Setelah nama Iko Uwais melambung di kalangan sineas Amerika Serikat, kini sosok Joe Taslim juga mengukir sejarah di dunia perfilman internasional. Bisa dibilang, keduanya adalah aktor asal Indonesia yang sukses menembus ketatnya persaingan di Hollywood. Bicara lebih dalam soal Joe Taslim sendiri, ia bahkan dipercaya untuk memerankan Sub Zero, salah satu karakter film yang diadaptasi dari video game terkenal, Mortal Kombat.

Bagi pria kelahiran Palembang, 23 Juni 1981 ini, dunia seni peran bukanlah hal yang asing lagi. Datang dari dunia olahraga bela diri, Joe telah menjajal beberapa peran di banyak film yang berbeda. Salah satunya saat dipercaya memerankan karakter antagonis “Jah” dalam film “Fast and Furious 6”, yang kemudian melambungkan namanya. Seperti apa perjalanan karir dari seorang Joe Taslim?

Dikenal sebagai sosok yang berprestasi sebagai atlet Judo

Lelaki yang lahir dari pasangan Mardjuki Taslim dan Maria Goretty ini, mengawali karir sebagai atlet judo yang menorehkan banyak prestasi bagi Indonesia. Sedari kecil, pria bernama lengkap Johanes Taslim ini bahkan telah mengenal dan mempelajari berbagai aliran seni beladiri. Tercatat, ia menguasai teknik wushu, judo, taekwondo, hingga pencak silat.

Sosok atlet judo Indonesia yang berprestasi [sumber gambar]
Dari sekian banyak teknik beladiri yang dikuasainya, Joe memutuskan untuk lebih fokus menekuni Judo dan bergabung dengan tim nasional Judo Indonesia pada usia 16 tahun. Dilansir dari Viva.co.id, ia berhasil menyabet Medali Emas di South East Asia Judo Championship Singapore 1999, Medali Perak di SEA Games 2007, dan Medali Emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional 2008.

Mulai bersentuhan dengan dunia akting dan sukses menjadi aktor

Sayang, cedera membuat Joe akhirnya memilih pensiun dini dan memilih untuk banting setir ke dunia seni peran. Kiprah pertamanya di dunia akting adalah film horor Karma (2008), di mana ia bertemu dengan sejumlah aktor senior seperti HIM Damsyik, dan Henky Solaiman. Tahun 2009, Joe juga bermain dalam film berjudul Rasa. Sosoknya berhasil menjadi sorotan saat memerankan Kapten Jaka pada film The Raid: Redemption (2011) garapan sutradara Gareth Evans.

Saat berperan sebagai Sersan Jaka di film The Raid [sumber gambar]
Film yang ditayangkan pertama kali pada Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival, TIFF) 2011 itu, banyak menuai pujian dari para penonton dan kritikus film. Nama Joe Taslim pun melambung bersama para pemeran lainnya seperti Yayan Ruhiyan, dan Iko Uwais. Tahun 2013 menjadi momen yang spesial bagi seorang Joe Taslim karena di dipercaya untuk tampil dalam film laga “Fast and Furious 6”. Dalam tayangan itu, ia memerankan karakter antagonis bernama “Jah” yang menjadi lawan Vin Diesel dan kawan-kawan.

Banyak menuai penghargaan hingga berhasil menembus Hollywood

Prestasi tersebut membuat bangga tak hanya bagi Joe Taslim pribadi, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Setelah Fast and Furious 6, ia diketahui tampil lagi film Hollywood, Star Trek Beyond (2016) sebagai alien bernama Manas. Prestasi ini sejajar dengan Iko Uwais, Yayan Ruhiyan dan Cecep Alif Rahman yang juga sukses membintangi Star Wars: The Force Awakens (2015).

Sukses meraih penghargaan [sumber gambar]
Berkat kiprahnya di dunia seni peran, Joe diganjar berbagai penghargaan yang prestisius, seperti Pemeran Utama Pria Terbaik Indonesian Movie Actor Award 2014 dan Aktor Favorit Indonesia KCA 2015. Terlebih, dirinya saat ini juga tengah mempersiapkan diri untuk film Hollywood lainnya, Mortal Kombat, di mana ia terpilih untuk memerankan karakter Sub Zero.

BACA JUGA: Perjalanan Hidup Iko Uwais, Dari Sopir Biasa Hingga Bergelimang Rupiah Sebagai Aktor Laga

Bisa dibilang, Joe Taslim sejatinya telah memiliki modal dasar yang cukup untuk terjun di dunia hiburan sebagai aktor. Kemampuan beladiri yang mumpuni, ditambah dengan wajah yang rupawan dan akting brilian, merupakan kelebihan yang dimiliki oleh dirinya. Tak salah bila ia akhirnya sukses menembus kancah perfilman Hollywood. Hebat ya Sahabat Boombastis?