Kisah dipalak biaya parkiran tidak hanya dirasakan mereka yang kerap parkir di pertokoan atau pasar. Tak jarang bangunan besar seperti rumah sakit dan mall juga potensi menaikkan biaya parkirnya. Nggak tanggung-tanggung lagi, parkir 2 jam aja tarifnya bisa beli nasi Padang sebungkus. Padahal tarif parkir tadinya hanya Rp 2.500 atau Rp 5.000 paling mahal.

Mall sejatinya bukan hanya tempat berkunjung orang-orang berduit. Apalagi anak muda kalau lagi bosen ke gunung atau pantai, larinya ya ke Mall juga. Entah nonton, makan atau kencan walau budget mungkin juga pas-pasan. Tapi ada satu hal yang mengganjal ketika kamu ke mall, yaitu tarif parkirnya yang makin lama makin mahal! Belum juga nginjek lantai dalemnya, kok parkirnya mahal amat yak?

Manfaatkan keberadaan aplikasi

Zaman sekarang nggak usah bingung! [Sumber Gambar]
Di zaman serba canggih seperti saat ini, banyak cara yang bisa kita lakukan agar hidup terasa lebih hemat. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi untuk transportasi dan juga pembayaran yang mulai banyak digunakan. Jika kamu teliti, ada aplikasi yang menawarkan jasa pembayaran untuk parkir sebesar satu Rupiah aja lho!

Kalau mau yang hemat, parkir di luar aja!

Banyak yang udah sedia lahan parkir kok [Sumber Gambar]
Jika tarif parkir di mall kesayanganmu terlalu tinggi, jangan khawatir. Manfaatkan aja ruang-ruang yang digunakan untuk parkir di sekitar mall. Pasti ada pihak-pihak yang membuka lahan parkir di tempat ramai. Jangan lupa juga untuk minta karcis parkir agar petugas yang di lapangan ada tanggung jawabnya. Enaknya kalau parkir di luar adalah tarifnya flat alias nggak akan naik.

Daripada ditanggung sendiri, mending barengan aja sama temen!

Banyak orang, banyak cerita, tambah bahagia! [Sumber Gambar]
Namanya beban akan lebih ringan jika ditanggung bersama, begitu juga dengan pembayaran parkir di mall, hehe. Kalau datang berempat dengan satu kendaraan dan belanja bareng saat bersamaan, rasanya beban puluhan ribu juga jadi terasa lebih ringan kan?

Jangan sampai lupa waktu!

Jangan sampai kehabisan diskon tahunannya! [Sumber Gambar]
Nah yang paling sederhana agar kita bisa berhemat adalah dengan tau waktu nih, Sahabat Boombastis. Banyak mall yang menerapkan sistem parkir per jam lho, dan makin lama kamu parkir makin tinggi jug tarifnya. Untuk menyiasati hal ini, cukup ingat-ingat untuk nggak lama-lama ya berada di mall!

BACA JUGA: 7 Negara Dengan Tarif Parkir Termahal di Dunia

Memang masalah parkir di Indonesia punya banyak masalah, mulai dari lahan dan juga tarif yang nggak tentu. Kamu pasti dengar kan kalau ada yang rebutan lahan? Nah itu juga salah satu indikasi kalau dinas pemerintahan yang terkait kurang aktif. Kalo udah tau beberapa tips diatas, kira-kira kamu masih mau ga untuk parkir di mall? Atau lebih memilih untuk ‘parkir liar’? Kita tunggu komentarmu ya!