in

Balap Kursi, Turnamen Rutin di Jepang yang Hadiahnya Cuma 90 Kg Beras

Balap Kursi Jepang [sumber gambar]

Saat kita berbicara negara terunik yang pernah ada di dunia, Jepang menempati urutan pertama yang muncul di fikiran. Negara berjuluk Matahari Terbit ini memang punya manusia kreatif yang suka memunculkan ide-ide ‘aneh’ yang tak pernah terfikir oleh penduduk negara mana pun.

Belum lama ini, Guardian mengunggah video sekelompok orang yang berlomba sambil menaiki kursi kantor. Seperti disebutkan di dalam video bahwa lomba ini diikuti oleh kurang lebih 150 orang. Seru juga bukan? Yuk, kita lihat bagaimana sih tradisi dari balapan kursi ini.

Namanya Isu-1 Grand Prix

Balap Kursi Jepang [sumber gambar]
Di video yang Guardian share, balapan kursi ini dilaksanakan di jalan Hanyu, Tokyo, Jepang. Pesertanya adalah para pegawai dan pekerja kantoran. Ternyata, balapan kursi ini sudah ada sejak 10 tahun yang lalu loh –pertama kali diadakan di Kyoto pada tahun 2009. Nama Isu-1 sendiri diambil karena terinspirasi dari ajang Formula 1 dan Le Mans.

Aturan ikut dalam turnamen balap kursi

Peserta balap kursi [sumber gambar]

Meski terlihat seru, balapan kursi ini juga punya aturan tersendiri yang tidak boleh dilanggar oleh para pemainnya. Pertama, mereka hanya boleh menggunakan kursi kantor yang dijual di pasaran, kursi ini tak boleh dimodifikasi dan tidak boleh juga dilumasi baut dan rodanya. Satu-satunya cara untuk memastikan kursimu bisa berjalan dan melaju dengan baik adalah mencobanya di rumah, hehe.

Balap kursi berlangsung selama dua jam

Balap berlangsung selama 2 jam [sumber gambar]
Balap kursi ini tidak hanya seru-seruan tanpa tujuan, panitia penyelenggara sendiri mengadakan acara sebagai ‘nostalgia masa kecil’. Perlombaan ini dilakukan selama dua jam, di mana para peserta akan berada di atas kursi untuk melaju dan berputar di area sepanjang 180 meter. Selain kursi sebagai kendaraan, para pembalap akan dibekali dengan helm, pelindung siku, dan pelindung lutut, agar tidak terluka seandainya terjatuh.

Pemainan ini adalah tentang kerjasama

Balap ini adalah tentang kerjasama [sumber gambar]
Bukan perseorangan, balap kursi kantor ini dilakukan beregu, satu tim terdiri dari tiga orang. Tugas mereka adalah menghasilkan sebanyak mungkin putaran dalam waktu dua jam. Orang yang banyak mendapat putaran hingga akhir adalah pemenangnya. Melelahkan? Pastinya ya. Siapa juga yang sanggup bertahan selama dua jam duduk di atas kursi berputar dan berlomba dengan puluhan manusia lain.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik yang Hanya Ada di Jepang

Jika kamu keluar sebagai pemenang, hadiah yang akan didapat adalah 90 kilogram beras. Memang sedikit sih, tapi keseruannya adalah hal yang lebih berharga. Tak hanya di Jepang saja sebenarnya, lomba ini juga menyebar di beberapa negara, seperti Taiwan dan China.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Etika Saat Naik Gunung, Bawa Pulang Sampah Hingga Tak Hidupkan Api Sembarangan

Terpilih Perankan Sub Zero, Begini Perjuangan Joe Taslim Hingga Sukses Menembus Hollywood