Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi merupakan Istri ke-6 dari Presiden Sukarno yang berasal dari Jepang. Keduanya saling jumpa saat wanita kelahiran Tokyo, 6 Februari 1940 ini masih berusia 19 tahun. Dari pernikahannya dengan Sukarno, ia memiliki seorang anak perempuan bernama Kartika Sari Dewi. Sang anak inilah yang kemudian melahirkan sosok bocah bernama Frederik Kiran.

Sempat viral beberapa waktu lalu, keberadaan Kiran sempat menyita perhatian publik di Indonesia. Selain wajahnya yang rupawan, ia juga merupakan cucu daripada Ir. Sukarno. Di dalam dirinya, mengalir darah dari sang proklamator tersebut. Kiran pun juga terlihat dekat dengan sang nenek, Ratna Sari Dewi.

Lahir dari seorang ibu yang sempat berpindah-pindah tempat tinggal

Aktivitas Kiran bersama sang Ibu [sumber gambar]
Ratna Sari Dewi yang akhirnya bercerai dengan Sukarno setelah tiga tahun kelahiran Kartika, kemudian memilih untuk meninggalkan Indonesia dan hidup berpindah-pindah. Dilansir dari tirto.id, perempuan asal Tokyo, Jepang itu selalu membawa Kartika kemana pun dirinya pergi. Mulai dari Prancis, Swiss Hingga ke Amerika Serikat. Kartika pun akhirnya dibesarkan di Paris, Prancis dan kemudian bersekolah di Swiss.

Bekerja luar negeri dan disunting seorang petinggi bank di Eropa

Kiran bersama dengan keluarga [sumber gambar]
Beranjak dewasa, Kartika memilih profesi sebagai wartawan televisi di Tokyo, Jepang. Pun saat Ratna Sari Dewi pindah ke AS, dirinya juga ikut serta dan bekerja pada biro periklanan di kota New York. Di negeri Paman Sam tersebut, wanita kelahiran Tokyo, 11 Maret 1967 tersebut sempat mendirikan yayasannya sendiri, yaitu Kartika Soekarno Foundation (KSF). Ia akhirnya menikah dengan dengan Presiden Citibank Eropa, Frits Frederik Seegers yang berasal dari Belanda pada 2 Desember 2005.

Kelahiran Kiran yang merupakan cucu Presiden Sukarno

Kiran bersama Ibu dan sang nenek [sumber gambar]
Pasangan ini kemudian dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Frederik Kiran Soekarno Seegers, yang lahir pada 24 Agustus 2006. Meski besar di luar negeri, sang ibu selalu mengenalkan Indonesia kepada dirinya. Sebuah negara yang menjadi asal dari sang kakek, Sukarno. Bahkan, kiran juga kerap dilibatkan dalam berbagai acara yang dilakukan oleh KSF dan turut serta mengunjungi berbagai daerah di Indonesia.

Dekat dengan Ratna Sari Dewi

Dekat dengan sang nenek, Ratna Sari Dewi [sumber gambar]
Hubungan Kiran dengan sang nenek, Ratna Sari Dewi memang begitu dekat. Hal ini diketahui dari unggahan foto keduanya dalam berbagai kesempatan. Sebagai anak dari sang proklamator, Kartika juga sering mengunggah foto masa lalunya, termasuk potret-potret bersejarah sang ibunda, juga ayahnya, Ir. Sukarno. Sebagai seorang ibu, Kartika berharap agar Kiran tak lupa dengan Indonesia, tanah nusantara yang menjadi bagian di dalam dirinya sebagai cucu Sukarno sang penyambung lidah rakyat.

BACA JUGA: Dikenal Sebagai Istri Soekarno yang Paling Cantik, Begini Nasib Ibu Ratna Sari Dewi Sekarang

Tak ada yang menyangka jika bocah berwajah bule tersebut, ternyata merupakan cucu dari sang proklamator yang juga menjadi The Founding Father bangsa Indonesia. Sama seperti sang ibu, harapannya Kiran juga bisa lebih mengenal Indonesia dan tidak melupakan tanah nusantara.

sumber gambar: Karina Soekarno