, mari kita simak ulasan berikut ini.

Rumah mewah yang dikenal dengan Cosmo Park

Cosmo Park [sumber gambar]
Melansir dari berbagai sumber, deretan rumah mewah tersebut bernama Cosmo Park. Cosmo Park merupakan bagian dari kompleks apartemen The Jakarta Residence yang berada di atas pusat perbelanjaan Thamrin City. Bangunan ini sendiri sebenarnya sudah sejak lama dibangun. Beberapa netizen Twitter mengatakan bahwa komplek sudah ada sejak 2005-an, sehingga bukan hal yang mengejutkan lagi bagi orang yang ada di sekitarnya.

Bentuknya seperti town house pada umumnya

Rumah dan kolam renang [sumber gambar]

Melansir laman dream.co.id dari The Condotel, Cosmo Park merupakan kompleks perumahan unik berbentuk town house. Properti ini satu manajemen pengelolaan dengan Jakarta Residence. Selain sebagai rumah, tempat ini juga sering disewakan untuk para tamu yang mencari penginapan (bisa di-book via aps seperti Airbnb dkk). Bagi para tamu yang membawa mobil, mereka hanya sampai lantai 10 dan parkir di carport depan rumah. Untuk naik turun ke ruangan yang tersedia, ada elevator. Konsep perumahan di atas mall ini juga bisa ditemukan di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, dengan nama The Villas. Maklum lah ya, Jakarta Ibukota~

Dibangun di atas lahan bekas bengkel

Ternyata, sebelum menjadi komple perumahan yang mewah, tempat ini sempat jadi lahan yang kotor dan kumuh. Assistant Vice President Marketing PT Agung Podomoro Land, Zaldy Wihardja mengatakan, lahan itu dulunya merupakan pusat penyedia jasa perbengkelan. Zaldy sendiri mengatakan bahwa ia dan tim berinisiatif menyulap tempat tersebut menjadi komplek karena suasana yang kotor dan tak mengenakkan tersebut menjadi indah dan terawat, bahkan menghasilkan uang.

Alasan kuat mengapa apartemen dibangun di atas atap mall

Rumah-rumah atas mall [sumber gambar]
Zaldy selaku pengembang dari PT Agung Podomoro Land mengatakan bahwa selain terinspirasi menjadikan bagian atas sebagai hunian karena kotor. Pembangunan ini membantu mewujudkan keinginan warga yang ingin punya rumah mewah di pusat kota dengan harga miring. Belum lagi, mereka yang ingin punya apartemen luas, bisa sekali memilih Cosmo Park sebagai pilihan. Fasilitas yang ada juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, lapangan tennis, playground tempat bermain anak, ruang fitness, dan lift menuju ke mall.

BACA JUGA: Rumah Mewah di Atas Awan Seharga Rp 1 Triliun

Kira-kira, kalau mau nginap dan tinggal di sini harus mengeluarkan biaya berapa ya? Zaldy mengatakan, rumah-rumah itu dulu dibanderol seharga Rp1,5 miliar pada 2006. Sedangkan untuk mereka yang ingin menyewa cukup dengan mengeluarkan 25 juta per bulan. Untuk sekarang, harga rumah tersebut mungkin sudah naik sekitar 10 persen, sehingga menjadi 3-4 miliar. Ada yang berminat membeli, menyewa, atau tinggal di sana?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Gantengnya Frederik Kiran, Cucu Sukarno dengan Ratna Sari Dewi yang Berwajah Bule

Cerita 5 Bule yang Jatuh Cinta Kepada NKRI dan Males Balik ke Negaranya