Nama-nama para pengusaha besar di Indonesia selama ini selalu banyak didominasi oleh WNI keturunan etnis Tionghoa. Tak heran jika figur-figur tersebut banyak yang masuk dalam peringkat forbes sebagai taipan di tanah air. Meski demikian, banyak juga dari sosok bumiputera yang berhasil mencatatkan namanya sebagai miliarder besar tanah air.

Salah satunya adalah pengusaha Sandiaga Uno yang kini mencalonkan diri sebagai cawapres RI mendampingi Prabowo Subianto. Sama seperti deretan figur besar di bawah ini, mereka juga sukses menjadi seorang miliarder lewat bisnis yang dirintisnya. Terlepas dari asal dan kesukuan yang selama ini kerap menjadi polemik yang mengundang kecemburuan sosial.

Chairul Tanjung yang sukses bersama CT Corp

Chairul Tanjung dan CT Corp [sumber gambar]
Dikenal menjadi pemilik dari kelompok usaha yang terhimpun dalam CT Corp, Chairul Tanjung pun dikenal sebagai miliarder¬†papan atas tanah air. Dilansir dari forbes.com, ia menempati urutan ke-7 dalam peringkat Indonesia’s 50 Richest 2018 dengan nilai kekayaan sebesar 3,6 miliar dollar (Rp 50,8 triliun). Lini bisnisnya sendiri tersebar di berbagai penjuru Indonesia dan bergerak di beberapa bidang, seperti media, stasiun televisi (Trans TV dan Trans7), jaringan retail Transmart dan Carrefour Indonesia dan properti.

Miliarder Abdul Rasyid asal Kalimantan Tengah

Pebisnis H Abdul Rasyid yang berhasil masuk daftar Forbes [sumber gambar]
Nama Abdul Rasyid memang relatif belum dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Padahal, dirinya termasuk sosok pengusaha sukses yang berhasil masuk dalam daftar Indonesia’s 50 Richest 2018. Laman forbes.com menuliskan, usaha Abdul Rasyid yang bergerak di bidang perkebunan sawit dengan nama Sawit Sumbermas Sarana, berhasil mengantarkan dirinya berada di urutan ke-50 sebagai miliarder Indonesia. Total kekayaannya pada 2018 sebesar 600 juta dollar (Rp 8,4 triliun).

Cawapres Sandiaga Uno yang memiliki harta triliunan rupiah

Sandiaga Uno yang miliki beragam perusahaan di Indonesia [sumber gambar]
Sebagai pengusaha, Sandiaga Uno tercatat pernah masuk dalam daftar Indonesia’s 50 Richest 2013. Dilansir dari laman forbes.com, ia berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar 460 juta Dollar (Rp 6,4 triliun). Sebagai pengusaha besar, bisnisnya banyak bergerak di bidang investasi, infrastruktur, konsumer, dan sumber daya alam (SDA). Lulusan Wichita State University (1990) dan George Washington University (MBA – 1992) itu merupakan pemilik dari Saratoga Investama Sedaya. Kini Sandiaga telah berfokus untuk maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Pengusaha sekaligus Wakil Presiden Jusuf Kalla yang jadi kebanggan Indonesia

Wakil Presiden sekaligus pengusaha [sumber gambar]
Selain Sandiaga Uno, tokoh bumiputera yang suskes lainnya adalah sosok Jusuf Kalla. Pengusaha sekaligus Wakil Presiden Indonesia. Lewat Kalla Group, pria kelahiran 15 Mei 1942 itu terjun di banyak bidang bisnis seperti otomotif (PT Hadji Kalla), konstruksi (PT Bumi Karsa), energi (PT Poso Energy), infrastruktur PT Bukaka Teknik Utama), keuangan (Amanah Finance), Properti (PT Kalla Inti Karsa) dan transportasi logistik (PT Makassar Monorail Indonesia). Laman forbes.com menuliskan, ia sempat masuk di urutan ke-29 pada daftar Indonesia’s 40 Richest 2008 dengan kekayaan sebesar 185 juta dollar (Rp 2,6 triliun).

Aksa Mahmud yang sukses mengelola Bosowa Corporation

Aksa Mahmud pendiri Bosowa corporation [sumber gambar]
Pengusaha sukses lainnya juga datang dari sosok Aksa Mahmud. Seorang pengusaha sekaligus pemilik dari Bosowa Group yang memproduksi semen mereka Bosowa. Laman forbes.com menuliskan, ia memulai bisnisnya di bidang otomotif dengan membuka usaha dealer yang menaungi Datsun pada 1970-an. Hingga saat ini, lini usahanya telah berkembang di berbagai sektor seperti properti, perbankan, tambang dan energi. Dengan jumlah kekayaan mencapai 775 juta dollar (Rp 10, 9 triliun), Aksa Mahmud menduduki peringkat ke-40 pada kategori 2018 Indonesia’s Richest.

BACA JUGA: Kisah Jusuf Kalla dan Kerajaan Bisnis yang Membuat Dirinya Jadi Wapres Terkaya di Indonesia

Tak hanya sukses menjadi miliarder papan atas di Indonesia, para pengusaha tersebut sekaligus membuktikan bahwa sejatinya kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja tanpa memandang dari segi ras, etnis, dan keturunan. Tentunya dengan kerja keras secara cerdas dan memiliki sikap pantang menyerah.