Categories: Trending

5 Penguasa Indonesia Paling Hebat dari Masa Kerajaan Nusantara Hingga Sekarang

Sebelum menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, negeri ini dulunya merupakan wilayah yang dikuasai banyak sekali raja. Semuanya memerintah dengan hebat hingga pengaruhnya sampai ke luar negeri. Beberapa fakta ini membuktikan jika di masa lalu negeri ini telah menjadi wilayah yang sangat hebat. Bahkan disegani oleh banyak kerajaan di seluruh dunia. Kehebatan ini tak lepas dari perang para penguasanya yang mampu menjalankan kewajibannya dengan sangat baik.

Baca Juga :5 Perahu Kuno Buatan Kerajaan Nusantara ini Pernah Digunakan Untuk Menjelajah Dunia

Berikut ini adalah 5 penguasa Indonesia yang sangat hebat dan mampu membuat Indonesia menjadi wilayah yang dihormati, bahkan ditakuti. Langsung saja mari kita bahas bersama-sama!

1. Hayam Wuruk – Kerajaan Majapahit

Hayam Wuruk adalah salah satu Raja Kerajaan Majapahit yang sangat hebat. Di tangannya, Majapahit mampu menguasai banyak sekali wilayah di Nusantara. Bahkan sampai ke wilayah semenanjung Malaya yang saat ini menjadi negara Malaysia. Kejayaan ini bisa dicapai atas bantuan tangan kanannya yang kita kenal dengan nama Gajah Mada.

mahkota hayam wuruk [image source]
Hayam Wuruk tak hanya menguasai banyak wilayah saja. Ia juga mengembangkan sistem perdagangan hingga membuat negerinya kian makmur. Selain itu ia juga banyak sekali melakukan hubungan diplomasi dengan banyak kerajaan hingga akhirnya kekuatan Majapahit kian tak bisa ditandingi. Sayangnya Majapahit arus runtuh dan berganti kerajaan baru akibat Islam mulai masuk negeri ini. Sekarang coba bayangkan jika Indonesia masih memiliki kerajaan terhebat ini? Kira-kira apa yang akan terjadi ya?

2. Jayabaya – Kerajaan Kadiri

Jayabaya adalah salah satu raja dari Kerajaan Kadiri. Ia disebut-sebut sebagai raja terhebat dalam sejarah berdirinya kerajaan ini. Di tangannya, banyak sekali wilayah takluk dan bertekuk lutut. Salah satu kerajaan yang akhirnya menjadi wilayah dari Kadiri adalah Jenggala. Kerajaan ini akhirnya menyebar dan hampir menguasai semua wilayah di Jawa Timur.

Jayabaya – Kerjaan Kadiri [image source]
Kehebatan perang yang terjadi antara Kadiri dan Jenggala pun dianggap sebagai perang yang suci. Mirip sekali dengan perang antara Pandawa dan Kurawa. Hal ini tertulis dalam sebuah kakawin Bharatayuddha yang digubah oleh Empu Sedah da Empu Panuluh pada tahun 1157. Sayangnya Kerajaan Kadiri ini akhirnya runtuh akibat perang dengan kerajaan Tumapel.

3. Kertanegara – Kerajaan Singasari

Kertanegara adalah raja terakhir dari Singasari. Ia memerintah selama 20 tahun mulai tahun 1272-1292. Di bawah kepemimpinannya, Singasari menjadi kerajaan yang sangat hebat. bahkan mulai mengalihkan wawasannya ke luar Pulau Jawa. Akhirnya sang raja mulai mengirimkan kapal-kapal untuk melakukan Ekspedisi Palamayu. Ekspedisi ini dilakukan untuk menjadikan Sumatra sebagai benteng yang mampu menghadang serangan tentara dari Mongolia.

Candi Singasari yang dibangun saat masa kejayaan Kertanegara [image source]
Pada masa Kertanegara, persahabatan dengan kerajaan di luar negeri mulai terjalin dengan baik. Kehebatan Singsari bahkan sampai ke telinga Kubilai Khan yang menjadi Kaisar Mongol. Mereka bahkan sampai mengirim utusan dan mengantarkan surat yang isinya agar Singasari mau mengakui kedaulatan Mongolia. Dan tentu saja hal ini ditolak secara tegas. Menurut kita Negarakertagama, Singasari banyak sekali menguasai wilayah di Indonesia dan luar negeri seperti Melayu, Bali, Pahang, Gurun dan Bakulapura.

4. Tribuwana Tunggal Dewi – Kerjaan Majapahit

Tribuwana adalah ratu pertama dari Kerajaan Majapahit. Ia naik tahta atas bantuan ibunya yang bernama Gayatri. Ada yang bilang jika Tribuwana hanyalah boneka dari Gayatri, namun nyatanya Tribuwana mampu menjadi seorang yang hebat dan membuktikan jika dirinya mampu melakukan banyak hal dan membuat Majapahit menjadi negeri yang sangat hebat.

Arca jadi perwujudan Tribuwana Tunggaldewi [image source]
Di tangan Tribuwana, kerajaan ini mulai memasuki masa keemasan. Ia menaklukkan beberapa kerajaan yang ada di Bali dan menaklukkan sisa Kerajaan Sriwijaya. Saat Tribuwana memerintah ia mengangkat Gajah Mada yang akhirnya memberikan Sumpah Palapa yang masih kita kenal sampai sekarang. Pada masa ini kejayaan Majapahit mulai nampak hingga akhirnya diteruskan oleh Hayam Wuruk.

5. Soeharto – Keluarga Cendana

Salah satu orang paling berpengaruh di Indonesia modern adalah Presiden Soeharto. Ia memimpin negeri ini kurang lebih 32 tahun. Selama ini Indonesia telah dibawa ke zona pembangunan yang cukup maju. Terlepas dari kasus yang menjerat beliau di masa lalu. Kita tak bisa menutup mata akan kehebatannya. Di bawah kepemimpinan beliau Indonesia bisa menjadi lumbung padi dan masyarakat hidup dengan damai.

Soeharto – Keluarga Cendana [image source]
Sayangnya, keluarga Cendana tempat Pak Soeharto bermukim memang terlalu banyak membuat rakyat geram. Kasus korupsi besar yang diduga dilakukan oleh beliau juga tak dilanjutkan. Pak Soeharto adalah penguasa hebat Indonesia yang memberikan banyak sekali pengaruh baik namun dalam beberapa hal juga harus mendapatkan sentilan dalam hal keadilan dan HAM.

Baca Juga :5 Wanita Hebat yang Pernah Menjadi Raja dan Menguasai Kerajaan Nusantara

Inilah 5 penguasa Indonesia paling hebat dari masa kerajaan nusantara hingga sekarang. Dari lima orang di atas, mana yang kira-kira paling banyak memberikan manfaat bagi masyarakatnya? Era modern atau era kerajaan nusantara?

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago