in

Legend! Ini 5 Lagu Lawas yang Punya Kenangan Tersendiri dan Pernah Ngetop Pada Masanya

Semakin hari, semakin banyak musisi yang lahir. Mereka membawakan musik dengan berbagai genre, dari rock, jazz hingga dangdut. Namun, berbagai genre baru dengan wajah-wajah baru ini tak menyurutkan minat kita pada tembang-tembang lawas. Masih ada banyak lagu dari tahun 80-90an yang masih sering kita dengarkan hingga sekarang.

Bahkan, lagu ini kadang punya tempat tersendiri di hati. Seolah ada kenangan yang ikut diputar ulang saat lagu-lagu ini diperdengarkan. Apa saja ya? Kalau versi Boombastis.com, ada 10 lagu nih. Yuk, kita lihat apakah ada lagu legend yang masih kamu masukkan dalam playlist. Cekidot!!

Kolam Susu (1973)

Bukan lautan hanya kolam susu/ Kail dan jalan cukup menghidupimu/ Tiada badai tiada topan kau temui/ Ikan dan udang menghampiri dirimu. Begitulah kurang lebih lirik pertama dari lagu Kolam Susu. Lagu ini diciptakan pada tahun 1973 oleh Yon Koeswoyo, kemudian dipopulerkan hingga kini. Ternyata, tak hanya dijadikan sountrack film Tanah Surga Katanya saja, lagu ini dulunya menginspirasi pemerintah Indonesia untuk membentuk Kementerian Kelautan dan Perikanan. Wah!

Berita Kepada Kawan (1979)

Ya, Boombastis tau apa yang ada di fikiran kalian. Benar, lagu ini memang pernah dijadikan iklan ‘seorang pemotor yang kecipratan licak’ saat bulan Ramadan. Berita Kepada Kawan juga ada di dalam list lagu lawas yang bisa dikatakan everlasting alias tak lekang dimakan zaman. Kamu yang enggak begitu suka dengan genre lagu musik rakyat ala Ebiet G. Ade pun pasti pernah mendengar lagu ini.

Kisah Kasih di Sekolah (1980-an)

Lagu ini termasuk lagu legend, apalagi untuk anak-anak SMA tahun 80-an. Ya, lagu ini memang berkisah tentang kisah cinta anak seragam putih abu-abu yang rela berbohong kepada guru demi nemuin sang pacar. Diciptakan oleh Obbie Messakh, dinyanyikan oleh Chrisye dan menjadi lagu lawas yang masih banyak didengarkan hingga sekarang. Bahkan, pada tahun 2003, dibuat versi sinetron dan tayang di SCTV. Marshanda dan Arifin Putra menjadi pemerannya. Ya, kalau kamu pernah menonton, Arifin Putra di sini masih culun banget, gaes.

Bintang Kehidupan (1989)

Tak diragukan lagi jika lagu-lagu Nike Ardilla laris manis bak kacang goreng di pasaran. Meski hanya diizinkan hidup sampai 19 tahun, ia menjadi legenda dan dicintai hingga kini. Hampir semua lagu-lagunya masih sering terdengar di berbagai tempat. Salah satunya adalah Bintang Kehidupan. Jenuh aku mendengar/ Manisnya kata cinta/ Lebih baik sendiri/ Bukannya sekali/ Sering ‘ku mencoba/ Namun ‘ku gagal lagi, awto nyanyi deh~

Udin Sedunia (2011)

Lagu ini mendongkrak popularitas Udin sebagai penyanyinya sekaligus membuat orang yang bernama Udin bangga dengan nama mereka. Ya, secara selama ini Udin selalu disebut sebagai nama kampungan dan ketinggalan zaman. Lagu Udin Sedunia yang rilis pada 2011 ini pernah eksis pada masanya loh. Sempat naik daun, si penyanyi yang bernama Sualudin ini sempat menjadi pengisi acara di berbagai stasiun televisi. Hayooo, siapa yang dulu yang sering menyanyikan lagu Udin Sedunia?

BACA JUGA: 5 Lagu Lama yang Liriknya Bikin Geger Kalau Diperdengarkan di Zaman Sekarang

Bagaimana, apakah ada potongan-potongan masa lalu yang ikut terdampar di fikiran karena mendengar lagu-lagu di atas? Ya, bukan kamu aja kok yang dilempar ke masa lalu, penulis begitu juga kok. Hehe 🙂

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Terpilih Perankan Sub Zero, Begini Perjuangan Joe Taslim Hingga Sukses Menembus Hollywood

Mengenal Menteri Perdagangan Malaysia yang Ternyata Keturunan Mandailing Sumatera Utara